7 Cara Ampuh Menyuburkan Rambut Agar Tidak Rontok

7 Cara Ampuh Menyuburkan Rambut Agar Tidak Rontok

Rambut rontok bisa terjadi karena siklus pertumbuhan rambut serta penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, stres, dan beberapa faktor lainnya. Beberapa keluhan rambut rontok bisa membaik dengan sendirinya tanpa penanganan khusus dan serius. Memiliki rambut hitam, panjang, dan tebal menjadi idaman setiap orang. Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan rambut indah sesuai keinginan karena rambut merupakan mahkota bagi setiap orang. Maka tidak heran jika seseorang dengan masalah rambut selalu berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Bahkan ia bisa menghabiskan banyak biaya demi mendapatkan rambut indah, tebal, dan tidak rontok. Jika rambut terus mengalami kerontokan hingga menyebabkan kebotakan, ada baiknya mencoba beberapa cara menyuburkan rambut. Yuk simak dengan baik artikel ini.

7 Cara Ampuh Menyuburkan Rambut Agar Tidak Rontok

1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung asam lemak omega-3 yang berfungsi menjaga kesehatan dan memberi manfaat untuk mengatasi kerusakan rambut dan menebalkan rambut. Selain itu, minyak ini bisa membantu mengatasi rambut kering dan kusam dan kandungannya dapat menjaga kelembaban rambut. Cara menggunakan minyak zaitun untuk perawatan rambut begitu mudah, cukup panaskan minyak zaitun dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian oleskan minyak zaitu disertakan pijatan ke seluruh bagian kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih. 

2. Masker madu

Masker madu juga bisa digunakan agar rambut tumbuh sehat dan subur. Madu mengandung protein, vitamin, dan antioksidan yang bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya sebagai masker yaitu campurkan 5 sendok makan madu dan 500 ml air. Aduk hingga madu larut dan gunakan langsung pada kulit kepala lalu diamkan selama 10 menit dan bilas hingga bersih.

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa saja Manfaat Masker Rambut

3. Penuhi asupan protein yang cukup

Protein adalah bagian komponen utama pembentuk rambut. Memenuhi asupan harian akan dapat mengatasi keluhan rambut rontok yang dialami. Jika rambut kekurangan asupan protein, rambut akan mudah rapuh dan menjadi kusam. Penuhi kebutuhan proteinnya dengan mengkonsumsi makanan sumber protein, seperti daging rendah lemak, daging unggas, ikan, kacang, telur, serta susu rendah lemak.

4. Memakai minyak essensial

Selain asupan makanan bergizi yang membuat rambut subur, bisa juga gunakan minyak esensial. Minyak ekstrak biji anggur dapat dipercaya untuk menyuburkan rambut karena mengandung asam linoleat. Selain itu juga minyak rosemary bisa digunakan untuk menstimulasi akar rambut, meningkatkan pertumbuhan dan menjaga kelembapan kulit kepala.

5. Penuhi kebutuhan asupan vitamin B dan D

Tidak hanya protein, kekurangan vitamin B ternyata dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kebutuhan vitamin B dapat dipenuhi dengan konsumsi biji-bijian, kacang almond, daging, ikan, makanan laut, dan sayuran hijau. Melengkapi asupan vitamin D dipercaya dapat merangsang pertumbuhan pada folikel rambut. Pelengkap asupan vitamin D bisa didapat dari konsumsi ikan salmon, jamur, biji-bijian utuh, jus jeruk, dan susu rendah lemak. 

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Rambut

6. Rajin memijat kepala

Rutin memijat kulit kepala dapat dipercaya dapat berfungsi mengembalikan pertumbuhan rambut dengan cepat karena selama proses memijat kepala terjadi perenggangan yang membantu pertumbuhan dan ketebalan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan pijat secara rutin. Cara ini dapat membantu merawat rambut yang rusak dan dapat memanjangkan rambut dan berfungsi meredakan stres.

7. Menggunakan teh hijau

Seperti yang diketahui bahwa teh hijau memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tidak terkecuali untuk perawatan rambut. Dilansir dari situs Healthline, teh hijau memiliki kandungan vitamin C, polifenol, antioksidan, mangan, L-teanin yang berfungsi efektif untuk menyuburkan rambut. Caranya sangat mudah. Cukup diamkan seduhan teh hijau selama 30 menit pada rambut dan bilas hingga bersih.

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “barbershop home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan. Nikmati layanan potong rambut terbaik untuk mendapatkan gaya rambut pria terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *