Penyebab Rambut Kering Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Kering Pada Pria dan Cara Mengatasinya

Pada dasarnya masalah rambut kering umum dialami oleh wanita maupun pria dari segala usia. Penyebab rambut kering pria dan wanita tidak jauh berbeda penyebabnya. Penyebab rambut kering adalah ketika kulit kepala kering sehingga tidak dapat memproduksi minyak alami. Kehadiran minyak alami bertujuan untuk melembabkan rambut. Kelenjar sebaceous atau yang dikenal dengan sebum dalam folikel rambut berfungsi untuk menghasilkan minyak alami serta melembabkan dan melindungi setiap helaian rambut. Pria yang memiliki rambut keriting cenderung lebih sering mengalami permasalahan rambut kering. Ini karena sebum tidak dapat mencapai ujung rambut seperti pada rambut lurus atau bergelombang.

Penyebab Rambut Kering Pria

Ada banyak hal penyebab rambut kering di antaranya :

  • keringnya dan mengelupas kulit kepala yang bisa menyebabkan rambut berketombe.
  • Usia dan perubahan hormon dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit kepala.
  • Terpapar sinar matahari secara langsung dan terkena zat kimia, seperti klorin pada kolam renang.
  • Terlalu sering menggunakan alat penata rambut, seperti hair dryer dan catokan.
  • Penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak sesuai dengan jenis rambut.
  • Rambut rusak akibat mewarnai rambut dan produk perawatan rambut lainnya.

Selain beberapa faktor di atas, penyebab lain pada rambut adalah lapisan kutikula yang rusak. Kutikula memiliki fungsi untuk melindungi rambut dari panas dan kerusakan akibat sinar matahari. Berbagai cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi rambut kering, yaitu :

Cara Mengatasi Rambut Kering Untuk Pria

1. Jangan terlalu sering keramas

Mencuci rambut merupakan salah satu cara menjaga kebersihan rambut akan tetapi terlalu sering berkeramas ternyata tidak baik. Dikarenakan keramas dengan memakai shampo setiap hari dapat menghilangkan minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Jika terlalu banyak jumlahnya tentu rambut akan berminyak. Ketika kulit kepala kekurangan minyak alami, rambut akan menjadi kering. Bagi pemilik rambut kering tentu hal ini tidak baik karena rambut yang kering akan terlihat kusam. Sebaiknya jangan terlalu sering keramas saat merawat kondisi rambut. Selain itu, pilih sampo dan kondisioner khusus rambut kering yang tidak terlalu banyak menghilangkan minyak alami pada kulit kepala.

2. Kurangi penggunaan hair dryer atau catokan rambut

Salah satu penyebab kondisi rambut rusak dan kering adalah terlalu sering terpapar panas dari alat penata rambut, seperti alat pengering, pengeriting, atau pelurus rambut. Cara mengatasi rambut yang telanjur kering tentunya dengan menghindari penggunaan alat tersebut. Solusi lainnya, keringkan rambut yang basah dengan kain atau handuk lalu tunggulah sampai benar – benar kering.

3. Pilih jenis sampo sesuai dengan jenis rambut

Salah satu cara untuk mengatasi rambut kering adalah dengan memilih produk shampo yang sesuai dengan jenis rambut. Pasalnya perlu berhati-hati saat memilih jenis shampo untuk rambut kering. Kemudian, tentu harus mengenali bahan apa saja yang baik untuk rambut. Jika memiliki jenis yang rambut kering, maka pastikan menggunakan shampo yang dirancang khusus untuk rambut kering juga. Umumnya, sampo untuk rambut kering memiliki kandungan zat yang dapat melembabkan rambut, seperti dimethicone dan cyclomethicone. Tidak hanya itu saja, sampo untuk rambut kering juga bisa membantu menjaga kutikula rambut agar menjaga minyak alami dan rambut tetap lembab.

4. Mengeringkan rambut secara lembut

Selesai mencuci rambut, keringkan rambut dengan cara menepuk kepala dan angin-anginkanlah. Hindari terlalu sering memakai alat pengering rambut karena dengan suhunya yang panas dapat membuat rambut dan kulit kepala menjadi lebih cepat kering. Jangan menggunakan handuk untuk menggosok rambut agar ingin cepat kering karena menggosok rambut yang masih basah akan berisiko merusak kutikula rambut.

5. Rutin mencukur rambut

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya yaitu dengan cara rutin memotong rambut. memotong rambut merupakan langkah yang baik untuk menghilangkan rambut rusak. Oleh karena itu, potong rambut secara rutin untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Jika ingin memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut secara rutin setiap enam sampai delapan minggu sekali untuk mencegah dan menghilangkan bagian rambut yang kering, kasar, dan sulit diatur.

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

6. Perhatikan asupan makanan

Nutrisi yang berasal dari makanan  juga menjadi cara mengatasi rambut kering yang tidak kalah penting. Nutrisi untuk perawatan rambut bisa berasal dari vitamin dan protein. Beberapa vitamin dan mineral yang berperan dalam kesehatan rambut diantara lainnya adalah vitamin A, vitamin C, biotin (vitamin H), dan zat besi. Sumber protein hewani juga dapat menjaga rambut dari masalah kerontokan dan membuatnya tetap berkilau. Sumber protein hewani berasal dari tiram, ikan salmon, makarel, tuna, dan sarden. Konsumsi omega 3 juga membantu mengatasi kondisi rambut. Omega-3 dapat diperoleh dari ikan kembung, sarden, tuna, dan salmon, kacang merah dan kacang kenari, brokoli dan tomat.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja