Penyebab Rambut Rontok Berlebihan dan Tips Jitu Mengatasinya

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan dan Tips Jitu Mengatasinya

Rontoknya rambut setiap hari merupakan hal wajar jika berkurang antara 50 hingga 10 helai. Namun, jika rontok lebih dari 100 helai rambut, alarm perlu dibunyikan. Artikel ini akan membahas penyebab rambut rontok hingga lebih dari 100 helai berikut solusinya.

Gugurnya rambut hingga 100 helai per hari akan bisa diatasi dengan tumbuhnya helai rambut yang baru. Sehingga, kepala akan terhindar dari kebotakan. Lain halnya dengan rontoknya rambut melebihi 100 helai per hari, apalagi disertai berhentinya pertumbuhan rambut. Mengetahui penyebab rambut rontok berlebihan menjadi pintu awal terhindar dari sakit yang berbahaya.

Penyebab Rambut Rontok Berlebihan

Dalam istilah medis, rambut yang rontok berlebihan yakni lebih dari 100 helai per hari disebut telogen effluvium. Rambut yang rontok berlebihan terjadi pada semua bagian kepala sehingga tidak hanya menyebabkan kebotakan pada satu tempat saja di kepala atau pitak.

Rambut yang rontok berlebihan atau tumbuh melambat bisa disebabkan oleh banyak hal. Yang pertama, stres secara emosional, di antaranya disebabkan kehilangan pekerjaan, perceraian, sakitnya anggota keluarga dan lainnya.

Penyebab lainnya adalah stres fisik akibat melahirkan atau melakoni pekerjaan dengan beban berat. Berubahnya hormon pada wanita akibat kehamilan, saat menyusui dan paska melahirkan bisa pula menyebabkan rambut rontok.

Penyebab lainnya berasal dari segi nutrisi. Kurangnya protein dan zat besi turut menyumbang rontoknya rambut secara berlebihan. Penderita penyakit tertentu rentan mengalami kerontokan rambut tidak wajar. Penyakit spesifik ini mencakup infeksi berat, penyakit kelenjar tiroid, dan sifilis.

Beberapa obat-obatan, seperti pil KB, obat hormonal, dan vitamin A dosis tinggi, berisiko menyebabkan rambut rontok tidak wajar. Orang yang baru saja sembuh dari sakit, mengalami anemia parah hingga demam tinggi bisa juga terkena kerontokan rambut berlebihan.

Rontoknya rambut secara berlebihan bisa terjadi pada yang baru sembuh dari sakit. Jika bobot badan turun hingga 9 kilogram atau lebih, rambut rontok secara berlebihan juga bisa terjadi. Menjalani pengobatan kemoterapi atau terapi radiasi berisiko merontokkan rambut melebihi ambang normal.

Harap berhati-hati bagi yang hobi menggunakan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut atau bleaching rambut. Terlalu sering melakukan perawatan seperti ini beserta memakai pemanas rambut rentan membuat rambut rontok secara berlebihan.

Rambut yang rontok tidak wajar menimpa pria ataupun wanita pada umur berapapun. Tetapi, wanita lebih sering mengalami kerontokan rambut yang disebabkan perubahan hormonal. Lazimnya, rontoknya rambut secara tidak wajar mulai terjadi antara sebulan dan dua bulan setelah stres menimpa atau menjalani terapi pengobatan tertentu.

Baca Juga: Filosofi Rambut Gondrong yang Bukan Sekadar untuk Gaya-gayaan

Tips Mengatasi Rontoknya Rambut Secara Berlebihan

Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu penyebab rambut rontok secara berlebihan tersebut. Mengetahui penyebabnya akan sangat membantu mengatasi rambut yang rontok secara berlebihan. Bahkan pada beberapa kasus, kondisi ini tidak membutuhkan pengobatan khusus. Rambut akan kembali tebal seperti biasanya jika, katakanlah, stres sudah terlewati.

Akan tetapi, bantuan dokter akan dibutuhkan pada kasus yang lain. Dalam hal ini, segeralah mengunjungi dokter kulit. Dokter akan merekomendasikan perawatan khusus jika kondisi rambut yang rontok memang memerlukan solusi lebih lanjut. Contoh penanganan khusus mencakup pemberian obat-obatan, pengangkatan sebagian kulit kepala, terapi laser untuk menumbuhkan rambut hingga operasi transplantasi rambut.

Tips Mencegah Rontoknya Rambut Tidak Wajar

Nasehat mencegah lebih baik daripada mengobati berlaku untuk kondisi apapun, termasuk mengatasi rambut yang rontok secara berlebihan. Batasi pemakaian alat pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mengeriting rambut hingga mewarnai rambut, agar rambut tidak rontok secara berlebihan.

Setelah keramas, gunakan kondisioner agar rambut lebih terjaga. Tips gampang lainnya adalah hindari menyisir rambut saat masih basah dan hindari mengepang atau mengikat rambut.

Itulah penyebab rambut rontok secara berlebihan, solusi sekaligus cara pencegahannya. Yuk mulai dari sekarang lebih baik merawat kesehatan rambut kita.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Download Sekarang

Tersedia di Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja