Wajib Kamu Ketahui! Ini Dia Hari Baik Untuk Potong Rambut Menurut Kepercayaan

Wajib Kamu Ketahui! Ini Dia Hari Baik Untuk Potong Rambut Menurut Kepercayaan

Memotong rambut menjadi satu kebiasaan setiap orang yang terus dilakukan sepanjang usia. Karenanya, rambut akan terus tumbuh sehingga rambut wajib dipotong dan juga dirawat agar tetap sehat. Makanya wajar, ada banyak tempat potong rambut di mana-mana, yang sudah pasti  jasa pangkas rambut dibutuhkan. Mengenai potong rambut, ternyata ada hari baik potong rambut yang dipercaya oleh beberapa orang. Selain itu juga, tidak jarang menjadi pegangan sebelum memotong rambut karena hari baik ini dipercaya akan membawa keberuntungan tersendiri bila diikuti. 

Ada juga potensi mendapatkan hadiah, kehidupan lebih terang, dan pencapaian jauh lebih besar pada rentang waktu tersebut. Dengan memotong rambut akan membuat semuanya jauh lebih baik. Teori dan kepercayaan Tiongkok kerap memperhitungkan hari baik dan hari buruk dalam hal kehidupan, termasuk dalam hal memotong rambut. Memotong rambut identik dengan anggapan membuang sial sehingga hal ini dianggap perlu untuk dilakukan pada hari-hari tertentu agar bisa melalui hari tidak baik atau mengubah hari buruk menjadi hari baik.

Menurut kepercayaan masyarakat Hindu pada hari rabu merupakan hari yang baik untuk potong rambut. Ini dikarenakan Rabu dikenal sebagai hari Dewa Wisnu, sang shtiti (pemelihara) yang identik dengan hari raya besar Hindu seperti Buda Cemeng dan Buda Kliwon. Kepercayaan ini begitu melekat di hati warga Bali sehingga mayoritas salon dan barber di Bali selalu ramai di Rabu. Jika memotong rambut dilakukan di hari yang baik, niscaya rezeki dan nasib baik akan datang. 

Baca juga: Jarak Ideal Potong Rambut Berapa Lama Sih? Ini Jawabannya

Menurut primbon Jawa untuk urusan hari baik, banyak juga yang masih berpegang pada primbon Jawa. Kitab warisan leluhur Jawa ini masih dipakai sebagai pedoman dalam kehidupan. Tak hanya 1 hari, primbon Jawa menjabarkan kalau potong rambut pada hari tertentu mempunyai nilainya masing-masing.

Senin agar pribadinya lebih alim (pintar) dan fadil (utama). Selasa mendatangkan kebinasaan maka perlu dihindari. Rabu mengundang akhlak buruk, dilarang untuk potong rambut. Kamis mendatangkan rezeki dan kekayaan. Jumat baik untuk manfaat ilmu dan santunan. Sabtu mendatangkan penyakit sehingga tidak dianjurkan potong rambut. Dan  Minggu bisa menghilangkan keberkahan maka dilarang potong rambut.

Jadi hari baik untuk potong rambut menurut Primbon Jawa adalah Senin, Kamis, dan Jumat. Sementara, hari yang dilarang potong rambut adalah Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu. 

Dalam syariat Islam, tidak ada aturan khusus untuk memotong rambut. Namun, dari amalan Sunnah, Jumat dipercaya sebagai hari baik potong rambut. Selain itu, Jumat merupakan hari dengan sejarah penting bagi umat Islam. Lain lagi dengan anjuran hari baik untuk memotong kuku dan rambut dari sudut pandang Islam. Menurut Imam Ibnu Qosim al-Ghazi, hari terbaik untuk memotong kuku adalah Senin, Kamis, dan Jumat. Memotong kuku pada Senin niscaya akan mendatangkan kemuliaan. Memotong kuku pada Kamis mengundang rezeki dan memotong kuku pada Jumat dapat menambah ilmu.

Baca juga: Ragu saat ingin potong rambut saat puasa, simak penjelasan hukumnya menurut islam

Masyarakat Tionghoa yang berpatokan pada Fengshui atau lebih tepatnya penanggalan pada kalender Tiongkok mempercayai bahwa rambut merupakan lambang kehidupan.  Masyarakat Tionghoa dianjurkan memotong rambut pada tanggal baik, yaitu 1, 3, 4, 6, 7, 8, 15, 16, 24, 26, 29, dan 30. Jika dilakukan di hari baik, rezeki pun akan mengalir lancar dan sukses

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja