4 Dampak Buruk Sering Memakai Hair Dryer untuk Rambut dan Cara Mengatasinya

4 Dampak Buruk Sering Memakai Hair Dryer untuk Rambut dan Cara Mengatasinya

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer tentu menjadi pilihan favorit banyak orang karena membuat rambut lebih cepat kering. Pengering rambut dengan pemanas juga mempermudah proses penataan rambut sehingga bisa memiliki berbagai model rambut yang diinginkan. Melakukan aktivitas dengan keadaan rambut yang basah tentu tidak akan nyaman, apalagi jika ingin mengikat rambut. Maka itu, hair dryer merupakan alat penyelamat bagi banyak orang. Dan tanpa disadari, kebiasaan menggunakan hair dryer dapat menimbulkan dampak buruk pada rambut. Berikut ini dampak buruk yang ditimbulkan oleh hair dryer jika digunakan terus-menerus.

4 Dampak Buruk Sering Memakai Hair Dryer untuk Rambut dan Cara Mengatasinya

1. Membuat rambut kering dan kusam

Suhu panas dari hair dryer dapat menyerap kelembaban dan nutrisi yang ada pada setiap helai rambut. Dampaknya tentu membuat rambut menjadi lebih kering dan terasa lebih kasar. Selain itu, terlalu sering mengeringkan rambut dengan hair dryer akan memudarkan warna alami rambut, membuatnya terlihat lebih kusam dan tidak berkilau lagi.

2. Membuat kutikula rambut rusak

Kutikula merupakan lapisan terluar yang ada pada rambut, yang berfungsi untuk melindungi rambut dari berbagai macam penyakit. Jika terlalu sering menggunakan hair dryer, suhu panasnya akan merusak bagian kutikula. Akibatnya, rambut akan mudah berketombe bahkan bisa terserang penyakit rambut lainnya.

3. Rambut bercabang dan overheating pada kulit kepala

Rambut bercabang merupakan masalah lain yang ditimbulkan jika terlalu sering menggunakan hair dryer. Rambut bercabang dapat muncul akibat dari tekstur rambut yang terkena hawa panas yang dihasilkan oleh pengering rambut. Suhu pengeringan rambut yang ideal untuk rambut adalah 45 derajat celcius. Namun sebagian besar orang belum mengetahui berapa suhu yang pas untuk kulit kepala. Mengeringkan rambut dengan hair dryer tanpa kontrol suhu yang tepat tentu akan menyebabkan efek overheating atau sensasi terbakar pada kulit kepala. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan hair dryer, ketahui terlebih dahulu jenis dan model rambut agar dapat mengatur suhu panasnya dengan tepat.

4. Batang rambut menjadi rusak

Jika menggunakan pengering rambut hampir setiap hari, sudah saatnya untuk membatasi penggunaannya. Suhu panas yang dihasilkan oleh hair dryer dapat menyebabkan kerusakan pada batang rambut. Ini nanti berakibat rambut akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah. Suhu panas pada hair dryer akan membuat pori-pori kepala terbuka lebih lebar. Dan tentu saja akan membuat rambut menjadi mudah rontok, bahkan menyebabkan risiko kebotakan karena volume rambut yang semakin menipis.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Pria Agar Tetap Sehat 

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat pangkas rambut terdekat. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *