Fungsi Kondisioner Rambut Untuk Pria dan Cara Memakainya

Fungsi Kondisioner Rambut Untuk Pria dan Cara Memakainya

Apakah rambut pria butuh kondisioner? Jawabannya iya. Kondisioner mengandung bahan-bahan efektif yang memiliki fungsi untuk mengembalikan kelembaban dan menutrisi rambut sehingga tidak perlu berurusan dengan rambut yang terasa kering. Rambut akan menjadi lebih lembut, berkilau dan terlihat lebih sehat secara keseluruhan, dan juga akan berdampak positif pada kesehatan kulit kepala. 

Penggunaan kondisioner yang tepat sesuai dengan jenis rambut akan mengurangi rambut yang bercabang. Bahkan, perawatan rambut ini membantu memperkuat folikel (akar rambut) untuk mencegah rambut rusak. Meski demikian, beberapa orang masih percaya dengan hanya mencuci rambut sudah cukup untuk menjaga kebersihannya. Namun, keramas tanpa sampo dan kondisioner justru dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut. Karena itu, sampo dan kondisioner diperlukan dalam keramas dan disesuaikan dengan jenis rambutnya. Simak fungsi dari kondisioner dan cara memakainya agar menjaga rambut tetap bersih dan kuat.

Fungsi Kondisioner Rambut Untuk Pria

1. Membuat rambut menjadi mudah diatur

Saat keramas jangan lupa gunakan kondisioner dan sisir rambut saat basah serta saat kering. Hasilnya rambut yang diberi kondisioner akan jauh lebih mudah disisir dan jarang kusut dibandingkan yang tidak diberi kondisioner. Ini karena kondisioner memang berguna untuk melembutkan, melembabkan, dan menghaluskan rambut. 

2. Melindungi dan memperkuat rambut dari kerusakan

Rambut terasa kering dan rapuh? Jika ya, bisa jadi tanda bahwa rambut mengalami kerusakan. Untuk mengatasinya, pastikan untuk menggunakan kondisioner rambut pria yang bersifat menguatkan. Cara kerjanya, kondisioner menghaluskan kutikula rambut yang rusak dan kasar sehingga rambut kembali ternutrisi dan terlihat sehat. Dengan menggunakan kondisioner secara teratur, tentunya akan melindungi helai rambut dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan rambut. 

3. Menjaga rambut tetap berkilau

Kondisioner juga berguna untuk menjaga kilau alami rambut, khususnya bagi yang sering mencatok atau memakai hair dryer rambut setiap hari. Karena rambut yang bersentuhan dengan suhu panas tanpa diberi asupan nutrisi dari kondisioner rentan menjadi kusam dan kasar. Maka itu, gunakan alat catokan rambut sesuai dengan kebutuhan serta atur suhunya supaya rambut tidak mudah rusak.

Baca juga: Yuk Ketahui Manfaat Hair Spa Dan Cara Melakukannya Dirumah

4. Mudah digunakan

Hanya perlu beberapa menit untuk memijat rambut dengan kondisioner ke kulit kepala dan rambut tetapi hasilnya terlihat instan dan berdampak positif pada kulit kepala dan rambut. Untuk menggunakannya, oleskan kondisioner pada rambut dari kulit kepala sampai ujung. Pastikan kondisioner telah melapisi seluruh batang rambut secara merata. Biarkan selama dua sampai tiga menit lalu bilas sampai bersih.

5. Menghidrasi kulit kepala dan rambut

Kondisioner diproduksi untuk membuat rambut terasa lembut dan lembab. Hal ini terjadi karena kondisioner akan mengurangi tingkat porositas rambut. Jika tingkat porositas rambut tinggi maka rambut lebih gampang menyerap semua produk perawatan yang merusak rambut. Tidak hanya itu, kondisioner juga akan memberi kelembaban, sekaligus menjaga kelembaban tersebut dalam waktu yang lama, sehingga rambut tidak mudah kering. Perlu diketahui, rambut yang berminyak juga butuh kelembaban rambut sehingga kulit kepala tidak memproduksi minyak alami yang terlalu banyak atau berlebihan.

6. Melindungi dari masalah rambut

Kandungan pada kondisioner bisa melindungi rambut dari berbagai macam masalah yang ada agar tetap sehat, karena lapisan kondisioner akan menempel pada rambut. Lalu ketika sedang ada kegiatan di luar ruangan, kondisioner melindungi rambut dari panas yang berlebihan sehingga rambut tidak mudah kusam. Kondisioner juga memiliki fungsi untuk menjaga kelembutan dan wangi rambut walaupun rambut terkena berbagai macam debu, kotoran, dan angin. Kondisioner juga menjaga rambut saat terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Cara menggunakan kondisioner

Sebelum memakai kondisioner, ada baiknya baca aturan pakai terlebih dahulu. Banyak produk yang menyarankan agar menggunakan kondisioner setelah keramas dengan sampo. Ini karena sampo biasanya dapat menghilangkan kelembaban rambut dan membuatnya menjadi kering. Dengan menggunakan kondisioner setelah sampo, kelembaban rambut mungkin akan kembali. Selain itu, hal yang perlu hindari adalah menggunakan kondisioner sampai ke akar rambut. Cukup oleskan produk ini dari batang sampai ujung rambut. Jangan terlalu banyak saat memakai kondisioner karena dapat membuat rambut terlihat tidak bervolume dan rata begitu saja. Sebaiknya pakai kondisioner secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhan rambut.

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa saja Manfaat Masker Rambut

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “barbershop home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di barber terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *