10 Cara Jitu Menghitamkan Rambut Secara Alami

10 Cara Jitu Menghitamkan Rambut Secara Alami

Memiliki rambut hitam berkilau merupakan suatu kebanggaan bagi kebanyakan orang Indonesia. Meski memiliki rambut hitam alami sejak lahir, bukan berarti bisa sembarangan dalam hal perawatan. Tanpa disadari, mulai dari paparan sinar matahari, polusi, debu, dan keseringan pakai alat penataan bisa mengubah warna rambut hitam berubah warna sedikit kemerahan, bahkan kilaunya juga memudar dan berubah kusam. Untuk membantu agar warna hitam rambut tetap terjaga, manfaatkan bahan alami yang harganya terjangkau dan juga mudah didapat. Selengkapnya, simak cara menghitamkan rambut di bawah ini.

10 Cara Jitu Menghitamkan Rambut Secara Alami

1. Lidah buaya

Gel lidah buaya bisa membantu membuat rambut hitam berkilau berkat kandungan antioksidan yang menangkal dari radikal bebas dan membuatnya semakin berkilau. Ditambah dengan kandungan air yang tinggi, lidah buaya kemudian membantu rambut terhindar dari kekeringan. Ingin mencoba membuat masker rambut dari lidah buaya asli? Caranya yaitu pilih daun lidah buaya yang dagingnya tebal. Potong kecil dan hancurkan sampai teksturnya halus. Tidak perlu dicuci atau dibilas karena getah lidah buaya memiliki berkhasiat untuk menggelapkan rambut secara alami.

2. Urang – aring

Minyak ini berasal dari tanaman bernama ilmiah Eclipta alba atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama False Daisy. Urang-aring ternyata mempunyai banyak manfaat untuk rambut. Daun dari tumbuhan ini memiliki pewarna hitam alami yang memang biasa digunakan sejak dulu sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen. Cara menggunakan minyak urang-aring cukup mudah. Anda bisa langsung menggunakannya pada kulit kepala, seperti menggunakan masker rambut. Jangan lupa berikan pijatan lembut lalu biarkan diamkan selama 30 sampai 60 menit. Terakhir, bilas bersih. Lakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

3. Kopi hitam

Tidak hanya mengusir rasa kantuk, kopi hitam ternyata mampu membantu mendapatkan tampilan rambut hitam berkilau. Salah satu manfaatnya berasal dari kafein yang baik untuk mempertahankan kelembaban dan memberikan kilau alami pada rambut. Dan juga kopi hitam bisa meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut sehingga rambut lebih kuat dan tumbuh lebih cepat. Sementara itu, kandungan flavonoid pada kopi membantu merangsang regenerasi rambut.

4. Minyak kemiri

Selain untuk menyuburkan rambut, minyak kemiri bisa membuat rambut tampak lebih hitam, berkilau, dan tebal. Fungsi ini dikarenakan minyak kemiri mengandung vitamin E, Omega-6, dan Omega-9 yang kaya akan anti-oksidan serta memberi nutrisi ekstra pada akar rambut. Minyak kemiri jika sering dioleskan pada kulit kepala bayi agar rambutnya tumbuh lebih tebal. Jika rutin dipakai, minyak kemiri akan membuat rambut hitam tampak subur dan berkilau alami. Bahan ini bagus juga untuk menghitamkan rambut secara alami dan permanen serta cocok untuk rambut yang beruban. 

Caranya, tuangkan sekitar 1 sampai 2 sendok makan minyak kemiri pada telapak tangan lalu baurkan  secara menyeluruh pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 1 sampai 2 jam sebelum keramas. Ini bisa dilakukan rutin 2 kali seminggu untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Minyak Wijen dan Telur

Gunakan bahan alami untuk perawatan rambut, seperti minyak wijen Di dalamnya terdapat anti-oksidan sesamol dan sesaminol, serta multivitamin, yang dibutuhkan rambut. Untuk memanfaatkannya, campurkan minyak wijen dengan telur. Siapkan sebutir telur dan 2 sendok makan minyak wijen kemudian aduk rata lalu aplikasikan pada seluruh rambut. Diamkan selama 30 sampai 40 menit lalu bilas dengan air hangat. Gunakan dua kali seminggu untuk hasil terbaik. Jangan lupa untuk keramas dengan bersih agar sisa minyak tidak ada yang tertinggal.

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

6. Kulit kentang

Kulit kentang bisa menjadi salah satu cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen. Ini dikarenakan kentang mengandung protein, vitamin A, B, dan C, magnesium, niacin, dan anti-oksidan dalam enzim polifenol. Zat tersebut bisa membantu menggelapkan rambut dengan menggunakan air rebusan kulit kentang. Caranya, kupas enam kentang dan kumpulkan kulitnya. Rebus air secukupnya sekitar 5 menit, masukkan kulit kentang dan diamkan selama 30 menit. Saring air rebusan dan gunakanlah untuk membilas rambut saat keramas. Jangan lupa untuk memijat kulit kepala atau cukup tuangkan air rebusan ke dalam botol semprotan untuk penggunaan yang lebih praktis.

7. Teh hitam

Salah satu manfaat dari teh hitam yaitu memberi warna gelap pada rambut karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami dan permanen, teh hitam juga bisa menstimulasi pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya, rebus secangkir air dengan 2 sendok makan teh hitam dan 1 sendok teh garam. Tunggu sampai dingin kemudian tuangkan pada kulit kepala sambil dipijat dan biarkan selama 30 menit.

8. Daun bunga sepatu

Daun bunga sepatu mengandung pigmen alami, anti-oksidan, dan vitamin yang bagus untuk menghitamkan rambut. Gunakan daun bunga sepatu yang dikeringkan dan menjadi bubuk atau mencampurkannya bersama bahan lainnya. Cukup siapkan segenggam daun bunga sepatu, segenggam daun kari, dan 1 sendok makan minyak kelapa. Daun kari bagus untuk mencegah uban dan menjadikan warna rambut lebih berkilau. Hancurkan semua daun lalu campurkan minyak kelapa dan aduk hingga rata. Gunakan campurannya langsung pada rambut kering. Ratakan dan pijat kulit kepala sekitar 5 menit lalu diamkan selama sekitar 30 menit dan bilas hingga bersih.

9. Buah mengkudu

Buah mengkudu dikenal memiliki aroma menyengat dan rasanya yang pahit. Tetapi, di balik itu ternyata mengkudu mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Biasanya buah ini berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Tidak hanya itu, buah mengkudu juga bagus untuk rambut kusam karena mampu menghitamkan dan membuat rambut semakin berkilau. Asam lemak di dalam buah mengkudu ternyata bisa memperkuat folikel rambut.

10. Henna

Henna merupakan pewarna alami yang terbuat dari daun pohon hina atau pacar (Lawsonia inermis) yang tumbuh di dataran Asia dan Timur Tengah. Biasanya henna sudah berupa bubuk agar mudah digunakan. Meski terbuat dari bahan alami, warnanya juga pekat dan tidak kalah dari cat rambut biasa. Selain dapat menghitamkan rambut dan menutup uban, henna juga bisa melembutkan rambut. Jadi tidak perlu khawatir rambut menjadi kering dan rusak seperti ketika menggunakan semir rambut.

Baca juga: 10 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Rusak

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan dimanapun dan kapanpun. Rasakan layanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja