Wajib Diketahui, 7 Penyebab Kebotakan pada Pria dan Cara Mengatasinya

Wajib Diketahui, 7 Penyebab Kebotakan pada Pria dan Cara Mengatasinya

Ketika rambut mulai sering rontok, kebanyakan pria mungkin khawatir akan mengalami kebotakan yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri. Kebotakan dapat terjadi pada siapa saja, meskipun seringkali dialami oleh orang yang berusia 50 tahun. Cara mengatasi kebotakan akan disesuaikan berdasarkan penyebabnya. Penyebab kebotakan rambut itu beragam mulai dari faktor keturunan hingga penyakit tertentu. Rambut rontok parah dapat menyebabkan kebotakan dan terkadang kebotakan membentuk pola tertentu, misalnya menyerupai huruf M apabila kebotakan hanya terjadi di daerah pelipis, atau berbentuk bulat apabila terjadi di puncak kepala. 

Sekitar 100 helai rambut akan rontok setiap hari tetapi tidak menyebabkan kebotakan, karena rambut baru akan tumbuh disaat bersamaan. Kebotakan akan terjadi ketika pertumbuhan rambut mengalami gangguan atau folikel rambut rusak. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kebotakan, yaitu faktor genetik atau keturunan, perubahan hormon, kondisi atau penyakit tertentu, infeksi jamur pada kepala, pasca pemulihan operasi atau sakit berat, efek samping obat atau suplemen tertentu, stres berat dan penggunaan produk perawatan rambut tertentu. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi kebotakan, mari simak ulasannya dibawah ini.

7 Penyebab Kebotakan pada Pria dan Cara Mengatasinya

Aplikasi Pangkas Rambut Online
Image: Istock

1. Mengurangi stres

Satu cara untuk mencegah kerontokan rambut adalah mengurangi dan meredakan tingkat stres. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan peradangan di dalam tubuh dan mempengaruhi hormon sehingga dapat menyebabkan kebotakan pada rambut. Selain itu, adanya kebotakan disebabkan oleh gangguan psikologis seperti depresi. Untuk membantu mengatasi kebotakan terkait masalah psikologis, tentunya dibutuhkan konseling dengan psikiater atau psikolog.

2. Transplantasi rambut

Transpalasi rambut dilakukan dengan cara memindahkan rambut dari area yang subur untuk kemudian ditanamkan ke area kepala yang botak. Metode ini bersifat permanen dan terlihat alami namun membutuhkan biaya yang cukup mahal. Untuk mengetahui penyebab pasti dari kerontokan rambut dan kebotakan, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. Dokter akan menilai parah tidaknya kerontokan rambut, melihat pola kebotakan, serta melakukan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah dan biopsi kulit kepala untuk menentukan penyebab kebotakan. Setelah penyebabnya diketahui, dokter akan membantu menentukan langkah penanganan yang terbaik untuk mengatasinya.

3. Ganti produk perawatan rambut

Kerontokan rambut bisa terjadi akibat produk perawatan terjadi karena bahan kimia dan terperangkap di dalam folikel. Hal tersebut dapat mencegah munculnya rambut ke permukaan. Selain sampo, kondisioner atau vitamin rambut, pria tidak disarankan menggunakan gel rambut berlebihan karena akan membuat tatanan rambut kurang rapi dan terlalu basah.

Baca juga: 7 Cara Menumbuhkan Rambut Botak Dengan Mudah

4. Kurangi penggunaan alat catok rambut

Pelurus, pengering rambut, hingga sisir yang bergigi rapat dapat membuat kerontokan dan kebotakan rambut menjadi lebih parah. Oleh karenanya, disarankan untuk menghindari penggunaan alat catok rambut secara berlebihan. Hindari juga sering keramas dan menyisir rambut yang masih basah karena dapat menyebabkan kerontokan. 

5. Gunakan minyak alami pada rambut

Minyak peppermint berfungsi membantu pertumbuhan rambut dan minyak rosemary banyak juga digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut baru. Minyak kelapa juga banyak dipakai oleh orang tua sejak dahulu untuk perawatan rambut. Penggunaan minyak kelapa merupakan cara alami untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, tebal, dan hitam alami. Vitamin dan asam lemak pada kandungan minyak kelapa menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum pada folikel rambut. 

6. Pijat kulit kepala secara lembut

Memijat kulit kepala tidak cuma memberi efek menenangkan namun bisa membantu mengatasi kebotakan. Memijat kulit kepala juga dapat merangsang folikel rambut atau akar rambut. Lakukan pijatan di kulit kepala dengan lembut dan benar setiap hari. Bisa dilakukan saat keramas atau di waktu luang. berikan juga minyak alami untuk merangsang tumbuh rambut seperti minyak kelapa, jojoba, zaitun.

7. Konsumsi asupan nutrisi yang cukup

Tambahan asupan protein, asam lemak omega-3, zat besi, biotin, vitamin B6, vitamin B12, serta vitamin D penting untuk menjaga kesuburan dan kekuatan rambut. Nutrisi tersebut dapat dipenuhi dengan mengonsumsi daging, ikan, telur, susu, dan kacang kedelai setiap hari. Jangan lupa untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat setiap hari, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, gandum utuh, dan daging tanpa lemak untuk mencukupi kebutuhan tubuh ketika beraktivitas. 

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Rambut

Gunakan aplikasi pangkas rambut online DKapster untuk kemudahan dalam mencukur rambut karena kami memberikan layanan cukur terbaik dari kapster yang berpengalaman. Bercukur rambut dengan DKapster bisa kapan pun dan dimana pun. Alat cukur yang bersih dan steril menjadikan kenyaman dan keamanan saat akan bercukur. Nikmati sensasi cukur rambut A la sultan cukup dari genggaman.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *