Tips Jitu Agar Rambut Anti Lepek Saat Traveling Untuk Pria

Tips Jitu Agar Rambut Anti Lepek Saat Traveling Untuk Pria

Rambut lepek memang menyebalkan. Tampak selalu basah dan berminyak tentu membuat penampilan keseluruhan kurang bagus untuk eksis di media sosial saat traveling. Karenanya, tips rambut anti lepek wajib untuk diketahui sebelum angkat koper atau ransel bepergian akhir tahun ini.

Rambut lepek tidak bisa dihindari meski sebenarnya secara alamiah rambut tebal dan sehat. Faktor eksternal saat di lokasi traveling sangat mempengaruhi bad hair day atau kondisi rambut acak-acakan dan kurang sehat. Aspek luar itu mencakup sinar matahari, polusi, jalan kaki jauh, hingga suhu ekstrem saat pergi ke negara dengan cuaca sangat dingin.

Tips Rambut Anti Lepek

1. Keramas rutin saat bepergian

Tips Rambut Anti Lepek
Image: Istock Photo

Jangan cuek dengan jadwal keramas. Meski sedang travelling, bukan berarti rambut tidak dirawat. Justru, setelah seharian jalan-jalan, keramas rambut begitu sampai di hotel atau tempat penginapan lainnya. Langkah pertama ini terutama penting bagi yang berambut minyak. Bayangkan rambut berminyak yang ditambah keringat dan debu tetapi tidak juga dicuci. Di situlah petaka rambut lepek akan bermula.

2. Pilih model rambut yang sederhana

Tips Rambut Anti Lepek
Image: Istock Photo

Untuk mempermudah langkah 1, terkadang pria lebih baik memilih gaya rambut yang praktis. Bisa jadi, malas mencuci rambut lantaran rambut yang terlalu tebal atau gondrong. Ada baiknya mencukur rambut menjadi gaya yang lebih praktis agar tidak perlu ribet perawatan setiap hari. Selain itu, model rambut yang sederhana akan membuat kepala ringan.

3. Memakai aksesoris

Tips Rambut Anti Lepek
Image: Istock Photo

Yang ketiga ini memang bukan tips rambut anti lepek secara langsung. Lebih tepatnya, poin ke-3 bermaksud untuk membuat gaya lebih menarik dan modis. Contoh aksesoris yang bisa dipakai seperti topi olahraga atau topi rajut.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


4. Keramas pada sebagian rambut

Image: Istock Photo

Saat travelling, memang umumnya waktu begitu padat sehingga tidak ada waktu untuk keramas. Ada tips rambut anti lepek agar rambut tetap sehat. Cukup cuci sebagian rambut, misalnya pada bagian poni atau akar rambut. Pakai sampo yang biasa dipakai lalu keringkan menggunakan handuk microfiber kecil.

5. Memakai dry shampoo

Image: Istock Photo

Bila keramas sebagian masih sering lupa, gunakan dry shampoo untuk kondisi mendesak. Tujuannya agar minyak pada rambut berkurang kadarnya sehingga rambut tidak terlalu lepek. Khasiat ini bersumber dari bahan dasar dry shampoo yakni pati atau zat tepung yang terdapat dalam tepung kanji. Kandungan lainnya, yakni tanah liat bubuk, yang bisa menyerap minyak dengan baik.

Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkan dry shampoo ke seluruh akar rambut yang berminyak hingga ke batang rambut. Acak rambut hingga rata lalu sisir. Perlu dicatat bahwa dry shampoo hanya untuk saat mepet.

6. Memakai cuka apel

Image: Istock Photo

Salah satu alasan rambut cepat lepek adalah adanya pH berlebih dalam rambut mencapai pH5. Cuka apel adalah salah satu solusinya sebab mengandung pH3. Jika dipakai secara benar, cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH sehingga minyak berkurang.

Petunjuk penggunaannya adalah bilas terlebih dahulu rambut dengan campuran cuka apel dan air. Perbandingannya, air dan cuka apel adalah 5:1. Kemudian, bilas lalu diamkan pada rambut selama 1 menit. Langkah akhirnya, bilang memakai air sekali lagi.

Semoga tips rambut anti lepek di atas bermanfaat untuk liburan yang penuh gaya.

Baca juga: Yuk, Ketahui 10 Penyebab Rambut Lepek dan Cara Mengatasinya

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat pangkas rambut terdekat. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *