Ketahui Apa itu Hair Perming dan Cara Menjaganya

Ketahui Apa itu Hair Perming dan Cara Menjaganya

Untuk sebagian orang yang terlahir dengan bentuk rambut lurus dan panjang mungkin merasa bosan dengan tampilan yang itu-itu saja. Jika pernah mengalaminya, mungkin akan tertarik mengubah gaya rambut agar penampilan berbeda daripada sebelumnya. Mengganti warna rambut mungkin saja menjadi opsi untuk dilakukan. Maka, bisa memilih perming rambut untuk mendapatkan gaya rambut baru. Sebelumnya perming rambut identik dengan gaya mengeriting rambut yang terkenal pada tahun 80-an. Namun perm yang sekarang menjadi tren sedikit berbeda dimana rambut ditata bergelombang. Mari kenali dulu serba-serbi mengenai apa itu hair perming agar mendapatkan tampilan rambut terbaik yang diinginkan.

Apa itu hair perming?

Pengertian hair perming

Hair perming adalah proses untuk mengubah tekstur rambut menjadi bergelombang atau keriting. Pada mulanya, perm yang terkenal pada tahun  80-an ini dilakukan dengan cara mengikat rambut dengan kuat menggunakan tangkai khusus perm pada setiap helaian rambut dan sebelum mengoleskannya dengan perm lotion untuk mengunci tekstur keriting. Setelah itu rambut akan dicuci, dikeringkan, lalu diberikan neutralizer untuk menjaga agar hasil perm bertahan lama. Teknologi perm masih mirip dengan yang digunakan pada tahun 80-an dan belum ada perkembangan yang cukup pesat. Namun yang membedakan antara hair perm tradisional dengan hair perm modern adalah gaya potongan rambut setelah hair perm dilakukan. Dengan teknik baru, hasil hair perming dapat ditata sesuai dengan keinginan dan bentuk wajah agar tatananya sesuai. Saat modern ini, pembentukan rambut tidak lagi selalu menggunakan tangkai perming rambut, melainkan hanya menggunakan kain, roll rambut, atau dengan menggunakan styling tangan. Teknik baru ini menghasilkan variasi tekstur gelombang rambut, seperti pola keriting spiral, hingga gelombang pantai.

Waktu dan ketahanan hair perming

Ketika telah memutuskan perming rambut, siapkan waktu yang cukup untuk berada di salon kecantikan setidaknya dua sampai tiga jam untuk proses perming rambutnya. Proses ini bergantung pada seberapa tebal rambut dan seberapa cepat penata rambut bekerja serta perhatikan dengan cermat bagaimana proses perming. Jika merasa tidak nyaman, seperti ikal rambut yang terlalu kuat maka komunikasikan dengan penata rambut sehingga hasilnya sesuai dengan keinginan. Waktu bertahan hasil perming rambut bergantung pada kondisi rambut orangnya. 

Jika memiliki rambut pendek dan sering dipotong, hasil perming dapat bertahan hingga empat bulan. Lain halnya jika memiliki rambut panjang, hasil perming rambut dapat bertahan lebih lama sekitar enam sampai delapan bulan. Ada batasan tentang hair perming ini. Jika rambut sudah di-bleaching atau diwarnai, hair perm tidak bisa dilakukan untuk mempertahankan rambut agar tetap kuat. Apabila perm dilakukan pada rambut yang telah diwarnai atau telah melalui proses kimia sebelumnya maka dipastikan rambut akan mengalami kerusakan yang lebih parah. Hair perm sangat cocok untuk rambut yang masih terbebas dari paparan bahan kimia atau rambut masih polos. Mengapa demikian? Karena perm akan mengeringkan rambut hingga tingkat tertentu sehingga membutuhkan banyak kelembaban agar bertahan dari panas.

Baca juga: 12 Model Rambut Ikal Pria yang Disukai Para Wanita

Cara merawat hair perming

Rambut keriting setelah perming membutuhkan perawatan yang lembut. Agar rambut ikal baru tetap sehat dan bersinar maka harus melakukan perawatan yang tepat dan aman. Pilih produk perawatan rambut, seperti sampo, kondisioner, dan masker rambut dengan formula khusus bergelombang atau keriting. Sebaiknya gunakan produk rambut yang dapat meningkatkan fleksibilitas, elastisitas, dan hidrasi agar rambut ikal beru terhindar dari kekeringan atau rontok. 

Sehabis mencuci rambut, usahakan untuk membiarkannya agar kering secara alami atau bisa juga menggunakan handuk yang berserat halus. Jika ingin menggunakan hair dryer, atur suhunya sesuai kebutuhan. Jangan memasang suhu terlalu panas sehingga menyebabkan rambut rusak dan terbakar. Selain itu, perlu juga untuk melindungi rambut dari sinar matahari langsung. Gunakan topi atau payung ketika beraktivitas di luar ruangan agar rambut tetap terjaga. Aturan penting dari perawatan perm adalah dilarang membasahi rambut setidaknya selama 24 jam setelah melakukan hair perm. Setelah memiliki rambut keriting, diperlukan sampo dan kondisioner untuk menjaga kondisi perm rambut tetap terjaga dan lembab. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Rambut Ikal Supaya Sehat dan Tampilan Optimal

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja