5 Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Harus Dipahami dan Cara Merawatnya

5 Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Harus Dipahami dan Cara Merawatnya

Memiliki rambut sehat merupakan impian dan idaman bagi semua orang. Untuk mendapatkannya pun tentunya perlu merawat rambut dengan baik. Setelah dirawat dengan baik, pastikan usahanya selama ini harus terbayarkan. Apa pun jenis rambutnya baik ikal, bergelombang, maupun lurus, tentunya perlu mencurahkan perhatian dengan baik dan benar. Bagi wanita, meski rambut tertutup hijab tetap memerlukan perawatan rambut khusus agar selalu tampil segar dan sehat. Lantas, bagaimana mengetahui apakah rambut sudah ternutrisi dengan baik atau belum? Perlu disimak mengamati ciri-ciri rambut sehat berikut ini.

5 Ciri-Ciri Rambut Sehat yang Harus Dipahami dan Cara Merawatnya

1. Berkurangnya rambut rontok

Setiap helaian rambut rontok yang ditemukan sebenarnya adalah hal yang normal. Namun, ketika jumlahnya sudah melebihi batas wajar, itu termasuk ciri-ciri rambut yang rusak. Dikutip dari American Academy of Dermatology, jumlah normal helai rambut yang rontok adalah 50 sampai 100 helai per hari. Siklus pertumbuhan rambut biasanya bertahan dua hingga delapan tahun yang bertujuan untuk menumbuhkan helaian rambut baru. Bila kehilangan dari jumlah yang disebutkan di atas, kemungkinan besar ada masalah pada kulit kepala atau tubuh yang tidak disadari. 

2. Rambut tidak mudah kusut

Rambut yang sehat juga memiliki ciri-ciri yaitu rambut tidak mudah kusut. Jika helaian rambut rusak, rambut akan mudah kusut atau terikat satu sama lain yang menyebabkan rambut menjadi kusut. Bagian kutikula yang rusak dan bergesekan harus dirawat dengan kondisioner. Cara merawat rambut agar tidak mudah kusut adalah dengan menggunakan kondisioner. Untuk melapisi batang rambut dan kutikula menjadi lembut dan helaian rambut menjadi lebih mudah disisir.

3. Rambut mejadi lebih elastis

Selain tampak berkilau, ciri dari rambut sehat lainnya adalah memiliki tingkat elastisitas yang pas. Bagaimana cara mengetahuinya? Pada umumnya, rambut yang memiliki elastisitas yang kuat dapat kembali ke bentuk semula setelah meregang. Jika elastisitas rambut berkurang, rambut akan lebih mudah patah dan menyebabkan kerontokan pada rambut. Untuk mengujinya, basahi rambut terlebih dahulu. Kemudian, ambil satu helai rambut dan tarik atau regangkan rambut. Jika rambut sempat meregang, itu artinya salah satu tanda rambut yang sehat sudah dimiliki.

4. Rambut menyerap nutrisi dengan baik

Kemampuan rambut untuk menyerap kelembapan menjadi indikator bahwa rambut dalam keadaan sehat. Untuk mengujinya, letakkan sehelai rambut di mangkuk berisi air. Jika rambut mengapung, berarti rambut tersebut dipastikan sehat. Dan sebaliknya, jika rambut tenggelam maka rambut tergolong kurang sehat dan butuh perawatan.

5. Rambut sehat dan berkilau

Salah satu ciri rambut sehat yang paling terlihat adalah rambut terlihat berkilau dan terasa lembut. Rutin menggunting tiap ujung rambut akan membebaskan dari rambut bercabang. Bagaimana rambut bisa terlihat berkilau?

Rambut yang berkilau adalah hasil dari kutikula atau lapisan luar rambut yang halus dan merata. Lapisan luar rambut ini memiliki fungsi sebagai pelindung kulit kepala. Untuk mendapatkan rambut yang indah, rutin gunakan kondisioner sesuai aturan.

Baca juga: 7 Kebiasaan Wajib Dilakukan Untuk Memiliki Rambut Sehat

Cara merawat kesehatan rambut

Meski sudah tahu ciri rambut sehat di atas, tetap  perlu melakukan perawatan rambut secara rutin agar hasilnya maksimal. Simak langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat, indah, kuat, dan berkilau. Yaitu keramas satu kali dalam sehari untuk pemilik rambut berminyak. Keramas dua sampai tiga hari sekali dalam seminggu untuk pemilik rambut kering. Berikan pijatan pada kulit kepala saat keramas agar rambut lebih bersih. Pakai kondisioner setelah keramas dengan sampo untuk memperbaiki rambut yang rusak. Terakhir, gunakan pelindung rambut ketika berenang. Tanda rambut yang sehat dapat dilihat dari berbagai hal. Jika merasa rambut sudah mulai kusam, rontok, dan sulit diatur, bisa saja itu pertanda bahwa rambut sudah rusak. Segera lakukan perawatan agar rambut kembali sehat dan kuat.

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat pangkas rambut terdekat. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *