4 Cara Menjaga Rambut Anak Agar Rambut Tetap Sehat dan Terawat

4 Cara Menjaga Rambut Anak Agar Rambut Tetap Sehat dan Terawat

Dari masa bayi hingga sampai ke sekolah dasar, ibu merupakan penata rambut terbaik untuk anak setiap hari. Namun di sisi lain,  mungkin anak ingin menata rambutnya sendiri. Maka dari itu, dengan mengajarinya beberapa kebiasaan perawatan rambut yang baik tentu akan membantu memiliki rambut sehat dan mudah ditata. Ketika anak siap belajar tentang perawatan rambut, pastikan orang tua mengajarinya merawat rambut yang baik dan benar. Berikut  cara menjaga dan merawat rambut anak agar semakin indah, sehat dan juga terawat.

4 Cara Menjaga Rambut Anak Agar Rambut Tetap Sehat dan Terawat

1. Pilih gaya rambut untuk anak

Memilih gaya rambut yang tepat untuk anak juga termasuk satu cara untuk mengajarinya merawat rambut. Gaya rambut yang melindungi ujung rambut dari kerusakan dan paparan berlebihan dianggap sebagai gaya pelindung. Jika ibu menata rambut menjadi cepol atau kuncir kuda yang tinggi maka perlu berhati-hati dengan ketegangan yang terjadi pada rambut. Jika terlalu kencang tentunya akan membuat rambut anak bisa rontok. 

2. Menggunakan bahan alami untuk perawatan rambut

Salah satu bahan alami untuk rambut adalah lidah buaya. Tanaman ini bisa mempertebal, melembabkan, dan menutrisi rambut. Caranya, cukup dinginkan lidah buaya, belah memanjang dan ambil dagingnya lalu Aplikasikan lidah buaya mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Diamkan selama satu jam supaya meresap sempurna kemudian cuci rambut hingga bersih.

Bahan alami selanjutnya berasal dari kelapa yang mampu merangsang pertumbuhan rambut, menjaga rambut tetap lebat, dan menjaga kelembabannya. Gunakan virgin coconut oil yang dijual di pasaran atau membuatnya sendiri dengan menyangrai kelapa. Cara pakainya, ambil sekitar satu sendok minyak kelapa, ratakan pada tangan lalu oleskan perlahan dari setengah rambut ke bawah. Pijat lembut bagian atas rambut. Tunggu minimal dua jam atau biarkan semalam sebelum kemudian dibersihkan dengan shampo.

Baca juga: 7 Model Cukur Rambut Anak yang Keren dan Rapi

3. Keramas dua sampai tiga kali seminggu agar kilau rambut tetap terjaga

Pada usia batita, keramas tiga kali seminggu tentu sudah cukup. Keramas bisa lebih sering dilakukan pada saat tertentu. Keramas terlalu sering juga tidak baik karena akan mengurangi pelembab alami pada kulit kepala. Ini akan membuat rambut lebih cepat lepek dan kusam. Untuk usia pra sekolah, keramas setiap dua hari sekali juga cukup agar kilau rambut alaminya tetap terjaga dengan  menyesuaikan juga dengan aktivitas anak. Ketika sedang beraktivitas seharian di luar rumah dan rambut lepek karena keringat, jangan ragu untuk membersihkannya agar kesehatan rambut tetap terjaga.

4. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan nutrisi yang cukup

Perawatan dari dalam tidak kalah penting dengan perawatan dari luar. Pastikan anak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, zat Besi dan omega 3, seperti kacang-kacangan, susu, telur, buah-buahan, daging, bayam dan ikan salmon yang membantu pertumbuhan rambut dan membuatnya semakin indah dan juga sehat.

Baca juga: Tips Cukur Rambut Anak Laki-Laki yang Bikin Nyaman

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan dimanapun dan kapanpun. Rasakan layanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja