Ragu Potong Rambut Saat Puasa? Simak Hukumnya Menurut Islam

Ragu Potong Rambut Saat Puasa? Simak Hukumnya Menurut Islam

Bulan yang ditunggu oleh umat muslim sudah tiba yaitu bulan puasa atau Ramadhan. Merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi yang melakukan kebaikan dan ikhlas dalam beramal. Di Bulan ini juga semua umat muslim diwajibkan puasa selama sebulan penuh.  Diwajibkan menahan lapar, haus serta hawa nafsu dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Pernah merasa ragu untuk memotong rambut di bulan ramadhan? Seperti yang diketahui, ada asumsi yang beredar di masyarakat kalau potong rambut saat puasa tidak diperbolehkan. Potong rambut saat puasa ternyata tidak membatalkan puasa. Hal ini sesuai dengan yang diriwayatkan dalam hadits Abi Salamah bin Abdurrahman :

“Bahwa para istri Nabi mencukur rambut mereka sampai seperti wafrah (rambut yang melebihi pundak atau pelipis telinga),” (HR. Muslim: 320)

Pun demikian, tidak ada dalil atau aturan dalam Islam yang menjelaskan memotong rambut saat sedang berpuasa itu haram atau makruh hukumnya. Selain itu juga potong rambut sendiri bukanlah termasuk dalam kegiatan mengundang hawa nafsu yang bisa membatalkan puasa.

Baca Juga: Tips Jitu Memanjangkan Rambut Dengan Cepat Dan Mudah

ada aturan dalam memotong rambut bagi umat Muslim, kita tidak boleh membiarkan rambut dan bulu tertentu pada tubuh kita lebih dari 40 hari. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA yang berbunyi:

“Kita diberi batas waktu dalam mencukur kumis, memotong kuku, membersihkan bulu ketiak dan mencukur rambut kemaluan. Janganlah kita biarkan lebih dari 40 hari.” (HR. Muslim).

ternyata meski diperbolehkan potong rambut saat puasa, namun ada larangan yang membahas mengenai potong rambut bagi Wanita, ada hal-hal yang menyebabkan haramnya memotong rambut bagi mereka.

1. Memotong rambut bertujuan untuk berhias demi orang lain yang bukan mahramnya maka itu termasuk haram.

2. Memotong rambut menjadi pendek sehingga menyerupai laki – laki itu juga termasuk haram.

Untuk potong rambut diperbolehkan  saat sedang berpuasa, namun hendaknya dilakukan sore hari menjelang waktu berbuka. Semoga ibadah puasa kita hari ini diterima dan dijadikan pahala yang berlipat ganda dibulan yang penuh berkah ini. Salam Dkapster


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja