Ketahui Ini Dia Ciri-ciri Rambut Berketombe Untuk Pria

Ketahui Ini Dia Ciri-ciri Rambut Berketombe Untuk Pria

Satu hal yang menyebalkan adalah kehadiran ketombe yang cukup mengganggu dan juga bisa membuat kulit kepala serta rambut jadi rusak. Penyebab rambut berketombe adalah kulit kepala berminyak dan penyebab setiap jenis ketombe berbeda-beda. Ada berbagai ciri-ciri rambut berketombe termasuk dermatitis seboroik, reaksi alergi, psoriasis, dan eksim. 

Reaksi berlebihan terhadap Malassezia, ragi yang terjadi di kulit kepala, adalah salah satu ciri-ciri dermatitis seboroik. Berbagai faktor meningkatkan risiko munculnya ketombe, termasuk usia, cuaca, tingkat stres, kondisi medis serta pemilihan produk rambut. Ketombe mungkin lebih terlihat jika seseorang tidak sering mencuci rambut dan menjaga kebersihannya. Ciri-ciri rambut berketombe tergantung pada jenis gangguan dan penyebabnya. Berikut ini beberapa ciri-ciri rambut berketombe yang sering dialami oleh beberapa orang.

5 Ciri-ciri Rambut Berketombe Untuk Pria

1. Rambut cepat rontok

Rambut rontok adalah ciri-ciri utama rambut berketombe. Terlepas dari jenisnya, rambut rontok adalah masalah umum yang sering kali terjadi jika kamu mengalami permasalahan pada rambut dan kulit kepala. Kita umumnya kehilangan antara 20 dan 50 helai rambut setiap hari. Ini adalah kisaran normal rambut rontok. Tingkat ketontokan rambut yang terlalu banyak mengkhawatirkan pasti merupakan gejala ketombe. 

2. Rambut menjadi kering dan kusam

Ketombe cenderung mengekstrak minyak yang ada di kulit kepala sehingga membuat rambut menjadi kering dan mudah rapuh. Rambut akan tampak kusam dan tidak dapat diatur bahkan setelah melakukan cara keramas yang benar. Maka itu harus berhati – hati untuk mengurus masalah ketombe ini agar rambut kembali sehat dan juga kuat. Pastikan juga sampo yang digunakan berbahan alami dan mengandung nutrisi baik untuk rambut.

Baca juga: Ini Dia 9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

3. Tumbuh jerawat pada kulit kepala

Meski tidak secara langsung berhubungan dengan kulit kepala atau rambut, perlu diketahui bahwa pada kulit kepala tumbuh jerawat ketika memiliki ketombe. Jerawat yang disebabkan karena ketombe ini memiliki penampilan kemerahan mirip jerawat pada wajah atau bagian tubuh lain yang bisa juga menyakitkan. Untuk itu, jangan asal tekan agar tidak menyebar atau menambah luka pada kulit kepala.

4. Penggunaan produk rambut yang tidak sesuai

Beberapa orang juga dapat memiliki ketombe pada rambut dikarenakan alergi terhadap produk perawatan atau penataan rambut. Biasanya ini dialami oleh mereka yang memiliki kepekaan terhadap kandungan tertentu dari produk rambut. Contohnya adalah paraphenylenediamie yang dapat menyebabkan kulit kepala memerah, gatal, dan bersisik.

5. Terasa gatal pada kulit kepala

Kulit kepala yang gatal adalah ciri-ciri utama ketombe yang paling umum terjadi. Jika memiliki ketombe pada kulit kepala, gatal merupakan ciri-ciri yang biasa dialami. Rasa gatal disebabkan oleh serpihan putih yang terlihat lepas. Serpihan yang terlihat ini adalah sel kulit kepala yang mati. Berhati – hatilah dalam mengatasi rasa gatalnya agar tidak terjadi penyebaran yang lebih luas dan merusak rambut.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Rambut Untuk Kamu yang Suka Olahraga

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja