Cara Mengatasi Rambut Lepek Pria yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Rambut Lepek Pria yang Perlu Diketahui

Fenomena rambut lepek masih menjadi permasalahan yang sering dialami oleh para pria. Kondisi rambut yang lepek terlihat kempis dan berminyak jika tidak diatasi dengan baik bisa menimbulkan masalah baru seperti ketombe, rambut kusam, hingga kulit kepala bau apek. Karena itu perawatan rambut untuk pria juga penting dilakukan secara rutin. Tujuannya untuk menjaga kesehatan rambut, mencegah rambut lepek, dan juga membuat tampilan tetap menarik, meskipun saat beraktivitas di rumah. Ketahui juga penyebab rambut menjadi lepek dan cara mengatasi rambut lepek agar pencegahan bisa dilakukan dengan baik. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan tanpa disadari ternyata bisa menjadi penyebab rambut lepek pada pria, yaitu :

  • Malas untuk keramas
  • Cuaca panas dan jalanan berdebu
  • Pola makan yang kurang sehat
  • Terlalu banyak menggunakan produk rambut, seperti pomade, wax dan gel rambut
  • Memilih sampo yang tidak sesuai
  • Menggunakan sisir yang kotor
  • Tidur dengan keadaan rambut basah

Setelah mengetahui penyebab rambut lepek ini, simak juga cara mengatasinya agar rambut bisa lebih sehat dan berkilau.

5 Cara Mengatasi Rambut Lepek Pria yang Perlu Diketahui

1. Atur waktu untuk keramas

Untuk mengatasi rambut lepek, sebaiknya atur waktu keramas setiap dua hari sekali. Dan  jangan keramas setiap hari karena kandungan bahan yang terdapat pada shampo akan merangsang kulit kepala untuk memproduksi minyak atau sebum lebih banyak. Jika dilakukan terlalu sering maka produksi minyak di kulit kepala menjadi tidak terkontrol serta menyebabkan rambut lepek.

2. Gunakan helm dalam kondisi kering serta bersih

Bagi pria yang selalu berkendara menggunakan sepeda motor, pastikan rambut dan helm yang akan digunakan dalam kondisi bersih dan kering. Bisa juga melapisinya dengan hair cap sebelum memakai helm agar rambut tetap bersih dan tidak lembab.

3. Penggunaan dry shampoo

Jika kondisi mendesak dan tidak memungkinkan untuk keramas, dry shampoo merupakan pilihan tepat mengatasi rambut lepek. Jangan lupa untuk segera mencuci rambut hingga bersih menggunakan sampo khusus pria ketika berada di rumah agar rambut jadi bersih dan sehat.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Kulit Kepala Mengelupas

4. Mengganti gaya rambut

Mengganti gaya rambut dipercaya bisa mengatasi rambut lepek para pria. Anda bisa mengganti belahan rambut atau mengubah gaya potongan rambut yang belum pernah dicoba sebelumnya. Selain bisa membuat tampilan jadi lebih segar, cara ini juga bisa dilakukan untuk menghindari rambut lepek.

5. Pilih sampo yang sesuai dengan kondisi rambut

Anda sebaiknya lebih teliti dalam memilih produk sampo yang akan dipakai terutama bagi yang memiliki masalah rambut lepek. Pilih sampo untuk jenis rambut lepek dengan kandungan bahan yang sanggup menutrisi kulit kepala, membantu membersihkan kotoran, dan mengontrol produksi sebum di kulit kepala. Setelah keramas, pastikan untuk membilasnya hingga bersih agar tidak ada sisa sampo yang menempel dan menimbulkan masalah pada rambut.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja