Wajib Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Wajib Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Lidah buaya sudah menjadi bahan alami legendaris untuk memenuhi segala kebutuhan rambut sehat secara alamiah. Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah lama dipercayai dapat menyelesaikan berbagai masalah rambut.

Gampang dan murah identik dengan lidah buaya. Tanaman ini bisa ditanam di mana saja, baik di tanah secara langsung atau di dalam pot. Penasaran detail manfaat lidah buaya untuk rambut? Berikut selengkapnya!

10 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Membuat Rambut Lebih Subur

Punya masalah dengan rambut tipis dan gampang rontok? Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah keunggulannya untuk menyuburkan rambut. Kandungan antioksidan di dalamnya sanggup mempercepat pertumbuhan rambut sehingga tumbuh lebat dalam waktu yang relatif lebih cepat.

Bahan:

Gel lidah buaya, santan, minyak kelapa

Tahapan Pemakaiannya:

Campurkan empat sendok makan gel lidah buaya, empat sendok makan santan, dan satu sendok makan minyak kelapa ke dalam mangkok. Setelah tercampur merata, oleskan langsung ke kulit kepala sambil memijatnya secara lembut. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas rambut dan keramas seperti biasa. Disarankan untuk melakukan ini sekali dalam seminggu.

2. Mengurangi Kerontokan

Rambut rontok berasal dari kurangnya nutrisi atau terlalu keringnya kulit kepala. Lidah buaya dapat menjawab permasalahan tersebut. Bahan ini dapat membantu regenerasi sel dan melembabkan kulit kepala. Walhasil, akar rambut menjadi lebih kuat dan rambut tidak akan sering patah atau rontok.

Bahan:

Gel lidah buaya, minyak castor, minyak zaitun (apabila diperlukan), kuning telur (apabila diperlukan)

Tahapan Pemakaiannya:

Taruh satu sendok makan minyak castor dan satu sendok teh lidah buaya ke dalam mangkok. Apabila kerontokan tergolong buruk, tambahkan minyak zaitun dan kuning telur ke dalamnya. Aduk semua hingga merata. Setelahnya, oleskan pada akar rambut kemudian ke seluruh batang rambut. Setelah beberapa menit didiamkan, bilas keseluruhan kepala.

3. Mengurangi Minyak Berlebih pada Rambut

Tidak salah memang lidah buaya solusi untuk segala jenis tipe rambut. Bagi yang berambut berminyak, lidah buaya berfungsi menyerap minyak berlebih pada rambut. Selain itu, lidah buaya juga sanggup menambah kadar air. Dua kegunaan tersebut dapat mengimbangi produksi sebum berlebih yang membuat kulit kepala dan rambut menjadi berminyak.

Bahan:

Gel lidah buaya, lemon, tea tree oil

Tahapan Pemakaiannya:

Campurkan empat hingga lima tetes perasan lemon, tiga tetes tea tree oil, dan tiga sendok teh gel lidah buaya. Setelahnya, aduk hingga merata lalu oleskan ke seluruh batang rambut. Diamkan selama 20 menit lalu akhiri dengan keramas seperti biasanya.

4. Mengatasi Ketombe

Selain kandungan di atas, lidah buaya juga mempunyai kalsium, magnesium, dan zinc sebagai penyedia fungsi antimikroba dan anti bakteri. Zat inilah yang berfungsi untuk mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur.

Bahan:

Gel lidah buaya, lemon

Tahapan Pemakaiannya:

Siapkan mangkuk untuk mengaduk rata lidah buaya dengan beberapa tetes perasan air lemon. Kemudian, diamkan setidaknya 10 menit lalu gunakan air hangat untuk membilasnya. Perpaduan lidah buaya dengan air lemon inilah yang berfungsi menyeimbangkan pH pada kulit kepala. Dua bahan alamiah ini yang akan membantu mengurangi ketombe pada rambut.

Baca juga: Yuk Simak Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

5. Melembabkan Rambut Kering

Selain rambut berminyak, lidah buaya berfungsi bagi si pemilik rambut kering. Manfaat lidah buaya untuk rambut kering adalah menghidrasinya secara merata.

Bahan:

Gel lidah buaya

Tahapan Pemakaiannya:

Potong lidah buaya untuk mengambil getahnya terlebih dahulu. Berikutnya, oleskan secara merata pada kulit kepala dan batang rambut. Ambil handuk hangat untuk membungkus rambut lalu diamkan paling tidak selama 10 menit. Buka balutan handuk lalu keramas memakai sampo. Tutup dengan kondisioner jika perlu.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


6. Mengkilapkan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut merembet pada sisi estetiknya, yakni kilau rambut. Adanya polusi dan paparan matahari dapat membuat rambut menjadi kusam. Kandungan antioksidan dalam lidah buaya dapat mengatasi ini sebab menghilangkan radikal bebas yang menempel pada rambut.

Bahan:

Gel lidah buaya, putih telur

Tahapan Pemakaiannya:

Ambil mangkuk untuk menaruh campuran gel atau getah lidah buaya dan putih telur dari satu butir telur. Diamkan selama 15 menit lalu keramas hingga getah dan putih telur sepenuhnya hilang.

7. Mengatasi Gatal dan Iritasi pada Kulit Kepala

Sering gatal tetapi tidak menemukan ketombe? Mungkin saat ini kepala sedang terserang mikroba. Manfaat lidah buaya untuk rambut dengan masalah ini adalah dengan menghadirkan zat antimikroba dan anti inflamasi sehingga kulit tidak lagi gatal atau iritasi.

Bahan:

Gel lidah buaya, cuka apel, madu (apabila diperlukan)

Tahapan Pemakaiannya:

Aduk rata empat sendok makan lidah buaya, dua sendok teh cuka apel dan satu sendok teh madu. Oleskan ke kulit kepala lalu diamkan selama 20 menit. Lakukan ini seminggu sekali.

8. Mencegah Rambut Bercabang

Rambut bercabang membuat penampilan secara keseluruhan kurang menarik. Lidah buaya dapat mengurangi dan mencegah rambut bercabang. Gunakan lidah buaya sebagai kondisioner bersama dengan argan oil.

Bahan:

Gel lidah buaya, argan oil, minyak zaitun

Tahapan Pemakaiannya:

Dalam satu wadah, seperti mangkuk, taruh campuran ekstrak lidah buaya, beberapa tetes argan oil, dan minyak zaitun. Oleskan ke kepala dan rambut hingga merata. Setelahnya, bilas dan keramas seperti biasanya.

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

9. Menjaga pH agar Seimbang

Kadar keseimbangan pH di kulit kepala berkisar antara 0 dan 10. Apabila berada pada angka 1-2 maka kulit akan berasa asam sedangkan jika pada angka 9-10 maka kulit cenderung bersifat basa.

Terlampau basa membuat kulit mengelupas sedangkan terlalu asam menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Angka yang seimbang direkomendasikan pada 5,5. Manfaat lidah buaya untuk rambut dengan pH seimbang berasal dari pemakaiannya sebagai masker.

Bahan:

Gel lidah buaya, castor oil

Tahapan Pemakaiannya:

Dengan komposisi takaran 2:1, campurkan gel lidah buaya dan castor oil ke dalam mangkok. Oleskan campuran keduanya ke kulit kepala lalu bungkus dengan shower cap. Diamkan selama semalam lalu bilas keesokan harinya. Lakukan kebiasaan ini dua kali dalam seminggu.

10. Menjadi Kondisioner Rambut Tanpa Bilas

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang terakhir adalah menjadi kondisioner rambut tanpa bilas. Gunakanlah ketika memasuki musim panas agar rambut tidak kering. Sangat praktis dan gampang!

Bahan:

Gel lidah buaya, rose water, dan essential oil

Tahapan Pemakaiannya:

Gunakan mangkuk untuk menampung gel lidah buaya dan rose water serta beberapa tetes minyak esensial. Campurkan lalu taruh ke dalam spray bottle yang sudah dibersihkan. Campuran ini sudah bisa dipakai dengan cara mengocoknya lalu semprot hanya pada ujung rambut.

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat pangkas rambut terdekat. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *