5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

Keramas merupakan kegiatan grooming yang sudah diajarkan orang tua kita sejak dari kecil dan selalu dilakukan hingga saat ini. Keramas merupakan bagian dari mencuci rambut yang akan terus dilakukan. Hampir setiap orang tentunya ingin rambutnya selalu sehat, indah, dan berkilau. Keramas merupakan kunci utama dalam merawat rambut. Memang terdengar mudah tetapi tidak semua orang tahu cara keramas yang benar. Di bawah ini ada beberapa langkah keramas untuk membantu mendapatkan rambut yang kuat dan sehat.

5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria

1. Pilih shampo sesuai dengan kondisi rambut

Tidak semua shampo cocok untuk segala macam jenis rambut. Maka itu, perlu diperhatikan ketika memilih shampo untuk mengurangi risiko kerusakan rambut. Pria perlu mengetahui terlebih dahulu formula mana yang tepat untuk jenis rambut yang dimiliki. Pria yang memiliki rambut yang berminyak sebaiknya pilih shampo yang mengandung sage, tea tree oil, atau minyak lemon. Bagi pria yang memiliki penyakit kulit kepala, seperti ketombe, tentu akan memerlukan formula khusus. Contohnya adalah shampo dengan kandungan mint, belerang, atau ginseng yang akan membantu menenangkan kulit kepala yang gatal. Jangan terlalu sering menggonta-ganti shampo karena akan membuat rambut cepat rusak.

Faktanya, penggunaan shampo yang sama berulang kali memang tidak membuat rambut rusak. Namun, hasilnya tidak akan seefektif pertama kali dipakai karena ada beberapa faktor, seperti usia, tubuh, dan juga lingkungan. 

2. Gunakan shampo secukupnya

Salah satu cara keramas yang baik adalah dengan memakai shampo secukupnya, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit. Sesuaikan kebutuhan shampo dengan ketebalan dan panjang rambut agar hasilnya efektif dan maksimal. Pada saat memakai shampo, sebaiknya dituangkan dahulu ke tangan karena jika langsung ke rambut akan membuat helaian rambut menjadi kering. Setelah itu, usap shampo hingga berbusa dan ratakan di seluruh kepala.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Pria Agar Tetap Sehat

3. Gunakan air hangat untuk membasahi rambut

Setelah mendapatkan shampo yang sesuai dengan jenis rambut, selanjutnya adalah membasahi rambut secara merata. Menurut para ahli mencuci rambut disarankan menggunakan air hangat. Ternyata, air hangat membantu menghilangkan sebum (minyak) dan kotoran dari kulit kepala. Air hangat bisa juga membuka kutikula yang membantu rambut menyerap minyak dari kondisioner. Tetapi, tidak disarankan untuk keramas dengan air panas karena akan membuat kulit kepala rambut lebih kering. 

4. Memijat kulit kepala dan bilas hingga bersih

Kadang pria suka terburu-buru atau mungkin lupa untuk memijat kulit kepala saat mencuci rambut. Padahal, teknik memijat kulit kepala tidak boleh terlewatkan. Memijat kulit kepala memiliki tujuan agar nutrisi dari shampo dapat diserap dengan baik. Bahkan, teknik keramas ini juga bisa membersihkan rambut dan sisa-sisa shampo yang tertinggal. Teknik tersebut harus dilakukan dengan benar karena jika asal dan salah justru dapat membuat kulit kepala berminyak dan rambut menjadi lepek. Perlu diingat bahwa membilas rambut tidak sama dengan membasahi rambut menggunakan air hangat. Ada baiknya menggunakan air dingin saat membilas rambut untuk menutup kutikula. Ini bertujuan agar nutrisi dari shampo ikut terbilas dengan air. Bilas hingga bersih secara menyeluruh dan licin pada rambut hilang. 

Baca juga: 5 Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Rambut Tidak Rontok

5. Pastikan rambut kering secara menyeluruh

Tahap terakhir dari keramas adalah mengeringkan rambut. Namun, mengeringkan rambut juga memiliki teknik tersendiri dan tidak boleh asal. Contohnya, mengeringkan rambut dengan pengering rambut (hair dryer) dapat membuat rambut mudah rusak. Hal ini dikarenakan pengering rambut dapat membuat air dari luar rambut terdorong ke dalam lapisan korteks sehingga menyebabkan rambut rusak. Di sisi lain, membiarkan rambut yang basah sampai kering sendiri pun tidak baik.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga. Nikmati sensasi cukur rambut a la sultan dengan pelayanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur kapan saja dan dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja