Ketahui Apa itu Pomade dan Tips Memilihnya

Ketahui Apa itu Pomade dan Tips Memilihnya

Pernakah anda mengetahui apa itu pomade? Sejatinya pomade saat ini sudah menjadi bagian dari kebutuhan gaya rambut para lelaki. Banyak pria yang lebih sering memakai pomade. Pomade punya tekstur yang ringan dan efektif untuk merapikan serta memberi kilau alami pada rambut. Ada banyak pilihan gaya rambut yang bisa dibuat kreasi dengan pomade yang beragam seperti pompadour, quiff, slick back, side-parted dan yang lainnya, semua bisa diatur sesuai keinginan.  Dalam perkembangannya, pomade dibuat dari berbagai kandungan. Ada oil based, dari bahan dasar minyak dan ada juga water based, yaitu dari bahan dasar air.

Apa itu Pomade?

Sebelum lebih jauh lagi mengenai apa itu pomade, simak sejarah singkat awal mulanya ini. Pomade berasal dari Bahasa prancis yaitu “pomade” yang memiliki arti salep. Pemakaian pomade berawal dari tahun 1800-an dimana produksi pomade masih menggunakan minyak beruang sebagai bahan utamanya. Baru di abad ke-20 beberapa bahan lainnya muncul seperti beeswax atau lilin lebah, petroleum jelly serta lemak babi. Pada awalnya, pomade dibuat dari remukan apel dan lemak babi. Tapi seiring berjalannya waktu, minyak rambut padat tersebut diolah dengan berbagai bahan lain dengan fungsi beragam serta tambahan wangi-wangian. Sejatinya, pomade merupakan minyak rambut yang berfungsi membantu penataan rambut. Fungsi lain pomade adalah memberikan kilau pada rambut dan membuatnya terlihat segar.

Pada awalnya, pomade hanya digunakan oleh para bangsawan pada abad ke 18. Dengan berjalannya waktu, kalangan pengguna pomade menjadi semakin luas. Kejayaan pomade baru pun dimulai pada tahun 1950-an. Ketika itu gaya rambut yang sedang tren adalah pompadour, gaya rambut yang digunakan oleh Elvis Presley.

POMADE OIL BASED

Pomade jenis ini terbuat dari bahan dasar minyak alami, seperti petroleum jelly, minyak kelapa murni, lilin lebah, dan castor oil. Teksturnya yang creamy, dengan daya tahan yang cukup kuat sesuai dengan varian yang digunakan.  Cocok untuk dipakai pada aktivitas diluar ruangan karena mampu memberikan perlindungan lebih pada gaya rambut yang digunakan.

Baca juga: Perbedaan Wax dan Pomade yang Wajib Diketahui Kapster

POMADE WATER BASED

Pomade jenis ini terbuat dari bahan dasar air.  Daya tahannya tidak terlalu kuat, dan lebih cocok digunakan untuk menciptakan gaya rambut messy atau berantakan dan memiliki hasil akhir yang natural. Karena bahan dasarnya dari air, jenis pomade ini lebih mudah dibersihkan ketika keramas. Pomade ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya untuk nongkrong, kuliah, kerja kantoran dan kegiatan lainnya.

Efek yang mungkin terjadi karena penggunaan pomade terlalu sering antara lain rambut rontok, kering, ketombe dan rambut bercabang. Tidak sampai disitu, penggunaan secara berlebihan juga mampu mengubah tekstur rambut hingga warna rambut yang dimiliki. Makanya, gunakan pomade secukupnya dan sesuaikan dengan gaya rambut agar hasilnya tetap maksimal. Salam Dkapster


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Download Sekarang

Tersedia di Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja