Ketahui 5 Penyebab Rambut Pria Cepat Beruban

Ketahui 5 Penyebab Rambut Pria Cepat Beruban

Rambut pria beruban idealnya dialami saat usia mulai menua. Tetapi, saat ini bukan hal yang aneh menemukan pria beruban meski usia masih relatif muda. Pada umur 20an tahun, uban sudah muncul beberapa helai di kepala. Pertanyaannya, apa sih penyebab rambut beruban pada pria yang terjadi lebih cepat dari usia yang seharusnya? 

Terdapat beberapa faktor penyebab rambut beruban pada pria, mulai dari hal yang bersifat genetik hingga kondisi serius. Sebuah riset oleh European Society of Cardiology atau Komunitas Kardiologi Eropa yang dilansir dari Treehugger mengungkapkan munculnya uban pada pria muda berkaitan dengan bertambahnya resiko penyakit jantung. Dan berikut faktor lainnya: 

5 Penyebab Rambut Beruban pada Pria Usia Muda 

1. Aspek genetik 

Rambut memutih saat usia masih muda identik dengan faktor genetik, demikian ungkap Steve Daveluy, M.D, asisten profesor dan direktur program Wayne State Dermatology sebagaimana ditulis oleh Men’s Health. Dia menambahkan bahwa genetik bertanggung jawab terhadap 90% ragam rambut yang mulai memutih.  

Aspek genetik cenderung turun-menurun. Sehingga, jika pada umur yang masih muda sudah berubah, coba tanyakan ke orang tua apakah ada nenek moyang yang demikian saat masih muda. Jika iya, kemungkinan penyeban rambut beruban saat muda memang karena keturunan. Inilah penyebab paling umum terjadinya fenomena rambut pria beruban saat masih muda.  

2. Kekurangan nutrisi yang mengandung asupan vitamin B12 

Yang kedua adalah kekurangan makanan yang mengandung vitamin B12. Seperti organ tubuh lainnya, rambut memerlukan asupan nutrisi penting agar tumbuh lebat dan hitam secara ideal. Jika sudah beruban saat usia masih 20an, misalnya, coba cek nutrisi yang selama ini dikonsumsi. Vitamin B12 bertanggungjawab untuk kesehatan kulit dan rambut. Ia membentuk protein, sel darah, dan jaringan. Untuk mendapatkannya, konsumsilah makanan atau suplemen tambahan. Contoh makanan yang sarat dengan vitamin B12 adalah susu, keju, ikan, daging, dan telur.  

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Rambut

3. Sering merokok 

Dari dampak negatif merokok ternyata dapat membuat perokok mengalami penuaan dini. Salah satu tanda menua sebelum waktunya memang mendapati banyak uban saat umur masih muda. Hal ini diperkuat dengan studi dari Medical News Today yang mengungkapkan bahwa perokok mempunyai kemungkinan 1,5 kali lebih cepat beruban sebelum berumur 30 tahun. Penelitian tersebut dilakukan pada 2013 dan ditulis dalam Italian Dermatology Online Journal.  

Penyebabnya adalah merokok membuat kulit kepala kering sehingga memicu ketombe. Akibatnya, nutrisi ke rambut menjadi terhenti sehingga rambut malah rampuh, mudah rontok dan uban bermunculan.  

4. Faktor psikologis 

Penyebab rambut uban erat kaitannya dengan kondisi psikologis pria. Merasa stres dan cemas berlebih mendorong tumbuhnya uban lebih cepat dari usia seharusnya. Saat mengalami dua kondisi tersebut, sel yang memproduksi melanin akan hilang sebab terekspos oleh hormon penyebab stres.  

Rambut yang rontok akibat stres disebut dengan Telogen effluvium. Saat pigmen kembali, jumlah rambut menjadi lebih sedikit dan berubah menjadi putih. Sehingga, kelola stres lebih baik untuk menghindari munculnya rambut putih.   

5. Penyakit autoimun 

Menurut The Healthy, penyakit autoiimun atau penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh menyerang folikel rambut. Disebut sebagai alopecia areata, penyakit autoimun membuat untaian putih cerah. Dengan kata lain, penyakit autoimun terkait dengan uban dan perubahan pada kulit kepala karena penuaan. Sumber penyakit lainnya diduga adalah vitiligo yang membuat penderitanya mempunyai uban meski usia masih tergolong muda. Disarankan agar memeriksakan diri ke dokter jika rambut rontok dan beruban dalam kondisi yang mengkhawatirkan. 

Baca juga: 5 Kesalahan Grooming yang Sering di Lakukan Pria Tanpa Sengaja

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat pangkas rambut terdekat. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *