Ketahui 5 Penyebab Rambut Pria Cepat Beruban

Ketahui 5 Penyebab Rambut Pria Cepat Beruban

Rambut pria beruban idealnya dialami saat usia mulai menua. Tetapi, saat ini bukan hal yang aneh menemukan pria beruban meski usia masih relatif muda. Pada umur 20an tahun, uban sudah muncul beberapa helai di kepala. Pertanyaannya, apa sih penyebab rambut beruban pada pria yang terjadi lebih cepat dari usia yang seharusnya? 

Terdapat beberapa faktor penyebab rambut beruban pada pria, mulai dari hal yang bersifat genetik hingga kondisi serius. Sebuah riset oleh European Society of Cardiology atau Komunitas Kardiologi Eropa yang dilansir dari Treehugger mengungkapkan munculnya uban pada pria muda berkaitan dengan bertambahnya resiko penyakit jantung. Dan berikut faktor lainnya: 

5 Penyebab Rambut Beruban pada Pria Usia Muda 

1. Aspek genetik 

Rambut memutih saat usia masih muda identik dengan faktor genetik, demikian ungkap Steve Daveluy, M.D, asisten profesor dan direktur program Wayne State Dermatology sebagaimana ditulis oleh Men’s Health. Dia menambahkan bahwa genetik bertanggung jawab terhadap 90% ragam rambut yang mulai memutih.  

Aspek genetik cenderung turun-menurun. Sehingga, jika pada umur yang masih muda sudah berubah, coba tanyakan ke orang tua apakah ada nenek moyang yang demikian saat masih muda. Jika iya, kemungkinan penyeban rambut beruban saat muda memang karena keturunan. Inilah penyebab paling umum terjadinya fenomena rambut pria beruban saat masih muda.  

2. Kekurangan nutrisi yang mengandung asupan vitamin B12 

Yang kedua adalah kekurangan makanan yang mengandung vitamin B12. Seperti organ tubuh lainnya, rambut memerlukan asupan nutrisi penting agar tumbuh lebat dan hitam secara ideal. Jika sudah beruban saat usia masih 20an, misalnya, coba cek nutrisi yang selama ini dikonsumsi. Vitamin B12 bertanggungjawab untuk kesehatan kulit dan rambut. Ia membentuk protein, sel darah, dan jaringan. Untuk mendapatkannya, konsumsilah makanan atau suplemen tambahan. Contoh makanan yang sarat dengan vitamin B12 adalah susu, keju, ikan, daging, dan telur.  

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Rambut

3. Sering merokok 

Dari dampak negatif merokok ternyata dapat membuat perokok mengalami penuaan dini. Salah satu tanda menua sebelum waktunya memang mendapati banyak uban saat umur masih muda. Hal ini diperkuat dengan studi dari Medical News Today yang mengungkapkan bahwa perokok mempunyai kemungkinan 1,5 kali lebih cepat beruban sebelum berumur 30 tahun. Penelitian tersebut dilakukan pada 2013 dan ditulis dalam Italian Dermatology Online Journal.  

Penyebabnya adalah merokok membuat kulit kepala kering sehingga memicu ketombe. Akibatnya, nutrisi ke rambut menjadi terhenti sehingga rambut malah rampuh, mudah rontok dan uban bermunculan.  

4. Faktor psikologis 

Penyebab rambut uban erat kaitannya dengan kondisi psikologis pria. Merasa stres dan cemas berlebih mendorong tumbuhnya uban lebih cepat dari usia seharusnya. Saat mengalami dua kondisi tersebut, sel yang memproduksi melanin akan hilang sebab terekspos oleh hormon penyebab stres.  

Rambut yang rontok akibat stres disebut dengan Telogen effluvium. Saat pigmen kembali, jumlah rambut menjadi lebih sedikit dan berubah menjadi putih. Sehingga, kelola stres lebih baik untuk menghindari munculnya rambut putih.   

5. Penyakit autoimun 

Menurut The Healthy, penyakit autoiimun atau penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Disebut sebagai alopecia areata, penyakit autoimun membuat untaian putih cerah. Dengan kata lain, penyakit autoimun terkait dengan uban dan perubahan pada kulit kepala karena penuaan. Sumber penyakit lainnya diduga adalah vitiligo yang membuat penderitanya mempunyai uban meski usia masih tergolong muda. Disarankan agar memeriksakan diri ke dokter jika rambut rontok dan beruban dalam kondisi yang mengkhawatirkan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Grooming yang Sering di Lakukan Pria Tanpa Sengaja

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Bahaya Bleaching Rambut yang Perlu Kamu ketahui

Bahaya Bleaching Rambut yang Perlu Kamu ketahui

Bagi para pria maupun wanita, tidak ada salahnya mengubah warna rambut agar tampilan terlihat lebih trendy. Namun, untuk mendapatkan warna rambut yang  diinginkan, tentunya harus melewati proses bleaching, yaitu memutihkan helai rambut agar warna cat rambut bisa keluar dengan maksimal.  Proses bleaching menggunakan bahan kimia yang cukup keras sehingga cukup bahaya untuk rambut. Bleaching adalah proses menghilangkan pigmen warna asli rambut menggunakan krim khusus yang mengandung bahan kimia, seperti hidrogen peroksida, acid, amonia, dan lainnya. Teknik bleaching merupakan bagian terpenting dalam proses pewarnaan rambut karena dapat menghasilkan warna yang lebih intens dan keluaran warnanya maksimal. 

Kandungan hidrogen peroksida dalam krim bleaching juga mengoksidasi pigmen rambut dan menghilangkan melanin di setiap batang rambut. Semakin tinggi tingkat bleaching, semakin terang juga warna yang dihasilkan. Hasil warna yang bisa didapatkan dari bleaching mulai dari kuning, abu-abu, sampai putih, dan prosesnya bisa memakan waktu selama 30 sampai 45 menit. Di balik warna rambut yang cerah dan indah, teknik bleaching memiliki dampak negatif bagi rambut. Yuk, cari tahu lebih lanjut bahaya bleaching rambut di bawah ini.

5 Bahaya Bleaching Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

1. Rambut menjadi rusak

Kandungan bahan kimia pada bleaching yang cukup keras dapat membuat rambut terlihat kering dan kusam. Bahkan pada beberapa kasus, ada juga yang mengalami rontok parah akibat batang rambut yang patah. Jika tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat maka struktur rambut akan rusak dengan sendirinya. Dalam tahap yang lebih parah akan memicu kebotakan karena folikel rambut dan saraf rambut akan semakin berkurang. 

2. Bisa memicu kebotakan rambut

Sebelum melakukan bleaching, pastikan untuk memilih salon yang bisa melakukan teknik bleaching secara benar. Karena jika salah mengukur takaran bahan bisa berdampak negatif bagi rambut, seperti menyebabkan kerontokan yang berujung dengan kebotakan. Terlebih lagi, berkurangnya folikel dan syaraf rambut lama – lama akan memicu kebotakan permanen dan rambut akan sulit untuk tumbuh kembali seperti biasa.

Baca juga: 6 Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah Untuk Pria

3. Rambut menjadi kering dan rontok

Bleaching memiliki peran penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses pewarnaan rambut. Dikarenakan adanya pemakaian bahan-bahan kimia, teknik ini memiliki potensi merusak rambut. Selain rambut jadi lebih cepat kering, masalah lain yang timbul akibat paparan bahan kimia adalah rambut mudah patah dan rontok. Maka itu, perlu perawatan yang tepat agar rambut tetap sehat dan kuat.

4. Menimbulkan alergi

Setiap orang pada dasarnya memiliki jenis kulit kepala yang berbeda. Ketika melakukan proses bleaching pada rambut, sebagian orang yang berkulit normal tidak akan merasakan reaksi apapun. Tetapi sebagian orang yang berkulit sensitif akan merasakan gatal atau sensasi panas pada kulit kepala. Itu karena bahan kimia dari bleaching juga dapat memicu reaksi alergi sehingga menyebabkan gatal, kemerahan, dan iritasi kulit kepala, bahkan hingga menjalar ke daerah leher atau wajah. Jadi sebaiknya konsultasikan dahulu pada pakar rambut agar terhindar dari berbagai macam alergi dan efek samping yang lain.

5. Memiliki risiko iritasi hingga kanker

Melakukan bleaching saja tentunya bisa merusak rambut. Ditambah mewarnai rambut dengan menggunakan bahan kimia juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi. Beberapa peneliti menemukan kaitan antara bahan kimia yang digunakan untuk bleaching dengan risiko penyakit kanker, seperti leukimia, limfoma, hingga kanker kandung kemih.

Baca juga: Apa itu Bleaching Rambut? Arti, Dampak, Dan Tips Merawatnya

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Wajib Diketahui ini Dia 5 Bahaya Sering Mencatok Rambut

Wajib Diketahui ini Dia 5 Bahaya Sering Mencatok Rambut

Menata rambut adalah rutinitas harian yang biasa di lalukan oleh pria maupun wanita dimanapun mereka berada. Salah satu alat yang cukup sering digunakan adalah catokan rambut, yang akan membuat tampilan lebih rapi dan teratur, serta rambut menjadi terlihat lebih berkilau. Mencatok rambut merupakan bagian dari mode dan penataan rambut. Namun, metode styling dengan alat catok rambut yang terlalu panas dan terlalu sering akan mempengaruhi bagi kesehatan rambut. Beberapa wanita merasa tidak percaya diri saat tidak mencatok rambutnya ketika ingin pergi ke acara atau bekerja. Nyatanya, terlalu sering mencatok rambut dapat menimbulkan bahaya untuk rambut. Suhu panas yang secara terus-menerus yang memapar ke helaian rambut akan membuatnya rusak. Berikut bahaya mencatok rambut dan kerusakan yang akan dialami rambut jika terlalu sering menggunakan catokan.

5 Bahaya Sering Mencatok Rambut Yang Wajib Diketahui

1. Tekstur rambut berubah

Tekstur rambut akan berubah secara permanen karena terlalu sering mencatok rambut. Perlu diketahui, tidak ada vitamin rambut untuk mendapatkan kembali keadaan sehat alami helai rambut. Untuk menghindari kerusakan tekstur rambut, kurangi penggunaan catokan rambut terlalu sering atau secara rutin. Gunakan juga vitamin rambut agar rambut tetap terjaga kesehatannya.

2. Rambut menjadi kusam

Minyak alami pada kulit kepala dan kelembaban di rambut bertanggung jawab atas kilau indah dan kesehatan rambut. Jika rambut terlihat selalu kusam, dapat dipastikan karena terlalu sering diluruskan. Dikutip dari laman stylecraze.com, rambut kusam terjadi karena kurangnya minyak alami pada kepala yang menyebabkan rambut jadi kusam. Jika terlalu sering meluruskan rambut maka hal itu akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya menjadi kering dan kusam. 

3. Munculnya alergi pada kulit kepala

Rambut yang rontok merupakan dampak nyata dari catok rambut yang bisa menyebabkan alergi pada kulit kepala. Tidak hanya rontok, jika alergi ini dibiarkan, kulit kepala akan terasa sangat gatal. Selain itu, alergi juga dapat menyebabkan penyakit yang lainnya pada kulit kepala kamu. Ada baiknya kurangi pemakaian catok rambut jika sudah mulai merasa gatal dan menyebabkan kerontokan yang cukup parah.

4. Rambut bercabang dan akar rambut rusak

Kerusakan dan kerontokan pada rambut dapat mengakibatkan terjadinya rambut bercabang, yang menyebabkan rambut terlihat tidak sehat. Ujung rambut yang bercabang biasanya terbentuk saat rambut lemah mulai patah dari tengah. Bagian yang paling sulit untuk mengembalikan kesehatan pada rambut adalah akar rambut yang rusak. Akar rambut sangat sulit untuk pulih dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali sehat.

5. Rambut menjadi kering

Bagi yang pernah melihat asap ketika mencatok rambut, itu merupakan kelembaban dari rambut yang menguap. Panas yang dihasilkan oleh catokan rambut dapat menghilangkan kelembaban dari rambut sehingga membuatnya sangat kering dan rapuh.  Masih dari stylecraze.com, menggunakan catokan dan perawatan kimia secara teratur dalam waktu lama bisa menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya sangat kering dan juga rapuh.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Yuk Simak, 7 Cara Memilih Gaya Rambut Bedasarkan Jenis Rambut Pria

Yuk Simak, 7 Cara Memilih Gaya Rambut Bedasarkan Jenis Rambut Pria

Banyak hal yang mempengaruhi gaya rambut tertentu cocok untuk atau tidak, misalnya dari bentuk wajah. Tanpa rambut yang ditata rapi, penampilan tidak akan berarti meski sebenarnya menggunakan pakaian bergaya. Rambut adalah salah satu faktor paling utama yang bisa membuat pria terlihat tampan. Pria perlu mengetahui model yang cocok untuk jenis rambut yang dimiliki saat ini karena rambut merupakan satu faktor penting untuk menunjang penampilan seorang pria. Jika ditata dengan baik, rambut dapat meningkatkan gaya secara drastis. Tapi sebaliknya, jika tidak ditata dengan baik dan menggunakan gaya rambut yang tidak sesuai, rambut pun akan menurun. Lantas bagaimana cara memilih gaya rambut yang cocok dan tepat untuk pria? Berikut beberapa tips yang bisa membantu memilih jenis rambut agar semakin trendi dan keren.

7 Cara Memilih Gaya Rambut Bedasarkan Jenis Rambut Pria

1. Rambut bergelombang

Image: istockphoto.com

Rambut bergelombang merupakan titik pertemuan antara rambut lurus dan keriting tetapi dapat bervariasi dalam hal ketebalan dan tekstur gelombang. Karena pola pertumbuhannya yang tidak teratur dibandingkan dengan rambut lurus, mencukur dan menata rambut ini membutuhkan sedikit perhatian. Gaya ini sangat populer sebab membuat gaya rambut quiff dan membuat bagian atas rambut lebih berantakan. 

2. Rambut berantakan

Image: istockphoto.com

Rambut yang sulit diatur biasanya membutuhkan bantuan dari alat grooming khusus untuk penataan agar tetap terlihat rapi. Rambut tidak beraturan berhenti menjadi masalah ketika mendapatkan kombinasi potongan dan produk yang tepat. Style rambut yang lebih pendek dan medium cocok dengan tipe rambut ini. Pilih model textured-short agar setidaknya bisa mengatasi rambut yang sulit untuk diatur. 

3. Rambut tipis

Image: istockphoto.com

Pada rentang usia 35 tahun diperkirakan lebih dari tiga perempat dari seluruh pria akan memiliki rambut yang mulai menipis. Jika menjadi salah satunya, ada beberapa pilihan model rambut, seperti butch cut, buzz cut, atau crew cut, yang bisa dipilih. Ini akan membuat tampilan menjadi lebih keren, elegan dan juga maskulin.

4. Rambut tebal

Man touching his hair. Isolated on white

Keuntungan dari memiliki rambut tebal adalah bisa menampilkan model rambut apa pun yang diinginkan. Tetapi bagi yang memiliki rambut tebal, tanggung jawab besar atas perawatan rambut tentunya harus dilakukan dengan konsisten. Terdapat berbagai jenis rambut tebal, seperti bergelombang dengan tekstur lembut, lurus dengan tekstur halus, atau keriting kasar. Model rambut tersebut memang susah atau tidak dapat diatur dan membutuhkan potong rambut yang konsisten agar tetap dalam kondisi ideal dan juga prima.

Baca juga: 7 Model Rambut yang Cocok Untuk Pria Berambut Tebal

5. Rambut Asia

Cara Memilih Gaya Rambut
Image: istockphoto.com

Jika para pria memiliki genetika Asia selatan atau timur, kemungkinan besar akan memiliki dua kualitas. Rambut pria Asia biasanya berkilau dan tebal. Akan lebih sulit bagi tipe rambut ini untuk mempertahankan tatanan rambut karena biasanya rambut akan kembali seperti semula. Gaya rambut yang terbaik untuk rambut pria Asia adalah natural texture. Biarkan rambut  ditata dengan rapi oleh kapster agar lebih alamiah dan semakin keren.

6. Rambut Afro

Cara Memilih Gaya Rambut
Image: istockphoto.com

Gaya rambut ini cocok untuk pria yang tidak ingin terlalu terlihat penuh gaya dan cocok untuk rambut bertekstur ikal. Aura manis pria berkulit gelap semakin memancar ketika menerapkan model rambut Afro ini. Biasanya pria Indonesia Timur lebih suka menerapkan gaya rambut ini. Karena memang di sana hampir semua pria berambut ikal, jadi tidak heran mereka suka dengan model rambut yang santai dan rapi. 

7. Rambut halus

Cara Memilih Gaya Rambut
Image: istockphoto.com

Rambut halus biasanya cukup sulit untuk ditata karena tidak banyak yang bisa dikerjakan. Rambut halus tidak memiliki volume dan ketebalan. Bagi pria pemilik rambut halus, bisa panjangkan rambut sepundak. Keramas juga perlu agar rambut tetap wangi dan juga gunakan kondisioner agar rambut panjangnya tetap halus dan terjaga kesehatannya.

Baca juga: 7 Model Rambut Panjang Pria yang Keren dan tidak ribet

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


7 Cara Melembutkan Rambut yang Wajib Diketahui Oleh Para Pria

7 Cara Melembutkan Rambut yang Wajib Diketahui Oleh Para Pria

Para pria cenderung melakukan aktivitasnya di luar ruangan. Ini membuat mereka rentan mengalami rambut yang kering dan juga kaku. Faktor lain seperti perawatan rambut yang kurang teliti bisa membuat kondisi semakin parah. Kalau dibandingkan dengan wanita, pria mungkin lebih cuek untuk melakukan perawatan rambut. Rambut yang kurang terawat ini semakin lama tentunya akan bermasalah. Apalagi ditambah dengan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti penuaan dan kebiasaan gaya hidup. Hingga pada akhirnya, semua faktor tersebut beradu menjadi satu dan merusak kutikula rambut yang sudah halus. Tidak hanya itu, minyak alami dapat berkurang secara signifikan sehingga rambut menjadi kering dan kaku. Berikut beberapa cara melembutkan rambut pria yang kaku agar rambut menjadi lembut dan juga sehat.

7 Cara Ampuh Melembutkan Rambut Pria

1. Keramas secara berkala

Tidak sedikit orang yang sering keramas setiap hari supaya rambut tetap bersih dan sehat. Faktanya, keramas setiap hari justru dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Ada baiknya keramas dua atau tiga kali dalam seminggu namun bila kondisi rambut sudah sangat kotor tentunya tidak masalah jika ingin berkeramas. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. 

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

2. Menggunakan kondisioner

Gunakan selalu kondisioner setelah keramas dengan cara mengusapkan kondisioner pada rambut secara merata kemudian diamkan selama dua sampai lima menit lalu dibilas. Hindari menggunakannya sampai kulit kepala, cukup pada ujung rambut saja. Kondisioner membantu mengunci kelembaban sehingga rambut menjadi lebih halus dan lebih sehat.

3. Menggunakan handuk microfiber

Handuk microfiber bagus jika dipakai untuk mengeringkan rambut, khususnya rambut yang mengembang ataupun keriting. Permukaannya super halus dan mempunyai daya serap yang jauh lebih tinggi ketimbang handuk biasa. Handuk microfiber tidak akan membuat rambut kusut tertarik meskipun digosok cukup keras. Banyak handuk microfiber dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik.

4. Kurangi penggunaan produk styling pada rambut

Bukan tidak boleh bergaya dan kelihatan ganteng tetapi terlalu sering menggunakan wax rambut atau pomade juga tidak bagus untuk kesehatan rambut. Ini khususnya untuk yang jarang keramas. Untuk menghindari penumpukan residu yang membuat rambut kering dan kaku, sebisa mungkin hindari pakai pomade jika memang sedang tidak butuh atau mendesak. Berikan ruang untuk rambut bernapas lega. Usahakan selalu keramas dengan bersih tanpa adanya sisa dari produk rambut.

5. Pilih sampo yang sesuai jenis rambut

Saat membeli shampo dan kondisioner pastikan formulanya sesuai dengan  kondisi rambut. Misalnya untuk rambut kering, berminyak, atau rusak. Pilih juga yang mengandung bahan alami agar rambut menjadi sehat dan juga kuat.

6. Cukur rambut secara rutin

Rambut yang kering dan kaku seringkali memiliki cabang di bagian ujungnya. Oleh sebab itu, sebaiknya rutin mencukur rambut untuk mengurangi ujung bercabang dan memberi kesan rambut yang lebih sehat. Bisa memotong rambut setiap dua sampai empat minggu sekali untuk membuang ujung rambut yang sudah kering dan bercabang karena mencukur rambut yang bercabang dapat membantu mempercepat tumbuhnya rambut baru. Model rambutnya tergantung selera, mulai dari model rambut undercut, medium, atau mullet.

Baca juga: Jarak Ideal Potong Rambut Berapa Lama Sih? Ini Jawabannya

7. Mencuci rambut sampai bersih

Kebiasaan ini memang terlihat sepele tapi penting banget untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak kaku. Sayangnya, banyak yang keramas asal bersih saja karena berpikir sudah terkena sampo dan air. Jika termasuk yang melakukan hal tersebut, ada baiknya ubah kebiasan tersebut, apalagi jika selalu pakai hair styling product, seperti pomade, gel, dan wax rambut setiap hari. Residu dari produk yang dibiarkan menempel di kutikula bisa membuat rambut kering, kusam, dan kaku. Saat keramas, lebih baik menggunakan air dingin untuk menjaga rambut biar tidak kering. Pilih juga sampo yang khusus untuk melembutkan dan melembabkan rambut.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Yuk Simak Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

Yuk Simak Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

Bagaimanapun juga ketombe memang mengganggu bagi siapa pun yang memilikinya, termasuk anak – anak. Anak akan sering menggaruk kepala dan berujung pada luka pada kulit kepala. Untuk itu perlu diketahui tandanya antara lain, memiliki kulit kepala yang gatal, ada ketombe atau kulit kering di kepala, dan ada gumpalan kulit kering di beberapa area kepala.  Sedangkan penyebab lainnya bisa karena terlalu sering atau terlalu jarang memakai shampo, juga karena cuaca yang terlalu kering. Bagaimana cara mengatasi ketombe pada anak? Berikut ini rangkuman cara mengatasi ketombe pada anak agar rambutnya kembali sehat dan bebas penyakit.

5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

1. Menggunakan minyak kelapa

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tidak hanya untuk menghilangkan ketombe, minyak kelapa bisa membuat kulit kepala tetap lembab dan terawat. Dan minyak ini aman digunakan untuk siapa saja, termasuk anak – anak.

2. Pastikan mencuci rambut anak sampai bersih

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Penyebab ketombe pada rambut anak adalah penggunaan sampo yang tidak bersih. Saat keramas terkadang masih ada sampo yang tertinggal di kepala dan itulah yang menjadi salah satu penyebabnya. Gunakan sampo bayi yang berguna untuk mengurangi ketombe pada kepala anak. Ini dikarenakan sampo bayi cenderung lebih mudah dibilas dibanding sampo lainnya. Pastikan untuk membasuh kepala anak dengan bersih sampai semua sampo tidak ada lagi yang tertinggal. 

Baca juga: Tips Cukur Rambut Anak Laki-Laki yang Bikin Nyaman

3. Menggunakan lidah buaya

Image: istockphoto.com

Aloe vera atau lidah buaya dinilai ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Menurut hasil penelitian, sifat anti bakteri dan anti jamur dari lidah buaya bermanfaat membasmi jamur serta bakteri penyebab ketombe rambut. Cobalah rangkaian shampo anti ketombe dengan kandungan aloe vera atau langsung mengaplikasikan gelnya ke kulit kepala. Setelah itu bilas sampai bersih agar hasilnya maksimal.  

4. Gunakan sampo anti ketombe untuk anak

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Untuk ketombe yang sedikit berat, bisa mencari sampo ketombe yang khusus untuk anak-anak. Supaya lebih nyaman, bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter anak. Saat keramas dengan sampo khusus tersebut, diamkan sampo di kepala selama dua menit. Dengan begini, sampo tersebut bisa sekaligus bekerja untuk menyembuhkan dan menghilangkan ketombe pada kepala anak. Jika memiliki potensi terus berketombe, penting sekali untuk menjaga pH normal di kepalanya. Juga hindari kulit kepala anak dari minyak berlebih dengan mencuci kepalanya secara berkala agar tetap rapi dan sehat.

5. Melakukan keramas dan pengeringan rambut yang tepat

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang terlalu kering atau terlalu lembab. Jika terlalu kering, keramaslah sambil memijat kulit kepalanya. Dengan begitu, kulitnya jadi lebih lembab dan ketombe bisa luruh dari kulitnya. 

Hindari menggunakan kondisioner karena akan menyebabkan ketombe bagi anak yang memiliki kulit kepala terlalu lembab. Selain itu, keringkan rambut anak secara mendetil agar tidak lembab dan menimbulkan ketombe basah. Gunakan handuk microfiber dan usap dengan lembut pada kulit kepala. Jika terlalu kasar, rambut bisa menjadi rusak.

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Ketahui Ini Dia Ciri-ciri Rambut Berketombe Untuk Pria

Ketahui Ini Dia Ciri-ciri Rambut Berketombe Untuk Pria

Satu hal yang menyebalkan adalah kehadiran ketombe yang cukup mengganggu dan juga bisa membuat kulit kepala serta rambut jadi rusak. Penyebab rambut berketombe adalah kulit kepala berminyak dan penyebab setiap jenis ketombe berbeda-beda. Ada berbagai ciri-ciri rambut berketombe termasuk dermatitis seboroik, reaksi alergi, psoriasis, dan eksim. 

Reaksi berlebihan terhadap Malassezia, ragi yang terjadi di kulit kepala, adalah salah satu ciri-ciri dermatitis seboroik. Berbagai faktor meningkatkan risiko munculnya ketombe, termasuk usia, cuaca, tingkat stres, kondisi medis serta pemilihan produk rambut. Ketombe mungkin lebih terlihat jika seseorang tidak sering mencuci rambut dan menjaga kebersihannya. Ciri-ciri rambut berketombe tergantung pada jenis gangguan dan penyebabnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri rambut berketombe yang sering dialami oleh beberapa orang.

5 Ciri-ciri Rambut Berketombe Untuk Pria

1. Rambut cepat rontok

Rambut rontok adalah ciri-ciri utama rambut berketombe. Terlepas dari jenisnya, rambut rontok adalah masalah umum yang sering kali terjadi jika kamu mengalami permasalahan pada rambut dan kulit kepala. Kita umumnya kehilangan antara 20 dan 50 helai rambut setiap hari. Ini adalah kisaran normal rambut rontok. Tingkat ketontokan rambut yang terlalu banyak mengkhawatirkan pasti merupakan gejala ketombe. 

2. Rambut menjadi kering dan kusam

Ketombe cenderung mengekstrak minyak yang ada di kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi kering dan mudah rapuh. Rambut akan tampak kusam dan tidak dapat diatur bahkan setelah melakukan cara keramas yang benar. Maka itu harus berhati – hati untuk mengurus masalah ketombe ini agar rambut kembali sehat dan juga kuat. Pastikan juga sampo yang digunakan berbahan alami dan mengandung nutrisi baik untuk rambut.

Baca juga: Ini Dia 9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

3. Tumbuh jerawat pada kulit kepala

Meski tidak secara langsung berhubungan dengan kulit kepala atau rambut, perlu diketahui bahwa pada kulit kepala tumbuh jerawat ketika memiliki ketombe. Jerawat yang disebabkan karena ketombe ini memiliki penampilan kemerahan mirip jerawat pada wajah atau bagian tubuh lain yang bisa juga menyakitkan. Untuk itu, jangan asal tekan agar tidak menyebar atau menambah luka pada kulit kepala.

4. Penggunaan produk rambut yang tidak sesuai

Beberapa orang juga dapat memiliki ketombe pada rambut dikarenakan alergi terhadap produk perawatan atau penataan rambut. Biasanya ini dialami oleh mereka yang memiliki kepekaan terhadap kandungan tertentu dari produk rambut. Contohnya adalah paraphenylenediamie yang dapat menyebabkan kulit kepala memerah, gatal, dan bersisik.

5. Terasa gatal pada kulit kepala

Kulit kepala yang gatal adalah ciri-ciri utama ketombe yang paling umum terjadi. Jika memiliki ketombe pada kulit kepala, gatal merupakan ciri-ciri yang biasa dialami. Rasa gatal disebabkan oleh serpihan putih yang terlihat lepas. Serpihan yang terlihat ini adalah sel kulit kepala yang mati. Berhati – hatilah dalam mengatasi rasa gatalnya agar tidak terjadi penyebaran yang lebih luas dan merusak rambut.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Untuk Kamu yang Suka Olahraga

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


5 Kesalahan Grooming yang Sering di Lakukan Pria Tanpa Sengaja

5 Kesalahan Grooming yang Sering di Lakukan Pria Tanpa Sengaja

Grooming adalah cara merawat diri mulai dari menentukan model, bentuk dan potongan yang pas pada rambut, wajah, hingga dengan busana. Namun nyatanya, para pria juga bisa membuat kesalahan grooming. Kesalahan yang sering ditimbulkan ialah meninggalkan kesan yang kurang baik di mata yang melihat. Ini tidak terkecuali ketika sedang bersiap untuk pergi ke kantor, menghadiri acara formal hingga membuat janji dengan seseorang yang spesial maka tampilan harus prima dan maksimal. 

Dilihat dari sini, grooming bisa menjadi salah satu hal yang mungkin membosankan untuk dilakukan. Selain membutuhkan waktu lebih dan berulang kali dilakukan, tidak jarang juga harus mendapat perhatian khusus. Namun jika ingin menjadi pria dengan kualitas grooming yang baik tentu tidak ada ruginya malah akan mendatangkan banyak peluang. Tampil dengan memiliki perawatan yang maksimal tidak hanya memberikan percaya diri yang luar biasa tetapi juga berpengaruh kepada lingkungan sekitar. Simak cara untuk menghindari kesalahan grooming yang sering dilakukan seperti di bawah ini.

5 Kesalahan Grooming yang Sering di Lakukan Pria Tanpa Sengaja

1. Menggunakan produk untuk rambut yang berlebihan

Menggunakan produk minyak rambut, seperti wax, gel atau pomade secara berlebihan tentunya dapat merusak rambut. Setiap helai rambut tumbuh sekitar 1/4 inci setiap bulan. Jika rambut terlalu lama mengalami kontak langsung terhadap kandungan kimia pada minyak rambut, tanpa disadari ini dapat mempercepat kerontokan hingga menghambat siklus pertumbuhan rambut baru. Maka itu, gunakan produk penataan rambut secukupnya saja. Gumpalan besar gel atau pomade untuk rambut pendek dapat menyebabkan penumpukan bahan kimia di kulit kepala dan berisiko ketombe atau rambut berminyak. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan produk seukuran koin kecil dan aplikasikan pada rambut lembab, dari akar ke ujungnya, untuk distribusi produk yang merata dan penataan rambut yang mudah. Untuk bulu yang tumbuh di dada, hidung dan telinga dan tampak tidak terurus tentunya tidak sedap dipandang mata. Karenanya, para pria wajib merawatnya. Untuk menghindari hal ini, para pria cukup potong ujung-ujung rambut yang keluar dari lubang hidung atau telinga sampai tidak lagi terlihat. Untuk menyiasati bulu dada di tempat kerja, bisa menggunakan singlet atau kancing kemeja yang rapi sampai ke atas.

2. Tidak memakai pelembab pada wajah

Kulit wajah yang kering adalah tampilan yang harus dihindari oleh setiap pria sebab menghambat pisau cukur bergerak leluasa. Walhasil, timbul luka iris dan hasil cukur yang tidak rata serta kurang rapi. Gunakan pelembab yang sekaligus mengandung tabir surya paling tidak SPF15 agar wajah tetap lembab dan tidak kasar. 

3. Kurang perawatan pada bagian kuku kaki

Kuku kaki yang terlalu pendek bisa memiliki resiko mengalami infeksi atau tumbuh ke dalam atau  cantengan. Kebersihan kaki juga terkadang terlewat dari perhatian. Maka dari itu, mencegah kaki dari bau adalah salah satu cara perawatan yang perlu diperhatikan. Bau pada kuku kaki bisa terjadi karena akumulasi kotoran pada sepatu, kaus kaki dan kaki yang kurang bersih. Jadi pastikan ketiga bagian itu selalu bersih dan tidak berbau agar terasa aman dan nyaman.

Baca juga: Tips Perawatan Rambut Pria Supaya Kuat dan Sehat

4. Menggunakan parfum yang berbau menyengat

Menggunakan parfum yang baik adalah ketika aromanya hanya tercium sekitar 80 hingga 100 cm saja. Jika lebih dari itu, sudah dipastikan terlalu banyak menggunakan parfum. Ada baiknya menggunakan parfum sesuai dengan kebutuhan dan sesuaikan tempatnya. Terbilang cukup penting untuk memiliki beberapa macam parfum dengan aroma yang berbeda. Pada di siang hari, pilihlah parfum yang beraroma ringan dan segar. Sedangkan untuk malam hari bisa menggunakan parfum dengan aroma lebih keras dan kuat. Untuk parfum atau cologne yang berbau kuat, cukup disemprotkan dua kali saja. Untuk jenis yang lebih ringan, seperti wangi citrus, bisa menyemprotkan tiga kali. Semprotkan cologne hanya pada area leher dan dada serta pada titik-titik nadi tertentu untuk membuat wangi lebih tahan lama.

5. Tidak mencukur jenggot di waktu yang tepat

Memilki jenggot adalah salah satu tren penampilan pria yang tidak lekang oleh waktu. Cukur ujung-ujung rambut jenggot dan kumis kemudian bentuk sesuai model yang diinginkan, dan sisir rapi setiap hari. Tidak salah memang jika bercukur sebelum mandi. Tapi jika dilihat dari segi manfaatnya, bercukur sebelum mandi lebih banyak memiliki poin positif loh. Proses bercukur menjadi lebih nyaman dan pori-pori di kulit dan bulu-bulu halus pun menjadi lebih beradaptasi saat dicukur. Bulu jenggot memang lebih mudah untuk dicukur dalam keadaan basah. Walaupun tanpa mandi, bulu jenggot juga terkena air. Bulu jenggot menjadi lebih lembut sekitar 70% setelah mandi karena ketika bulu halus jenggot menjadi lebih lembut maka proses mencukurnya akan lebih mudah.

Baca juga: Cara Mencukur Jenggot Dan Kumis yang Benar

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Hair Perming

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Hair Perming

Perm adalah perawatan rambut menggunakan bahan kimiawi untuk membuat ikal permanen. Pengeritingan menjadi gaya rambut yang populer pada tahun 80-an dan sekarang sudah kembali populer tentunya hadir dengan sentuhan modern. Hair perming merupakan cara untuk mengubah rambut yang lurus menjadi ikal permanen. 

Perming rambut menggunakan bahan kimia untuk memecah dan mengatur ulang ikatan rambut agar menjadi lebih bergelombang atau ikal. Langkah hair perming secara umum adalah rambut akan dibungkus dengan batang untuk membentuk pola ikal yang diinginkan. Beberapa menit setelah krim rambut diaplikasikan, bilas dan kemudian diberikan penetral untuk menghentikan proses perming. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum perming rambut agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

5 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Hair Perming

1. Perhatikan kondisi rambut

Diketahui juga bahwa tidak semua jenis rambut cocok untuk melakukan perawatan hair perming. Kamu perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan hairstylish di salon tentang perawatan dan jenis perming yang tepat. Dengan demikian, kamu dapat menemukan solusi yang sesuai mengenai jenis produk perming untuk kebutuhan rambut. Jika kamu memiliki rambut yang difokuskan atau jenis rambut yang kering, mungkin tidak cocok melakukan perming. Sorotan rambut yang terlalu putih mungkin berdampak pada kerusakan kutikula sehingga rambut akan menjadi kusut. Jenis rambut yang kering juga berpotensi mengalami kerusakan lebih tinggi karena produk hair perming dapat membuat rambut semakin kering. Namun, jika rambut kamu telah diwarnai, perming rambut mungkin akan lebih aman dibandingkan dengan perming pada rambut yang menjadi sorotan. Sebaiknya, perming rambut dilakukan setelah dua atau tiga minggu mewarnai rambut. Kamu juga perlu mempersiapkan kondisi rambut dengan baik setidaknya selama 24 jam agar rambut dapat rileks sebelum mendapatkan proses hair perming

2. Perming bisa membuat rambut rusak

Proses perming rambut dilakukan dengan produk kimia. Hal ini membuat kita mungkin berpikir dapat memicu kerusakan rambut sebab struktur dan serat rambut berubah. Rambut yang telah melewati proses perming memang bisa juga mengalami kerusakan jika perawatannya tidak diperhatikan. Perawatan hair perm yang dilakukan dengan profesional dan tepat akan menurunkan risiko kerusakan rambut. Jika ingin melakukan perawatan rambut yang telah melewati proses perming, ada baiknya memilih produk sampo dan kondisioner khusus rambut keriting. Dan rutinlah menggunakan masker rambut agar kelembaban dan kesehatan rambut selalu terjaga.

3. Teknik perming rambut

Proses hair perming dilakukan dengan menggunakan bahan kimia dan teknik yang cukup rumit sehingga harus dilakukan dengan bantuan tenaga professional di salon. Teknik hair perming dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu perming panas, perming dingin, dan perming root. Untuk mendapatkan rambut keriting yang tepat, perlu diketahui ketiga teknik perming ini. 

Teknik hair perming panas menggunakan larutan asam sebelum rambut dipanaskan sehingga ikatan disulfida terputus. Hal ini memungkinkan rambut dibentuk menjadi keriting sesuai keinginan. Perming panas membutuhkan lebih sedikit perawatan dan hasil akhir perming panas ini membuat ikal rambut lebih menonjol saat rambut kering dan ketika rambut basah akan lebih longgar. Lain halnya dengan teknik perming dingin yang menggunakan larutan alkali dengan kandungan ammonium thiogylcolate untuk memutus ikatan disulfida sehingga bisa mengubah struktur protein pada rambut. 

Setelahnya, rambut akan diberikan larutan penetral agar pH pada rambut kembali normal. Perming dingin ini lebih terjangkau dan meminimalisir kerusakan dan sebaliknya, perming dingin membuat ikal lebih menonjol saat rambut basah dan akan longgar ketika rambut kering. Di antara kedua teknik perming tersebut, ada pilihan tengah yang dapat diambil dalam melakukan perming. Teknik ini dinamakan perming root. Teknik ini hanya menggunakan produk kimia pada rambut dengan jarak 2 sampai 4 inci dari kulit kepala sehingga meminimalisir kerusakan rambut akibat proses dari bahan kimia.

4. Rambut yang pernah di-bleaching tidak sesuai untuk hair perming

Rambut yang pernah di-bleaching tidak baik untuk menjalani proses hair perming kerana sudah terlalu rusak. Makanya, rambut tidak dapat dikeritingkan karena bleaching merusak struktur rambut dan membuat proses perming gagal membentuk ombak atau keriting pada rambut. Jadi konsultasikan dahulu kepada penata rambut di salon untuk mengetahui apakah rambut masih virgin atau sudah pernah diberikan warna supaya rambut tidak rusak berlebihan. 

5. Ketahanan hair perming

Lama bertahannya hair perm tergantung dari seberapa spiral perm rambut yang diinginkan. Jika perming yang diinginkan adalah ikal yang sangat ketat, ikal tersebut cenderung lebih tahan lama dan putus lebih lambat tetapi garis pertumbuhan kembali akan terlihat lebih jelas. Jika ikal jauh lebih longgar, garis pertumbuhan kembali akan lebih cepat dan tidak terlihat sehingga rambut terlihat lebih alami saat perm tumbuh keluar. Rerata perm memiliki ketahanan tiga hingga empat bulan. Jika ingin rambut kembali normal, tinggal tunggu rambut tumbuh dan memotong sisa perm agar rambut tumbuh kembali alami sesuai kondisinya. 

Baca juga: Ketahui Apa itu Hair Perming dan Cara Menjaganya

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Ketahui Apa itu Hair Perming dan Cara Menjaganya

Ketahui Apa itu Hair Perming dan Cara Menjaganya

Untuk sebagian orang yang terlahir dengan bentuk rambut lurus dan panjang mungkin merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Jika pernah mengalaminya, mungkin akan tertarik mengubah gaya rambut agar penampilan berbeda daripada sebelumnya. Mengganti warna rambut mungkin saja menjadi opsi untuk dilakukan. Maka, bisa memilih perming rambut untuk mendapatkan gaya rambut baru. Sebelumnya perming rambut identik dengan gaya mengeriting rambut yang terkenal pada tahun 80-an. Namun perm yang sekarang menjadi tren sedikit berbeda dimana rambut ditata bergelombang. Mari kenali dulu serba-serbi mengenai apa itu hair perming agar mendapatkan tampilan rambut terbaik yang diinginkan.

Apa itu hair perming?

Pengertian hair perming

Hair perming adalah proses untuk mengubah tekstur rambut menjadi bergelombang atau keriting. Pada mulanya, perm yang terkenal pada tahun  80-an ini dilakukan dengan cara mengikat rambut dengan kuat menggunakan tangkai khusus perm pada setiap helaian rambut dan sebelum mengoleskannya dengan perm lotion untuk mengunci tekstur keriting. Setelah itu rambut akan dicuci, dikeringkan, lalu diberikan neutralizer untuk menjaga agar hasil perm bertahan lama. Teknologi perm masih mirip dengan yang digunakan pada tahun 80-an dan belum ada perkembangan yang cukup pesat. Namun yang membedakan antara hair perm tradisional dengan hair perm modern adalah gaya potongan rambut setelah hair perm dilakukan. Dengan teknik baru, hasil hair perming dapat ditata sesuai dengan keinginan dan bentuk wajah agar tatananya sesuai. Saat modern ini, pembentukan rambut tidak lagi selalu menggunakan tangkai perming rambut, melainkan hanya menggunakan kain, roll rambut, atau dengan menggunakan styling tangan. Teknik baru ini menghasilkan variasi tekstur gelombang rambut, seperti pola keriting spiral, hingga gelombang pantai.

Waktu dan ketahanan hair perming

Ketika telah memutuskan perming rambut, siapkan waktu yang cukup untuk berada di salon kecantikan setidaknya dua sampai tiga jam untuk proses perming rambutnya. Proses ini bergantung pada seberapa tebal rambut dan seberapa cepat penata rambut bekerja serta perhatikan dengan cermat bagaimana proses perming. Jika merasa tidak nyaman, seperti ikal rambut yang terlalu kuat maka komunikasikan dengan penata rambut sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan. Waktu bertahan hasil perming rambut bergantung pada kondisi rambut orangnya. 

Jika memiliki rambut pendek dan sering dipotong, hasil perming dapat bertahan hingga empat bulan. Lain halnya jika memiliki rambut panjang, hasil perming rambut dapat bertahan lebih lama sekitar enam sampai delapan bulan. Ada batasan tentang hair perming ini. Jika rambut sudah di-bleaching atau diwarnai, hair perm tidak bisa dilakukan untuk mempertahankan rambut agar tetap kuat. Apabila perm dilakukan pada rambut yang telah diwarnai atau telah melalui proses kimia sebelumnya maka dipastikan rambut akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Hair perm sangat cocok untuk rambut yang masih terbebas dari paparan bahan kimia atau rambut masih polos. Mengapa demikian? Karena perm akan mengeringkan rambut hingga tingkat tertentu sehingga membutuhkan banyak kelembaban agar bertahan dari panas.

Baca juga: 12 Model Rambut Ikal Pria yang Disukai Para Wanita

Cara merawat hair perming

Rambut keriting setelah perming membutuhkan perawatan yang lembut. Agar rambut ikal baru tetap sehat dan bersinar maka harus melakukan perawatan yang tepat dan aman. Pilih produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan masker rambut dengan formula khusus bergelombang atau keriting. Sebaiknya gunakan produk rambut yang dapat meningkatkan fleksibilitas, elastisitas, dan hidrasi agar rambut ikal beru terhindar dari kekeringan atau rontok. 

Sehabis mencuci rambut, usahakan untuk membiarkannya agar kering secara alami atau bisa juga menggunakan handuk yang berserat halus. Jika ingin menggunakan hair dryer, atur suhunya sesuai kebutuhan. Jangan memasang suhu terlalu panas sehingga menyebabkan rambut rusak dan terbakar. Selain itu, perlu juga untuk melindungi rambut dari sinar matahari langsung. Gunakan topi atau payung ketika beraktivitas di luar ruangan agar rambut tetap terjaga. Aturan penting dari perawatan perm adalah dilarang membasahi rambut setidaknya selama 24 jam setelah melakukan hair perm. Setelah memiliki rambut keriting, diperlukan sampo dan kondisioner untuk menjaga kondisi perm rambut tetap terjaga dan lembab. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Rambut Ikal Supaya Sehat dan Tampilan Optimal

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja