Yuk, Ketahui Gejala Rambut Rontok Pada Pria

Yuk, Ketahui Gejala Rambut Rontok Pada Pria

Rambut rontok merupakan suatu kondisi dimana helai rambut lepas dari kulit kepala. Hal ini terbilang normal jika jumlah rambut rontok tidak lebih dari 100 helai setiap hari. Sedangkan rambut rontok yang tidak normal akan berlangsung selama enam minggu hingga tiga bulan. Biasanya rambut yang rontok akan cepat diganti dengan rambut baru. Rambut rontok tentunya akan dialami oleh setiap orang maupun pria atau wanita. Namun perlu diketahui, ada banyak gejala penyebab rambut rontok.

Kebanyakan penyebab rambut rontok pria berasal dari faktor genetik keturunan dari orangtua. Tetapi, ada beberapa hal di luar faktor alami  yang menyebabkan pria merasakan rambut rontok parah sampai botak. Sekitar 2/3 pria biasanya mengalami rambut rontok ketika menginjak usia pertengahan 30 tahun. Faktor lain penyebab rambut rontok, yaitu perubahan hormon, efek konsumsi obat, stres, kurang asupan gizi, kondisi fisik yang kurang baik, menjalani proses pengobatan, penggunaan produk perawatan rambut yang salah, dan masih banyak lagi. Simak gejala rambut rontok pada pria agar segera diatasi dengan tepat dan rambut kembali sehat.

5 Gejala Rambut Rontok Pada Pria

1. Garis belahan rambut terlihat jelas

Gejala kerontokan rambut tidak selalu menimbulkan titik tertentu, namun gejala yang satu ini cukup sering terjadi, yaitu garis belahan rambut semakin terlihat jelas. Sayangnya, gejala ini sering tidak disadari pria. Hal tersebut cenderung dianggap biasa padahal dapat mengakibatkan rambut semakin tipis hari demi hari dan berpotensi menimbulkan kebotakan apabila tidak segera diatasi dengan tepat. 

2. Alopesia androgenetik

Alopesia androgenetik merupakan istilah lain untuk pola kebotakan rambut pria atau wanita. Penyebab kerontokan rambut yang sangat umum ini adalah genetik. Pria cenderung kehilangan rambut dari pelipis dan mahkota kepala, namun pada wanita, rambut biasanya menjadi lebih tipis di seluruh kepala. Alopecia androgenetik mungkin lebih seiring terjadi saat bertambah usia tetapi bisa juga setelah pubertas. Banyak wanita yang mengalami alopecia androgenetik setelah melalui menopause. Hormon memiliki pengaruh terhadap kerontokan parah tersebut. Kondisi ini dapat diobati dengan minoksidil, obat untuk membantu pertumbuhan rambut.

3. Bagian depan rambut yang mulai terlihat seperti huruf M

Tentunya beberapa pria mempunyai gaya rambut yang bagian depan menyerupai huruf M. Model rambut tersebut bisa saja bukan sengaja diciptakan tetapi salah satu gejala rambut rontok. Awalnya rambut akan menipis di bagian dahi lalu kemudian melebar ke sisi kanan dan kiri sampai kebagian lainnya. Kerontokan rambut ini memiliki sebutan alopecia involusional. Biasanya ini terjadi karena faktor bertambahnya usia. Pada usia tertentu folikel-folikel pada rambut memasuki tahap istirahat dan hal tersebut termasuk kondisi normal.

4. Rambut semakin tipis pada titik tertentu

Kerontokan yang dialami pada setiap orang tentu akan menjadikan kondisi rambutnya terlihat semakin tipis, baik secara perlahan maupun secara langsung. Gejala ini biasanya terjadi pada area tertentu, misalnya diawali di satu titik di bagian pinggir. Rambut pada titik tersebut kelamaan akan tampak lebih tipis dibanding bagian lainnya sehingga menimbulkan perbedaan yang cukup terlihat jelas.

5. Anagen effluvium

Anagen effluvium merupakan kondisi dimana rambut rontok dengan cepat selama fase anagen (pertumbuhan) dari siklus rambut. Kondisi ini dapat menyebabkan rambut rontok dari kepala, serta dari bagian tubuh lain, termasuk alis dan juga bulu mata. Penyebab anagen effluvium meliputi kemoterapi, radiasi, infeksi jamur, juga penyakit autoimun. Perawatan untuk kondisi ini tergantung dari penyebabnya yang dapat juga mencakup larutan minoksidil topikal. Jika seseorang mengalami anagen effluvium akibat menjalani kemoterapi, atasi dengan mendinginkan kulit kepala. Rambut akan tumbuh kembali tiga sampai enam bulan setelah selesai menjalani kemoterapi. 

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “barbershop home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di barbershop terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *