Yuk, Ketahui Cara Menyisir yang Benar Agar Rambut Tidak Rusak

Yuk, Ketahui Cara Menyisir yang Benar Agar Rambut Tidak Rusak

Menjaga tampilan rambut secara baik dengan cara menyisir merupakan rutinitas yang penting. Sebagian orang menganggap menyisir rambut tidak penting yang hanya dilakukan jika akan bepergian ke luar rumah. Pada dasarnya, kebanyakan orang tidak terlalu memikirkan cara menyisir yang benar. Banyak orang cenderung melakukan kesalahan saat menyisir. Menyisir rambut dengan cara yang salah dan keliru dapat mengganggu folikel kulit kepala dan pada akhirnya akan menyebabkan kerontokan hingga kebotakan. Sebagai salah satu perawatan rambut yang dilakukan setiap hari, apakah sudah tepat cara menyisir rambut yang dilakukan selama ini? Untuk mengeceknya, ketahui uraian selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara Menyisir yang Benar Agar Rambut Tidak Rusak

1. Pilih sisir yang sesuai

Penggunaan sisir yang salah bisa menimbulkan kerusakan rambut dan membuatnya semakin kusut. Salah satu cara menyisir rambut yang benar adalah dengan menggunakan sisir rambut yang tepat. Pilihlah sisir sesuai dengan jenis rambut. Untuk rambut lurus, gunakan sisir yang bergigi sempit. Sedangkan bagi pemilik rambut bergelombang, pakai sisir bergigi lebar. Jika mempunyai rambut panjang yang tebal bisa gunakan sisir jenis paddle brush untuk mencegah rambut kusut. Sisir berbahan nylon dengan bantalan karet dapat membantu meminimalisir kondisi rambut yang menempel pada dasar sikat sisir.

Baca juga: Kapster Wajib Tahu Jenis Dan Manfaat Sisir Potong Rambut

2. Selalu gunakan kondisioner saat keramas 

Penggunaan kondisioner ketika keramas tidak hanya membantu melembutkan rambut namun juga bisa memberi perlindungan ekstra ketika akan menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut yang basah lebih rentan patah dibanding kondisi rambut kering. Itu sebabnya, cara menyisir rambut yang benar setelah keramas adalah dengan menyisirnya secara perlahan setelah batang rambut dibilas dari kondisioner. Selain itu, gunakan lagi leave in conditioner atau kondisioner tanpa bilas bilamana rambut masih kusut dan perlu disisir. 

3. Arah menyisir rambut yang baik dan benar

Dalam menyisir rambut, perhatikan arah menyisirnya. Kebanyakan orang mungkin menyisir rambut dari akar sampai ujung rambut. Nyatanya, langkah ini justru bisa memicu rambut kusut bahkan rentan patah. Maka itu, cara menyisir rambut kusut sebaiknya dilakukan mulai dari tengah sampai bawah rambut untuk mengatasi rambut kusut yang umum terjadi pada ujung rambut. Jika sudah, lanjutkan tahapan menyisir rambut mulai dari kulit kepala lalu sisir rambut sampai ujung secara lembut dan perlahan.

4. Kurangi menyisir rambut setiap hari

Kalau rutin menyisir rambut sampai beberapa kali dalam sehari untuk tetap mendapatkan rambut yang halus, ada baiknya pikirkan lagi tindakan tersebut. Menurut American Academy of Dermatology, rambut tidak membutuhkan 100 kali sisiran dalam sehari. Karena itu menyikat terlalu banyak dapat membuat rambut stres dan mengiritasi kulit kepala. Akibatnya, rambut mudah patah dan rontok. Para ahli merekomendasikan agar menyisir rambut cukup dua kali saja dalam sehari, yaitu pagi dan sore. Frekuensi tersebut menjadi cara yang sehat untuk mendistribusikan minyak alami dari kulit kepala ke rambut. Namun harus ingat bahwa minyak alami dapat terdistribusi dengan baik hanya jika melakukannya dengan lembut.

Baca juga: 5 Ciri Ciri Rambut Sehat yang Harus Dipahami dan Cara Merawatnya

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan. Nikmati layanan potong rambut terbaik untuk mendapatkan gaya rambut pria terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *