7 Cara Merawat Rambut Keriting Pria yang Wajib Diketahui

7 Cara Merawat Rambut Keriting Pria yang Wajib Diketahui

Memiliki rambut keriting pada pria tentunya memberikan tampilan yang unik. Namun, pria yang mempunyai rambut keriting atau ikal membutuhkan cara merawat yang mungkin lebih kompleks ketimbang jenis rambut lurus atau tipe rambut yang lain. Mempunyai rambut keriting bukan hal yang mudah. Banyak masalah yang sering dihadapi seseorang yang berambut keriting, salah satunya rambut yang mengembang dan kering. Maka tidak heran banyak atau hampir sebagian orang yang memiliki rambut keriting memilih untuk meluruskan rambut keritingnya, baik itu pria maupun wanita. Tetapi sebenarnya, memiliki model rambut keriting adalah hal yang unik dan terkadang dibilang rambut mahal. Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut keriting pria agar tetap terlihat tetap kece dan keren. Simak ulasannya di bawah ini.

7 Cara Merawat Rambut Keriting Pria yang Wajib Diketahui

1. Pilih sampo yang sesuai 

Untuk pria yang memiliki rambut keriting, pilihlah sampo yang tepat agar membantu rambut keriting tidak mengembang dan kering. Salah memilih sampo akan dapat membuat rambut menjadi rusak. Gunakan sampo yang berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut secara mendalam atau sampo khusus yang dibuat untuk rambut keriting. Hindari penggunaan shampo yang mengandung sulfat karena dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering, kasar, iritasi, dan membuat rambut mudah patah. 

2. Potong rambut bercabang

Selain masalah rambut keriting yang mengembang dan kering, ada juga masalah rambut bercabang. Rambut bercabang memang sangat sulit untuk dihindari. Untuk memperbaiki rambut bercabang, potonglah bagian rambut yang bercabang. Cara yang terbaik adalah dengan merawat rambut dengan lembut dan teratur. 

3. Gunakan sisir yang tepat

Penggunaan jenis dan bentuk sisir yang tepat sangat berpengaruh pada tampilan rambut selain dapat mengurangi kerontokan pada rambut. Untuk yang memiliki rambut keriting mengembang dan kering sebaiknya menggunakan sisir yang bergigi jarang. Jenis sisir ini dapat menghindarkan rambut dari kerontokan yang berlebihan pada rambut keriting. 


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


4. Keringkan rambut dengan handuk lembut

Berikutnya yaitu memilih handuk yang berbahan halus untuk mengeringkan rambut karena handuk juga berpengaruh untuk rambut yang kering dan mengembang. Handuk yang kasar dapat membuat rambut semakin mengembang dan susah diatur. Sehingga, pilihlah handuk yang berbahan halus. Jangan mengeringkan rambut dengan cara menggosok menggunakan handuk. Tetapi, tepuk-tepuk saja dengan handuk pada rambut agar kondisi rambut tidak mengembang.

5. Jangan terlalu sering keramas

Ada baiknya kurangi intensitas keramas. Selama ini beredar anggapan terlalu sering keramas akan membuat rambut cepat panjang, tetap bersih dan lain sebagainya. Ternyata, pernyataan tersebut keliru. Menghindari terlalu sering keramas terutama berlaku untuk pria dengan rambut keriting. Sebisa mungkin hindari keramas rambut setiap hari. Pasalnya, jika terlalu sering mencuci rambut bisa membuat rambut makin kering dan membuat minyak alami pada rambut dan kulit kepala mengering. Jadi, bagi yang memiliki rambut keriting dan tebal disarankan keramas seminggu sekali. Kalau punya rambut tipis sebaiknya keramas antara dua dan tiga kali dalam seminggu. 

6. Gunakan vitamin rambut

Bukan hanya sampo dan kondisioner saja, vitamin rambut juga wajib dipakai untuk merawat rambut kering dan sulit diatur. Pilihlah vitamin rambut yang mengandung protein agar rambut lebih lembap dan lembut. Pakailah vitamin rambut tersebut sesuai dengan aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

7. Lakukan perawatan tambahan alami

Selain memakai kondisioner juga perlu melakukan perawatan tambahan pada rambut keriting. Lakukan perawatan tambahan dengan memakai masker rambut, creambath, memakai vitamin rambut, dan minyak rambut secara rutin. Aplikasikan masker atau creambath pada rambut setelah keramas dan diamkan selama beberapa menit setelah itu dibilas sampai bersih. Selain itu juga bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa. Minyak zaitun dapat membantu mempertahankan kelembaban, kelembutan, dan memperkuat rambut hingga akar. Sementara itu, minyak kelapa dapat melembabkan dan melindungi dari berbagai kerusakan pada rambut.

Baca juga: Tips Perawatan Rambut Pria Supaya Kuat dan Sehat

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “barbershop home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di barbershop terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *