Yuk, Simak Cara Mudah Cukur Rambut Sendiri di Rumah

Yuk, Simak Cara Mudah Cukur Rambut Sendiri di Rumah

Sebagian pria mungkin akan risih memiliki rambut yang panjang dan juga tidak terawat. Karena itulah, penting untuk cukur  rambut. Sayangnya, memotong rambut tidaklah semudah sebelum pandemi COVID-19. Pandemi corona yang berkepanjangan dan juga social distancing yang berkaitan dengan meluasnya virus corona membuat banyak orang menunda atau membatasi kegiatan mereka. Jika perlu, berkegiatan di rumah saja. Maka itu para pria perlu mencoba cukur rambut sendiri di rumah. Jangan sampai tampilan rambut berantakan lantaran tidak bisa ke luar rumah. Simak cara cukur rambut sendiri berikut ini untuk mendapatkan pengalaman potong rambut sendiri yang tidak kalah kerennya dari hasil pangkas rambut di tempat pemangkasan rambut. 

8 Cara Mudah Cukur Rambut Sendiri di Rumah Untuk Pria

1. Tentukan gaya rambut yang diinginkan

Simak dan pelajari dulu berbagai model rambut pria terbaru yang bisa dijadikan referensi sebelum eksekusi. Bisa dengan browsing melalui media sosial. Jangan memilih gaya rambut yang terlalu sulit dan rumit dikerjakan sendiri. Jika rambut pendek dan tipis, bisa memilih gaya rambut pendek, seperti buzz cut, undercut atau yang lainnya yang dirasa mudah dan juga rapi. Tapi, kalau memiliki rambut medium lebih mudah. Cukup dengan merapikan atau potong tipis rambut bagian poni dan belakang.

2. Siapkan alat cukur rambut

Jangan lupa untuk mempersiapkan beberapa alat cukur rambut esensial yang diperlukan. Contohnya seperti, gunting rambut, cukur rambut elektrik, sisir dan cermin. Peralatan dasar mencukur ini juga digunakan sesuai dengan pilihan model rambut yang  diinginkan. Jika hanya ingin memotong rambut yang mulai panjang, cukup memakai gunting khusus rambut. Pilih model gunting dengan panjang bilah lebih pendek untuk memudahkan pemotongan rambut. Apabila ingin mengatur ketipisan atau ketebalan rambut, wajib memakai alat cukur rambut elektrik atau electronic clipper. Selain alat cukur rambut, Anda perlu menyiapkan sisir  dan cermin. Hindari sisir saku pendek dan pakailah sisir yang panjang seperti yang digunakan tukang cukur. Lalu, bisa menggunakan cermin di kamar mandi atau meja rias saat memulai mencukur rambut. Disarankan juga untuk memakai cermin tangan untuk melihat kondisi rambut bagian belakang.

3. Pastikan pencahayaan yang cukup terang

Penting untuk menentukan kondisi dan lokasi untuk mencukur rambut yang ingin di potong sendiri. Pilih satu bagian di rumah yang memiliki ruangan lebar dengan cahaya yang cukup terang. Usahakan untuk memangkas rambut di pagi menjelang siang hari jika memutuskan untuk memangkas rambut di kamar mandi yang memiliki ventilasi. Kurang cahaya akan mempengaruhi hasil potongan rambut karena penglihatan yang tidak fokus. Jika memungkinkan, bawalah cermin besar lalu mencukur rambut sendiri di teras atau halaman belakang rumah yang memiliki pencahayaan cukup dari sinar matahari. Bisa sekalian berjemur untuk mendapatkan energi yang baik dan mendapatkan manfaat bagi tubuh agar tetap sehat.

4. Cukur rambut bagian samping

Jika sudah membasahi rambut, maka atur posisi senyaman mungkin. Mulailah memotong rambut dari sisi bagian samping dengan menggunakan gunting atau hair clipper.

Dengan sisir rambut, rapikan rambut bagian samping lalu gunting rambut sedikit demi sedikit. Terus lakukan sambil menyisir rambut searah untuk memastikan arah rambut rapi dan menyatu dengan sempurna. Jika mencukur dengan hair clipper, usahakan memulainya dari bawah ke atas atau melawan arah tumbuh rambut.Tetap berhati-hati dan usahakan akurat ketika menggunakannya agar tidak terjadi kesalahan yang membuat hasil cukurnya tidak maksimal.

Baca juga: Kapster Wajib Tahu Jenis Dan Manfaat Sisir Potong Rambut

5. Rapikan bagian jambul dan juga poni

Setelah bagian samping selesai, lanjutkan dengan merapikan rambut bagian atas atau jambul dengan sebaiknya menggunakan gunting. Namun jika ingin membuat rambut bagian atas lebih tipis, gunakan hair clipper. Caranya, sisir rapi rambut bagian atas lalu ambil rambut sedikit demi sedikit. Kemudian, gunting perlahan untuk menipiskan rambut. Memotong rambut dengan poni tidak sulit. Cukup menyisirnya ke arah bawah, lalu gunting dengan panjang yang diinginkan agar lebih rapi. 

6. Bersihkan sisa rambut dengan bedak atau sisir

Kalau sudah selesai dan rambut sudah terlihat rapi dan keren,  jangan lupa berikan taburan bedak secukupnya pada area tengkuk atau leher. Bisa juga menggunakan sisir sikat untuk menyingkirkan sisa rambut yang menempel agar tidak menimbulkan gatal pada bagian tubuh.

7. Keramas dengan shampo

Selesai mencukur rambut, jangan lupa untuk keramas supaya tidak ada sisa rambut kecil dan halus hasil cukur yang menempel. Jika dibiarkan, badan dan area kepal bisa gatal dan merasa tidak nyaman. Bilas rambut dengan air hangat atau langsung mandi dengan air dingin agar badan juga ikut segar. Pastikan juga keramas dengan shampo yang memiliki kandungan alami.

8. Menggunakan lotion atau sooting gel

Setelah selesai keramas atau membilas rambut, gunakan soothing gel atau lotion yang memberikan sensasi dingin serta relaksasi pada kulit kepala sehabis dicukur. Karena biasanya area kulit yang berambut akan terasa kasar ketika dicukur rambut, gunakan krim untuk mengembalikan kelembaban kulit kepala. Contohnya adalah pelembab yang mengandung lidah buaya untuk menjaga area kulit kepala tetap lembut.

Baca juga: Inspirasi Tanpa Batas! 27 Model Rambut Pria Terbaik Sepanjang Masa

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “barbershop home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di barber terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *