Lebih Bagus Mana Pomade Oil Based Atau Pomade Water Based?

Lebih Bagus Mana Pomade Oil Based Atau Pomade Water Based?

Karena menjaga penampilan juga bisa menambah nilai lebih bagi para pria. Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang adalah model rambut. Tak hanya untuk perempuan, para pria juga gemar menata rambut mereka agar lebih stylish dan terlihat rapi, biasanya dengan menggunakan pomade. Pomade sendiri terbuat dari berbagai kandungan. Ada pomade oil based (berbahan dasar minyak), dan ada pomade water based (berbahan dasar air).

Oil based pomade

Jenis pomade yang satu ini memiliki waktu yang cukup tahan lama ketika digunakan. Tatanan rambut bakal tetap rapi meski kepala dalam keadaan berkeringat, bahkan saat dalam guyuran hujan. Pomade jenis ini terbuat dari bahan dasar minyak alami, seperti white petroleum jelly, minyak kelapa murni, beeswax, dan castor oil. Tekstur dari pomade ini creamy dengan daya tahan yang tinggi ketika digunakan pada rambut.

Oil based memiliki keunggulan :

  1.     Daya tahan yang cukup kuat bila dipakai seharian.
  2.     Tahan terhadap air
  3.     Harga yang cukup terjangkau

Namun dibalik itu juga pomade oil based memiliki kelemahan karena bahannya lengket dan sulit dibersihkan, harus ekstra hati – hati saat keramas pastikan semua bersih dan tidak ada yang tertinggal. Kelemahan selanjutnya adalah bisa menyebabkan iritasi dan gatal. Jika ada yang memiliki kulit sensitif pastikan untuk cek dahulu sebelum menggunakan pomade ini.

Baca Juga: Perbedaan Wax dan Pomade yang Wajib Diketahui Kapster

Water based pomade

Sesuai dengan Namanya pomade ini terbuat dari bahan dasar air. Tidak seperti oil based, water based memiliki tekstur yang hampir mirip seperti gel. Meski memiliki tekstur yang solid, namun pomade ini cukup mudah diaplikasikan pada rambut. Pomade dengan berbahan dasar air memberikan kesan ringan saat dipakai. Namun tidak terlalu tahan lama, dan mudah hilang jika terkena air. Sehingga pomade ini lebih cocok digunakan untuk yang bekerja atau beraktivitas di dalam ruangan.

Water based pomade memiliki keunggulan :

  1.     Mudah ketika dibersihkan
  2.     Hasil lebih natural
  3.     Tidak membuat gatal atau iritasi

Ada kelemahan juga yang dimiliki oleh pomade dengan bahan dasar air ini. Yang pertama pomade ini mudah luntur ketika terkena air sehingga butuh pomade ini setiap saat agar penampilan tetap terjaga. Dan kelemahan yang berikutnya adalah harganya lebih mahal dari pomade oil based. Karena pomade ini pasti akan cepat habis jika digunakan untuk bekerja diluar ruangan dan juga pastikan memiliki uang lebih jika saat dibutuhkan secara darurat malah habis atau tertinggal.

Jika sudah tahu dari mulai pomade oil based dan water based memang memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri. Bagus atau tidaknya kedua jenis pomade ini tergantung dari pemakaian, jenis rambut dan juga model rambut yang digunakan. Silahkan pilih pomade oil based untuk daya tahan yang bagus dan kuat dan bisa digunakan untuk acara formal atau kegiatan diluar ruangan yang cukup sering. Dan pilih pomade water based untuk kegiatan kuliah, kerja di ruangan kantor untuk mendapatkan efek yang keren dan juga tampil profesional karena teksturnya yang ringan dan tidak repot. Apapun pilihan pomadenya tentunya jangan sampai ketinggalan untuk keramas sehabis menggunakannya agar rambut tetap kuat dan juga sehat. Salam Dkapster


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Download Sekarang

Tersedia di Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja