Yuk Simak Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

Yuk Simak Ini Dia 5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

Bagaimanapun juga ketombe memang mengganggu bagi siapa pun yang memilikinya, termasuk anak – anak. Anak akan sering menggaruk kepala dan berujung pada luka pada kulit kepala. Untuk itu perlu diketahui tandanya antara lain, memiliki kulit kepala yang gatal, ada ketombe atau kulit kering di kepala, dan ada gumpalan kulit kering di beberapa area kepala.  Sedangkan penyebab lainnya bisa karena terlalu sering atau terlalu jarang memakai shampo, juga karena cuaca yang terlalu kering. Bagaimana cara mengatasi ketombe pada anak? Berikut ini rangkuman cara mengatasi ketombe pada anak agar rambutnya kembali sehat dan bebas penyakit.

5 Cara Mengatasi Ketombe Pada Anak

1. Menggunakan minyak kelapa

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Cara menggunakannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa secara merata ke kulit kepala, diamkan beberapa menit, lalu cuci dan bilas hingga bersih. Tidak hanya untuk menghilangkan ketombe, minyak kelapa bisa membuat kulit kepala tetap lembab dan terawat. Dan minyak ini aman digunakan untuk siapa saja, termasuk anak – anak.

2. Pastikan mencuci rambut anak sampai bersih

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Penyebab ketombe pada rambut anak adalah penggunaan sampo yang tidak bersih. Saat keramas terkadang masih ada sampo yang tertinggal di kepala dan itulah yang menjadi salah satu penyebabnya. Gunakan sampo bayi yang berguna untuk mengurangi ketombe pada kepala anak. Ini dikarenakan sampo bayi cenderung lebih mudah dibilas dibanding sampo lainnya. Pastikan untuk membasuh kepala anak dengan bersih sampai semua sampo tidak ada lagi yang tertinggal. 

Baca juga: Tips Cukur Rambut Anak Laki-Laki yang Bikin Nyaman

3. Menggunakan lidah buaya

Image: istockphoto.com

Aloe vera atau lidah buaya dinilai ampuh dalam mengatasi masalah ketombe. Menurut hasil penelitian, sifat anti bakteri dan anti jamur dari lidah buaya bermanfaat membasmi jamur serta bakteri penyebab ketombe rambut. Cobalah rangkaian shampo anti ketombe dengan kandungan aloe vera atau langsung mengaplikasikan gelnya ke kulit kepala. Setelah itu bilas sampai bersih agar hasilnya maksimal.  

4. Gunakan sampo anti ketombe untuk anak

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Untuk ketombe yang sedikit berat, bisa mencari sampo ketombe yang khusus untuk anak-anak. Supaya lebih nyaman, bisa berkonsultasi dahulu dengan dokter anak. Saat keramas dengan sampo khusus tersebut, diamkan sampo di kepala selama dua menit. Dengan begini, sampo tersebut bisa sekaligus bekerja untuk menyembuhkan dan menghilangkan ketombe pada kepala anak. Jika memiliki potensi terus berketombe, penting sekali untuk menjaga pH normal di kepalanya. Juga hindari kulit kepala anak dari minyak berlebih dengan mencuci kepalanya secara berkala agar tetap rapi dan sehat.

5. Melakukan keramas dan pengeringan rambut yang tepat

Cara mengatasi ketombe pada anak
Image: istockphoto.com

Salah satu penyebab ketombe adalah kulit kepala yang terlalu kering atau terlalu lembab. Jika terlalu kering, keramaslah sambil memijat kulit kepalanya. Dengan begitu, kulitnya jadi lebih lembab dan ketombe bisa luruh dari kulitnya. 

Hindari menggunakan kondisioner karena akan menyebabkan ketombe bagi anak yang memiliki kulit kepala terlalu lembab. Selain itu, keringkan rambut anak secara mendetil agar tidak lembab dan menimbulkan ketombe basah. Gunakan handuk microfiber dan usap dengan lembut pada kulit kepala. Jika terlalu kasar, rambut bisa menjadi rusak.

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja