7 Cara Melembutkan Rambut yang Wajib Diketahui Oleh Para Pria

7 Cara Melembutkan Rambut yang Wajib Diketahui Oleh Para Pria

Para pria cenderung melakukan aktivitasnya di luar ruangan. Ini membuat mereka rentan mengalami rambut yang kering dan juga kaku. Faktor lain seperti perawatan rambut yang kurang teliti bisa membuat kondisi semakin parah. Kalau dibandingkan dengan wanita, pria mungkin lebih cuek untuk melakukan perawatan rambut. Rambut yang kurang terawat ini semakin lama tentunya akan bermasalah. Apalagi ditambah dengan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut, seperti penuaan dan kebiasaan gaya hidup. Hingga pada akhirnya, semua faktor tersebut beradu menjadi satu dan merusak kutikula rambut yang sudah halus. Tidak hanya itu, minyak alami dapat berkurang secara signifikan sehingga rambut menjadi kering dan kaku. Berikut beberapa cara melembutkan rambut pria yang kaku agar rambut menjadi lembut dan juga sehat.

7 Cara Ampuh Melembutkan Rambut Pria

1. Keramas secara berkala

Tidak sedikit orang yang sering keramas setiap hari supaya rambut tetap bersih dan sehat. Faktanya, keramas setiap hari justru dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Ada baiknya keramas dua atau tiga kali dalam seminggu namun bila kondisi rambut sudah sangat kotor tentunya tidak masalah jika ingin berkeramas. Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. 

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

2. Menggunakan kondisioner

Gunakan selalu kondisioner setelah keramas dengan cara mengusapkan kondisioner pada rambut secara merata kemudian diamkan selama dua sampai lima menit lalu dibilas. Hindari menggunakannya sampai kulit kepala, cukup pada ujung rambut saja. Kondisioner membantu mengunci kelembaban sehingga rambut menjadi lebih halus dan lebih sehat.

3. Menggunakan handuk microfiber

Handuk microfiber bagus jika dipakai untuk mengeringkan rambut, khususnya rambut yang mengembang ataupun keriting. Permukaannya super halus dan mempunyai daya serap yang jauh lebih tinggi ketimbang handuk biasa. Handuk microfiber tidak akan membuat rambut kusut tertarik meskipun digosok cukup keras. Banyak handuk microfiber dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik.

4. Kurangi penggunaan produk styling pada rambut

Bukan tidak boleh bergaya dan kelihatan ganteng tetapi terlalu sering menggunakan wax rambut atau pomade juga tidak bagus untuk kesehatan rambut. Ini khususnya untuk yang jarang keramas. Untuk menghindari penumpukan residu yang membuat rambut kering dan kaku, sebisa mungkin hindari pakai pomade jika memang sedang tidak butuh atau mendesak. Berikan ruang untuk rambut bernapas lega. Usahakan selalu keramas dengan bersih tanpa adanya sisa dari produk rambut.

5. Pilih sampo yang sesuai jenis rambut

Saat membeli shampo dan kondisioner pastikan formulanya sesuai dengan  kondisi rambut. Misalnya untuk rambut kering, berminyak, atau rusak. Pilih juga yang mengandung bahan alami agar rambut menjadi sehat dan juga kuat.

6. Cukur rambut secara rutin

Rambut yang kering dan kaku seringkali memiliki cabang di bagian ujungnya. Oleh sebab itu, sebaiknya rutin mencukur rambut untuk mengurangi ujung bercabang dan memberi kesan rambut yang lebih sehat. Bisa memotong rambut setiap dua sampai empat minggu sekali untuk membuang ujung rambut yang sudah kering dan bercabang karena mencukur rambut yang bercabang dapat membantu mempercepat tumbuhnya rambut baru. Model rambutnya tergantung selera, mulai dari model rambut undercut, medium, atau mullet.

Baca juga: Jarak Ideal Potong Rambut Berapa Lama Sih? Ini Jawabannya

7. Mencuci rambut sampai bersih

Kebiasaan ini memang terlihat sepele tapi penting banget untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak kaku. Sayangnya, banyak yang keramas asal bersih saja karena berpikir sudah terkena sampo dan air. Jika termasuk yang melakukan hal tersebut, ada baiknya ubah kebiasan tersebut, apalagi jika selalu pakai hair styling product, seperti pomade, gel, dan wax rambut setiap hari. Residu dari produk yang dibiarkan menempel di kutikula bisa membuat rambut kering, kusam, dan kaku. Saat keramas, lebih baik menggunakan air dingin untuk menjaga rambut biar tidak kering. Pilih juga sampo yang khusus untuk melembutkan dan melembabkan rambut.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja