Rambut Mengembang dan Mudah Kusut? Yuk, Simak Cara Mengatasinya

Rambut Mengembang dan Mudah Kusut? Yuk, Simak Cara Mengatasinya

Bukan hanya tidak sedap dipandang, rambut mudah kusut dan mengembang ternyata mengindikasikan sesuatu yang tidak sehat. Jika ini sedang terjadi pada rambut, jangan lewatkan cara mengatasi rambut mengembang dalam artikel ini.

Terdapat banyak penyebab mengapa rambut mengembang sehingga sulit diatur. Patut diperhatikan jika kondisi tersebut berlangsung sering. Tetapi, jangan khawatir. Berikut kami sarikan penyebab beserta solusinya.

Sepuluh Cara Mengatasi Rambut Mengembang

1. Mengurangi frekuensi keramas

Image: Istockphoto

Keramas terlalu sering, seperti hampir setiap hari, dapat menyebabkan rambut mengembang dan mudah kusut. Karenanya, cobalah mengurangi frekuensi keramas menjadi paling cepat dua hari sekali. Apabila takut rambut menjadi berminyak, solusinya adalah dengan memakai dry shampoo.

2. Memilih air dingin untuk keramas

Image: Istockphoto

Penyebab kedua bisa datang dari keramas memakai air panas yang ternyata berpotensi menghilangkan kelembaban rambut. Walhasil, rambut mengembang lebih lebar dan susah ditata. Sehingga, coba gunakan air dingin untuk mencegah terbukanya kutikula rambut. Rambut pun menjadi lebih gampang diatur.

3. Memakai sampo yang pas

Image: Istockphoto

Cara mengatasi rambut mengembang dapat berasal dari jenis sampo yang digunakan. Terkadang kita kurang memperhatikan kaitan jenis sampo dengan kondisi rambut kita sendiri. Disarankan untuk lebih menjajal jenis shampo yang membantu melembabkan rambut. Cirinya, jika rambut gampang kusut itu tandanya jenis sampo yang dipilih kurang pas. Dengan demikian, perhatikan kondisi rambut usai keramas memakai jenis sampo tertentu. Apabila rambut tidak kusut dan bertambah lembut maka sampo yang digunakan sudah tepat.

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

4. Menambahkan kondisioner

Image: Istockphoto

Masih banyak orang yang mengabaikan manfaat kondisioner. Padahal, kondisioner berguna untuk melembabkan rambut usai berkeramas. Sehingga, tambahan kondisioner terutama tepat bagi yang berambut mudah kusut dan gampang mengembang.

5. Memilih handuk microfiber

Image: Istockphoto

Handuk microfiber berbeda dengan handuk biasa. Handuk microfiber mempunyai keunggulan dalam menyerap air lebih cepat sehingga rambut lebih mudah mengering. Jika selama ini rambut mudah kusut dan gampang mengembang, kemungkinan itu berasal dari jenis handuk yang digunakan selama ini.

Selain kelebihan di atas, handuk microfiber lembut sehingga aman dan tidak akan menggores kutikula rambut. Handuk ini lebih disarankan daripada memakai hair dryer yang “kurang ramah” pada kulit kepala sebab terasa sedikit panas dan ada kemungkinan tergores jika kurang berhati-hati.

Baca juga: 4 Dampak Buruk Sering Memakai Hair Dryer Untuk Rambut dan Cara Mengatasinya


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


6. Menepuk lembut rambut saat mengeringkannya

Image: Istockphoto

Penyebab rambut gampang kusut dan mudah mengembang ini terkesan sepele. Tidak semua menyadari betapa kebiasaan mengeringkan rambut dengan menggosok malah dapat melukai kutikula rambut. Sehingga, rambut menjadi megar. Solusinya, keringkan rambut cukup dengan menepuknya secara perlahan memakai handuk. Tekan secara halus, bukan dengan menggosoknya.

7. Mengoleskan minyak zaitun sebelum keramas

Image: Istockphoto

Pada beberapa kasus, penyebab rambut gampang kusut dan mengembang adalah ketiadaan minyak zaitun. Sehingga, cara mengatasi rambut mengembang adalah dengan mengoleskan minyak zaitun untuk menambah kelembaban rambut. Faedah minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai penyedia kelembaban alami berkat zat antioksidan dan vitamin E. Keduanya membantu dalam merawat rambut agar tidak terlalu mengembang secara berlebihan.

8. Menyentuh rambut secukupnya

Image: Istockphoto

Ini tidak kalah sepelenya sebagai penyebab rambut susah diatur. Acapkali, tangan kita “gatal” ingin menyentuh rambut secara sering. Kebiasaan ini kurang disarankan sebab dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Akibatnya, rambut menjadi lebih kering dan rapuh. Sehingga, cara mengatasi rambut mengembang dengan faktor penyebab ini adalah dengan tidak terlalu sering menyentuh rambut.

9. Menerapkan metode hair plopping untuk rambut keriting

Image: Istockphoto

Bagaimana jika rambut keriting? Tentunya, rambut keriting yang gampang mengembang dan lebih mudah kusut menimbulkan masalah yang lebih pelik. Solusinya, terapkan teknik hair plopping atau bungkuslah rambut basah memakai kaus katun atau handuk microfiber. Manfaatnya, rambut kering secara lebih alamiah dan lebih cepat. Bentuk rambut pun akan lebih terjaga keasliannya. Cara ini juga bisa melindungi akar rambut agar terhindar dari faktor penyebab rambut kusut.

10. Memelintir untuk rambut lurus

Image: Istockphoto

Untuk rambut lurus, teknik twisting atau pelintir rambut lebih disarankan. Caranya, pakai vitamin ke seluruh rambut lalu bagi rambut menjadi dua bagian. Setiap bagian harus dipelintir lalu satukan di dagu. Diamkan selama 15 menit lalu lepaskan lilitannya. Perhatikan bagaimana cara ini membantu mengatasi rambut mengembang yang selama ini meresahkan.

Baca juga: Yuk Simak 7 Tips Mudah Meluruskan Rambut Kriting Pria

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat potong rambut terdekat. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *