Ini Dia 9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

Ini Dia 9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

Ketombe merupakan masalah yang kadang mengganggu banyak orang. Serpihan kulit kepala kering yang mengelupas dan berjatuhan bisa membuat orang menjadi kurang percaya diri. Cara yang sering digunakan untuk mengatasi ketombe adalah dengan keramas menggunakan sampo anti ketombe atau menambah asupan vitamin ke dalam makanan sehari-hari. Ketombe biasanya disebabkan oleh adanya Malassezia. Jamur mirip ragi ini yang mengkonsumsi minyak yang ada di kulit kepala. Seperti jamur alami lain, Malassezia biasanya tidak menyebabkan masalah yang besar, kecuali jika jumlahnya berlebihan. Jamur yang terlalu banyak bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi dan berakibat munculnya ketombe dan gangguan kulit kering lainnya. Untuk mengatasi ketombe, gunakan bahan alami, seperti jeruk nipis. Yang  secara langsung bisa menggunakannya bersama dengan sampo atau conditioner, mencampurnya dengan bahan alami lainnya. Berikut cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis agar kulit kepala menjadi sehat.

Ini Dia 9 Cara Ampuh Menghilangkan Ketombe Dengan Jeruk Nipis

1. Jeruk nipis dan garam

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis adalah dengan mencampurkan garam. Manfaat dari kedua bahan ini memang sejak lama dikenal ampuh. Garam dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit kepala dan melawan pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Tekstur garam yang kasar dapat mengangkat ketombe secara alami dan menyeluruh. Untuk cara pakainya, campurkan 1 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 1 sendok makan garam dapur, aduk rata dan tambahkan 1 sendok makan air. Kemudian, oleskan masker jeruk nipis dan garam ke kulit kepala, boleh diberikan sedikit pijatan. Tunggu selama 20 menit lalu bilas dan keramas sampai bersih.

2. Jeruk nipis dan lidah buaya

Selain bisa memberi efek menebalkan rambut, lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bagus untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya mengandung enzim yang mampu mengurangi iritasi dan antioksidan untuk mencegah kerusakan. Ambil 1 jeruk nipis dan peras lalu campurkan bersama 2 sampai 3 sendok makan gel lidah buaya dan aduk rata. Oleskan pada kulit kepala dan bungkus rambut menggunakan shower cap. Diamkan selama 10 menit kemudian dibilas hingga bersih.

3. Jeruk nipis dan madu

Sebagai bahan alami yang memiliki sifat anti inflamasi, madu juga merupakan bahan yang bisa dipadukan dengan jeruk nipis untuk menghilangkan ketombe. Cobalah membuat ramuan madu dan jeruk nipis dengan cara ini. Sediakan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 2 sendok makan madu murni. Kemudian aduk kedua bahan alami tersebut dan aplikasikan pada kulit kepala dan akar rambut lalu tunggu sampai 30 menit. Dan terakhir, bilas kulit kepala dan rambut atau keramas menggunakan shampo hingga bersih.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kulit Kepala Mengelupas

4. Jeruk nipis dan yoghurt

Sementara biasanya yoghurt dijadikan camilan sehat, tidak ada salahnya untuk mencoba memanfaatkan yoghurt untuk menghilangkan ketombe. Yoghurt memiliki kandungan lactic acid yang berfungsi mengeksfoliasi sel kulit mati menumpuk termasuk di dalamnya ketombe. Kandungan citric acid pada jeruk nipis dapat menyeimbangkan pH di kulit kepala. Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 3 sendok makan yoghurt tawar. Kemudian aplikasikan masker alami ini pada kulit kepala secara merata. Diamkan sekitar 30 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan sampo.

5. Jeruk nipis dan minyak kelapa

Minyak kelapa sudah dikenal umum sebagai pelembab rambut kering. Tetapi kandungan antimikroba dan antijamur pada minyak kelapa mampu menghilangkan ketombe. Jika dikombinasikan dengan jeruk nipis, minyak kelapa bisa membasmi ketombe dan membuat rambut lebih hitam. Cara menggunakannya yaitu campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 2 sendok makan minyak kelapa. Aplikasikan langsung ke kulit kepala dan diamkan selama 30 sampai 45 menit. Kemudian bilas dengan sampo hingga bersih.

6. Jeruk nipis dan minyak jarak (Castor oil)

Kandungan antimikroba dalam castor oil atau minyak jarak mampu melawan bakteri penyebab ketombe dan jamur sehingga kulit kepala kembali sehat. Campurkan sekitar 2 sampai 3 sendok makan air perasan jeruk nipis dan beberapa tetes minyak jarak lalu aduk hingga merata dan oleskan pada kulit kepala secara menyeluruh. Diamkan selama 1 jam dan bilas dengan sampo sampai bersih. Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang kotor dan kering. Dengan mencampurkan jeruk nipis dan castor oil maka rambut akan bebas dari ketombe.

7. Jeruk nipis dan tea tree oil

Tentunya sudah tidak asing dengan minyak alami yang satu ini, yaitu tea tree oil. Minyak ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit. Tea tree oil juga bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe bersama dengan jeruk nipis. Kandungan antibakteri dan antijamur pada tea tree oil dapat membasmi bakteri dan jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Cara pakainya juga cukup mudah, Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 4 sendok makan tea tree oil. Kemudian, aplikasikan campuran ini di seluruh kulit kepala. Bungkus rambut dengan shower cap atau handuk hangat selama 1 jam lalu keramas dengan sampo hingga bersih.

8. Jeruk nipis dan telur

Ternyata putih telur bisa menghilangkan ketombe karena enzim di dalam putih telur bisa membunuh bakteri penyebab ketombe dan mengatasi iritasi kulit kepala. Dengan mencampurkan 1 butir telur, pakai saja bagian putih telur dan 1 sendok makann air perasan jeruk nipis. Oleskan ke kulit kepala bahan alami yang sudah tercampur merata ini sambil beri sedikit pijatan. Bungkus rambut dengan shower cap lalu diamkan selama 30 menit. Jangan lupa keramas sampai bersih dengan menggunakan sampo.

9. Gunakan langsung tanpa campuran

Gosokkan jeruk nipis pada kulit kepala, Pastikan mengenai seluruh bagian kulit kepala. Bungkus dengan shower cap atau handuk selama 10 menit agar kandungan jeruk nipis meresap dengan baik lalu bilas dan keramas hingga bersih. Untuk pemakaian langsung seperti ini bisa 2 kali dalam seminggu.

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja