Larangan dan Hukum Mengecat Rambut Dengan Warna Hitam

Larangan dan Hukum Mengecat Rambut Dengan Warna Hitam

Setiap orang tentu ingin tampil dengan penampilan terbaik.  Mungkin saat ini setiap orang berlomba untuk tampil cantik dengan mengikuti berbagai tren, salah satunya mengecat rambut. Namun, bagaimana hukum mengecat rambut dalam ajaran islam?

Rasulullah SAW telah bersabda :

“Sesungguhnya orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak menyemir uban mereka, maka selisilah mereka.” (Muttafaqun ‘alaihi, HR. Bukhari dan Muslim).

Di riwayat lain, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, diceritakan bahwa saat Fathul Makkah, ayah Abu Bakar Ash-Shiddiq, Abu Quhafah, datang dengan rambut yang telah putih beruban. Jabir berkata:

”Pada hari penaklukan Makkah, Abu Quhafah (ayah Abu Bakar) datang dalam keadaan kepala dan jenggotnya telah memutih (seperti kapas, artinya beliau telah beruban). Lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tetapi hindarilah warna hitam.” (HR. Muslim).

Perbuatan ini adalah termasuk ajaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu merubah uban dengan warna selain hitam. Adapun merubah uban tadi dengan warna hitam, benar hal ini termasuk perbuatan yang diharamkan.

Baca Juga: Ragu Potong Rambut Saat Puasa? Simak Hukumnya Menurut Islam

Berikut ini kesimpulan hukum yang telah dirumuskan oleh para ulama terkait mengecat rambut dengan warna hitam:

  1.     HARAM, menurut pendapat Hanabilah dan sebagian Syafiiyyah.
  2.     MAKRUH, jika tidak untuk menipu. Ini pendapat Syafi’iyyah, Malikiyyah dan Hanafiyyah
  3.     BOLEH dengan syarat tidak untuk menipu.

Dari berbagai ulasan di atas, maka sebaiknya kita menghindari penggunaan warna hitam untuk mewarnai rambut yang beruban, seperti yang telah disebutkan dengan jelas dalam hadits Rasulullah SAW. Jika ingin mengecat rambut, pastikan bahwa bahan pewarna rambut itu tidak menghalangi kulit rambut untuk menyerap air. Karena jika demikian, ini akan membuat wudhu jadi tidak sah karena air tidak dapat menyerap ke kulit rambut. 

Guna menghindari penipuan karena akan ada orang yang salah sangka dengan kita. Biarkan rambut sehat dan berkilau dengan semestinya, jaga selalu mahkota nya dengan baik dan sepenuh hati. Salam Dkapster


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja