18 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Untuk Pria

18 Cara Cepat Memanjangkan Rambut Untuk Pria

Apa yang terlintas jika melihat pria berambut panjang? Pada kenyataannya, pria berambut panjang masih mempunyai daya tarik tersendiri, di antaranya seksi dan macho. Jika ingin mendapatkan rambut ini maka cara memanjangkan rambut pria pada artikel ini sayang untuk dilewatkan.

“Pengakuan” terhadap daya pikat pria berambut panjang dikukuhkan dari hasil survei situs kencan asal Amerika Serikat, WhatsYourPrice. Dari 67.400 responsen, dimana 82% dari mereka adalah wanita berumur antara 18 dan 24 tahun, mengatakan memilih pria berambut gondrong daripada cepak atau pendek.

Cara memanjangkan rambut pria ternyata tidak selalu gampang. Ada yang menganggap rambut pria tumbuh lebih cepat daripada wanita tetapi hal ini belum tentu benar secara ilmiah.

Cara memanjangkan rambut pria yang wajib dicoba

1. Lebih sering memakan protein

Protein berperan penting dalam merangsang pertumbuhan rambut. Sebanyak 90% keratin atau protein membentuk batang rambut manusia sehingga akan cepat melemah dan rontok jika kekurangan protein. Berikut bahan makanan yang mengandung protein tinggi:

  • Daging ayam, terutama bagian dada.
  • Daging sapi dan ikan, khususnya yang banyak mengandung Omega 3, seperti salmon dan tuna. Daging dan susu sapi berfungsi menumbuhkan rambut dan kuku secara lebih baik.
  • Kacang-kacangan, seperti tempe dan tahu. Contoh lainnya, kacang kedelai, kacang merah, kacang tanah, almond, dan kacang polong.

2. Rajin berolahraga

Tetapkan jadwal rutin olahraga dan penuhi komitmen tersebut. Berolahraga secara berkala dapat memasok oksigen secara cukup ke folikel rambut. Sedikit catatan bagi penyuka olahraga yoga. Olahraga yang satu ini membantu memperlancar peredaran darah sehingga selain membuat badan santai, rambut menjadi tumbuh lebih panjang.

3. Memakai sampo yang memang sesuai

Terkadang kita asal memilih jenis shampo. Jika sedang dalam program memanjangkan rambut, ketahui terlebih dahulu jenis sampo yang memang mendukung keinginan tersebut. Jika tidak sesuai, rambut kurang memperoleh nutrisi yang dibutuhkan.

4. Memperbaiki cara keramas

Terkesan sepele tetapi cara memanjangkan rambut pria ini cukup membantu. Cek jadwal keramas dan perhatikan apakah cara keramas saat ini sudah betul atau belum. Jangan sampai melewatkan jadwal keramas sehingga kulit kepala sudah terlanjur kotor. Apabila sudah sampai tahap ini, folikel sulit menumbuhkan rambut. Selain itu, lama tidak keramas akan membuat kulit kepala berminyak atau ketombe sehingga rambut akan gampang patah dan rontok. Selain itu, keramaslah secara baik. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

  • Pakai sampo sesuai takaran atau secukupnya. Idealnya, 2 ml untuk rambut pendek, 3 ml untuk rambut sedang, dan 4 ml untuk rambut panjang atau tebal.
  • Remas rambut untuk meratakan sampo, bukan dengan menggosok atau menggaruknya.
  • Pijat rambut untuk memperlancar peredaran darah di kepala.
  • Khusus untuk memperpanjang rambut, terapkan dua kali pakai sampo dan dua kali membilasnya. Keramas dan bilasan pertama berfungsi meluruhkan kotoran, yang kedua untuk membuangnya.
  • Tepuk rambut secara pelan untuk mengeringkan rambut ke handuk.

Baca juga: 5 Cara Keramas yang Benar Untuk Pria Agar Rambut Sehat

5. Melengkapi dengan kondisioner

Kondisioner bagus untuk melembabkan dan menutrisi rambut. Dengan rambut yang ternutrisi dengan baik, ia akan tidak gampang rontok atau patah di tengahnya. Jika perlu, pakai kondisioner yang memakai serum. Gunakan dan bilas sampai tuntas agar sisa produk tidak menyumbat pori di kepala.

6. Memilih handuk microfiber

Proses pengeringan rambut tidak kalah pentingnya. Disarankan memakai handuk microfiber yang lembut sehingga tidak akan menggores kutikula rambut. Dengan demikian, rambut tidak akan gampang rontok. Jika tetap memakai handuk biasa untuk menggosok rambut yang basah, rambut akan cepat kering hingga patah.

7. Mengganti cara menyisir

Selain mengeringkan dengan lembut, sisir rambut dengan cara yang tidak kalah lembutnya. Apabila masih menyisir dengan cara keras dan kasar, akar rambut akan terluka sehingga rambut dapat rontok. Tips lainnya, jangan menyisir rambut saat masih basah.

8. Memakai minyak zaitun

Cara memanjangkan rambut pria selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak ini sudah lama dikenal bisa memperpanjang rambut. Caranya, oleskan minyak ke kulit kepala lalu diamkan beberapa saat. Kemudian, bilas hingga bersih. Ada yang menyebut rambut akan panjang dalam seminggu. Ini saat yang tepat untuk membuktikannya.

9. Menggunakan minyak kemiri

Selain minyak zaitun, minyak kemiri juga dipercaya oleh sebagian bisa menumbuhkan rambut hanya dalam satu minggu. Bahkan, minyak kemiri juga berkhasiat untuk menghitamkan dan menebalkan rambut yang tipis. Saat senggang, tidak ada salahnya mencoba mengoleskan minyak kemiri, baik yang sudah dibuat pabrik atau membuatnya sendiri.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


10. Menggunakan lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk rambut sudah tidak terhitung lagi. Nah, salah satunya lidah buaya dapat menjadi cara memanjangkan rambut pria yang sederhana dan manjur. Caranya, pakai gel lidah buaya sebagai pengganti masker untuk menyuburkan rambut. Lakukan beberapa kali dalam sebulan untuk bisa melihat hasilnya secara lebih cepat.

11. Mengurangi pemakaian hair dryer

Termasuk yang doyan memakai hair dryer atau pengering rambut untuk mengeringkan rambut? Mulai dari sekarang, kurangi kebiasaan tersebut. Pengering rambut yang terlalu sering dipakai dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala dan membuat rambut malah menjadi kering dan kusut. Gunakan pengering rambut hanya saat terburu-buru. Selebihnya, tetap andalkan cara alami seperti menganginkannya atau memakai handuk microfiber.

12. Memberi ruang rambut untuk bernafas lebih lama

Tanpa disadari, kita melakukan hal-hal kecil yang justru membuat rambut cepat rontok atau patah hanya karena perkara sepele yakni kurang lamanya rambut bebas penutup. Penutup di sini bisa berupa handuk, topi atau yang lainnya. Hindari menutup rambut saat masih basah dalam waktu lama. Boleh memakai aksesoris kepala tetapi jangan berlama-lama.

13. Menjajal creambath dan hair spa

Sesekali, cobalah melakukan creambath dan hair spa. Dua aktivitas ini dapat menutrisi rambut lebih optimal sehingga rambut akan lebih panjang. Disarankan untuk melakukan creambath atau hairspa sebulan sekali agar bisa gondrong lebih cepat.

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa itu Creambath Rambut dan Perbedaannya Dengan Hair Spa

14. Menambahkan hair tonic

Cara memanjangkan rambut pria berikutnya adalah dengan menambahkan hair tonic sebagai booster, khususnya untuk akar rambut. Tekniknya sebagai berikut. Usai keramas, teteskan hair tonic langsung ke kulit kepala. Pijat dalam beberapa menit untuk melancarkan peredaran darah dan menyalurkan nutrisi secara lebih adil. Nutrisi yang terserap secara lebih optimal akan sangat membantu dalam memanjangkan rambut.

15. Perbaiki pola tidur

Rambut yang sudah gondrong dapat disebabkan oleh jam tidur yang kurang. Padahal, ketika tidur, tubuh memperoleh kesempatan untuk memproduksi hormon pertumbuhan lalu mengalirkan semua nutrisi ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke kulit kepala dan rambut. Durasi tidur sangat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melakukan tugasnya tersebut. Jika tidur kurang dari tujuh jam sehari, pasokan nutrisi menjadi terganggu. Sebaliknya, jika beristirahat sesuai anjuran, peredaran darah menjadi lebih lancar sehingga rambut lebih cepat terjadi.

16. Mengelola stres lebih bijak

Rambut susah tumbuh panjang erat kaitannya dengan kondisi psikis. Tidak jarang kita sering mendengar kondisi stres berat dapat membuat kepala botak. Itu benar adanya. Sehingga, jika ingin rambut cepat gondrong, kelola stres secara lebih bijak. Caranya, cari solusi dari setiap masalah. Tips lainnya, lakukan hal yang membuat hati gembira, seperti membaca buku, menonton sepakbola, atau berkebun.

17. Rutin membersihkan sisir

Rutinlah mengecek kebersihan sisir sebab sisir yang kotor dapat membuat rambut ikut terkena kotoran yang berada di sisirnya. Akibatnya, pori di kulit kepala dapat tersumbat sehingga nutrisi lebih lambat diserap oleh batang rambut. Jadi, cek kondisi sisir dan hindari meminjam sisir orang lain.

18. Menggunting ujung rambut

Cara memanjangkan rambut pria terakhir ini sudah cukup lama terdengar. Saat rambut mulai rontok, gunting ujungnya agar cabang rambut hilang. Menggunting ujung rambut minimal dua minggu sekali menjadi cara mencegah kerontokan yang dapat menyebabkan rambut lambat tumbuh.

Baca juga: Jarak Ideal Potong Rambut Berapa Lama Sih? Ini Jawabannya

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat cukur rambut terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *