Mengenal Sejarah Dan Variasi Gaya Rambut Man Bun

Mengenal Sejarah Dan Variasi Gaya Rambut Man Bun

Sekilas memang terlihat mirip seperti tampilan rambut perempuan yang dicepol, Namun kini cepolan rambut ini ternyata banyak juga digunakan pria. Kini tidak ada yang melarang pria untuk punya rambut panjang dan juga mengikatnya. Meski lebih dikenal dengan gaya rambut man bun, sebenarnya model rambut panjang ini punya istilah lain, yaitu hipster bun atau top knot.

Sejarah Gaya rambut Man Bun

Dilihat dari sejarah, man bun sebenarnya bukanlah tren baru. Mengutip Buzz Feed, sejak zaman dahulu sudah banyak pria yang memiliki rambut Panjang dan mengikat rambutnya ke atas. Pada Abad ke-3 sebelum Masehi, tentara Terra Cotta juga mengikat rambut panjangnya ke atas. Kemudian Tahun 1825 Pangeran Okundaira juga ber-man bun.

Pada tahun 200 SM, tentara terakota dari Dinasti Qin, Cina, menggunakan gaya rambut ini untuk berperang. Di Korea gaya rambut man bun ini dikenal sebagai ‘Sangtu’, yaitu  sebagai penanda status pernikahan seorang pria pada zaman dinasti Joseon. Di Jepang, model  rambut man bun dikenal dengan istilah chonmage, yang masih digunakan oleh para atlet sumo hingga saat ini.

Dari masa ke masa, model rambut ini terkenal sebagai honourable hairstyle. Nilai-nilai tradisional dari gaya cepol pria sekarang sudah bergeser jadi lebih modern dan bisa digunakan sebagai gaya sehari-hari.

Baca juga: 10 cara menumbuhkan rambut di jidat secara alami. Bye Jenong!

Gaya rambut man bun

1. Half man bun

Jika terlalu repot untuk mengikat seluruh rambut, bisa juga dikuncir Sebagian atau setengahnya. Model rambut ini cocok untuk yang memiliki wajah chubby.

2. Baby man bun

model rambut man bun yang satu ini hanya membutuhkan sedikit rambut untuk dibuat cepol. Bisa juga untuk yang memiliki rambut bergelombang pendek, bisa juga dikombinasikan dengan model undercut.

Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok Berlebihan dan Tips Jitu Mengatasinya

3. Messy man bun

Gaya rambut ini cocok untuk yang tidak suka dengan kerapihan, dipadukan dengan setelan formal dan juga kasual akan menambah kesan macho.

4. Top knot

Salah satu gaya rambut yang cukup simple dan dijamin anti gerah. Cocok juga dengan potongan undercut, biar tampilan makin keren.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Model Rambut yang Cocok Untuk Lebaran

5. Slicked man bun

Jika untuk menghadiri acara formal dan juga santai, bisa juga menggunakan model rambut ini. Bisa menarik perhatian karena rapi dan juga bikin tampilan chic.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Download Sekarang

Tersedia di Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja