Kulit Gatal Saat Menumbuhkan Jenggot? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulit Gatal Saat Menumbuhkan Jenggot? Yuk Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Pria yang memiliki jenggot adalah salah satu pria dengan tampilan yang maskulin. Tetapi merasakan jenggot gatal adalah salah satu konsekuensi yang harus dihadapi. Dari kebanyakan kasus, gatal tersebut diakibatkan oleh cara merawat jenggot yang salah. Jika rasa gatal semakin tidak tertahan, mungkin ada penyebab khusus yang menjadi penyebab utama. Apa alasan kulit gatal ketika menumbuhkan jenggot, lalu bagaimana cara mengatasinya? Silahkan disimak ulasan dari penyebab kulit gatal saat menumbuhkan jenggot di bawah ini.

Penyebab Kulit Gatal Ketika Menumbuhkan Jenggot

1. Kulit dalam keadaan kering

Kulit wajah kering akan mudah mengalami iritasi yang membuat jenggot gatal. Hal ini juga disebabkan oleh kebiasaan mencuci muka yang keseringan, dimana bisa mengurangi lapisan minyak alami kulit. Ini akan berpotensi menyebabkan kulit mengering sehingga kulit terasa gatal. Selain itu, kulit kering juga dapat disebabkan oleh cuaca sekitar yang kering atau terlalu dingin.

2. Kebiasaan mencukur yang salah

Pria yang memiliki kebiasaan saat mencukur dengan arah yang tidak teratur, terlalu ditekan, dan juga buru-buru memakai pisau cukur tumpul ternyata dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam, terutama jika memiliki rambut keriting. Ini yang membuat kondisi jenggot terasa gatal. Baiknya memiliki arah mencukur yang disarankan dan juga teratur, mulai dari daerah sekitar telinga turun ke arah pipi, mulut, hingga ke dagu. Lakukan hal ini agar hasil cukurnya rapi dan tidak menyebabkan gatal serta iritasi.

3. Munculnya jamur kulit karena infeksi

Yang membuat infeksi jamur pada kulit wajah adalah jamur dermatofit yang bisa disebut sebagai tinea barbae. Biasanya pada kondisi tertentu jamur ini membuat kulit merah, meradang dan berkerak di sekitar mulut, pipi, hingga di bawah dagu. Jamur ini hampir sama dengan kurap pada kulit kepala. Metode merawat jenggot gatal bisa dilakukan dengan mengubah rutinitas mencukur dan menjaga kebersihan alat cukur.

4. Meradangnya folikel rambut

Biasanya tampilan kulit yang berwarna merah dan terasa sakit pada saat disentuh. Folikulitis merupakan kondisi ketika folikel rambut masuk ke dalam yang mengakibatkan terjadinya peradangan. Peradangan folikulitis akibat iritasi karena penggunaan pisau cukur juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur.

Baca juga: 10 Kesalahaan yang Sering Dilakukan Saat Mencukur Jenggot

Cara Mencegah Kulit Gatal Ketika Menumbuhkan Jenggot

Cara mencegah kulit gatal pada jenggot agar tetap sehat dan terjaga dari gatal dan penyakit lainnya:

  • Tetap rutin menjaga kebersihan pada wajah

    Mencuci jenggot yang sudah tumbuh juga perlu. Baiknya, kumis dan jenggot dicuci dua sampai tiga kali dalam seminggu. Untuk pria yang sering beraktivitas di luar ruangan dan berkeringat, perlu mencuci jenggot dan kumis setiap hari. Pasalnya, jenggot rentan terpapar debu, kotoran, serta berbagai jenis kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan masalah dan juga menimbulkan penyakit.

  • Jaga kelembaban pada jenggot

    Jenggot juga memerlukan kondisioner agar teksturnya lebih halus dan tidak mudah mengalami iritasi. Pilih kondisioner yang cocok dan yang mengandung minyak jojoba atau minyak argan untuk perawatan rutin jenggot. Menggunakan minyak jojoba bisa membuat jenggot terjaga kelembabannya.

  • Jangan menggunakan bahan kimia

    Pilih produk perawatan untuk wajah yang tidak mengandung alkohol dan bahan kimia keras lainnya. Ketika mencukur atau memangkas jenggot, usahakan jangan menggunakan busa, sabun cuci, atau lotion yang mengandung bahan kimia terlalu keras. Pilih produk yang memiliki kandungan alami.

  • Jangan mencukur jenggot

    Saat ingin memiliki jenggot, hindari mencukur jenggot terlampaui sering agar rambut bisa tumbuh melampaui folikel. Ini akan mengurangi risiko iritasi serta meminimalisir kerusakan pada folikel.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menumbuhkan Jenggot Agar Terlihat Lebih Maskulin

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga. Nikmati sensasi cukur rambut a la sultan. Dengan pelayanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur kapan saja dan dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja