5 Penyebab Ketombe Pada Pria dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Ketombe Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Mungkin orang akan merasa risih jika menemukan serpihan putih pada rambut yang kadang berjatuhan di baju, apalagi jika menggunakan baju warna hitam. Serpihan ini biasa dsebut dengan ketombe. Dikutip dari laman  Indian Journal of Dermatology, Ketombe ditandai dengan serpihan putih pada rambut yang disertai gejala seperti peradangan dan kulit kepala yang gatal. Penyebab munculnya ketombe, meliputi kulit kepala terasa gatal, Rambut bersisik dan berminyak atau kering pada kulit kepala , Dalam kasus parah akan terjadi benjolan bersisik kekuningan hingga kemerahan di sepanjang  rambut.

Ini merupakan kondisi yang kadang membuat frustasi, tetapi masih bisa diobati. Mari simak beberapa penyebab munculnya ketombe pada rambut dan cara mengatasinya.

Penyebab Ketombe pada Pria

1. Pemilihan shampo yang salah

Produk perawatan rambut tertentu akan membuat iritasi kulit kepala serta dapat menyebabkan ketombe. Jika itu terjadi, maka cobalah beralih ke shampo yang memiliki formulasi khusus untuk mengatasi ketombe.

2. Pola makan yang tidak seimbang

Salah satu penyebab ketombe bisa terjadi karena pola makan yang berantakan. Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang kandungan proteinnya tinggi seperti kacang-kacangan, telur, susu, dan ikan. Dengan begitu kondisi rambut pun akan lebih sehat dibandingkan dengan terlalu banyak konsumsi makanan instan.

3. Stress yang berlebihan

Disaat stress, sistem kekebalan ditubuh melemah sehingga pertumbuhan jamur pada kulit kepala dan folikel rambut menjadi tidak terkendali. Dan ternyata stress juga bisa menyebabkan timbulnya ketombe.

4. Keramas yang tidak sesuai

Kebiasaan keramas tidak menyeluruh ke kulit kepala dan membilas tidak benar akan menjadi penyebab datangnya ketombe. Karena keramas merupakan salah satu perawatan agar rambut tetap sehat dan berkilau.

5. Produksi kelenjar terganggu

munculnya ketombe bisa dipengaruhi oleh produksi minyak di kulit kepala. Minyak alami atau sebum yang dihasilkan rambut dan kulit kepala harus berada di level yang seimbang dan terkendali. Jarang keramas atau terlalu sering keramas bisa menyebabkan terjadinya ketombe.

 Baca juga: Tips Perawatan Rambut Pria Supaya Kuat dan Sehat

Cara Mengatasi Ketombe Pada Pria

1. Cuka apel

 cuka apel juga memiliki kandungan asam yang sangat baik untuk mengobati ketombe dan menghilangkan gatal pada kulit kepala. Cara menggunakannya juga mudah, Cukup campurkan cuka apel dengan air dan gunakan untuk membilas rambut. Gunakan juga kondisioner supaya rambut tidak kering. Tidak hanya efektif mengusir ketombe, cuka apel juga dapat membersihkan rambut secara keseluruhan.

2. Tea tree oil

Kandungan antijamur dan antibakteri yang terdapat dalam tea tree oil (minyak oregano) juga punya manfaat yang sangat baik. Karena membantu mengatasi ketombe yang membandel, dan mengurangi peradangan gatal-gatal di kulit kepala.

3. Kendalikan stress

Stres bisa mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan, membuatnya rentan terhadap sejumlah kondisi dan penyakit. Dan bisa memicu munculnya ketombe dan masalah Kesehatan tubuh.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Merawat Rambut

4. Lidah buaya

Lidah buaya juga bisa menjadi obat alami untuk ketombe. Sensasi dingin yang terdapat pada gel lidah buaya punya efek yang bagus untuk kulit kepala yang meradang dan gatal. Caranya mudah, cukup oleskan gel lidah buaya di kulit kepala yang berketombe. Lalu diamkan sekitar 20 menit sambil dipijat, kemudian bilas sampai benar-benar bersih. Lakukan secara rutin sampai ketombe benar – benar hilang pada kulit kepala.

5. Keramas dengan teratur

Jika kulit kepala cenderung berminyak, keramas setiap hari dapat mencegah ketombe. Tapi ada baiknya juga diatur waktu keramasnya dengan  baik dan benar. Ini dimaksudkan agar minyak alami pada rambut tidak berkurang. Dan juga bisa dengan rutin potong rambut agar mempercepat pertumbuhan rambut baru.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja