8 Cara Ampuh Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat Untuk Pria

8 Cara Ampuh Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat Untuk Pria

Setiap pria pastinya memiliki jenis rambut yang berbeda dan membutuhkan proses secara bertahap dalam mengatasi masalah pertumbuhan rambut. Pada banyak kasus, rambut biasanya tumbuh mulai dari seperempat inci hingga setengah inci dalam waktu satu bulan. Itupun tergantung ukuran pada kulit kepala sehat tanpa ujung rambut yang bercabang. Lebih tepatnya tidak ada persamaan matematis yang membuat rambut tumbuh lebat dan terlihat menakjubkan secara instan dan juga cepat. Berikut cara menumbuhkan rambut dengan cepat dan alami untuk pria.

8 Cara Ampuh Menumbuhkan Rambut Dengan Cepat Untuk Pria

1. Menggunakan minyak esensial

Caranya adalah dengan mencampurkan minyak biji labu dengan minyak jojoba untuk mendapatkan manfaat menumbuhkan rambut secara alami. Minyak esensial lain yang juga memiliki fungsi merangsang pertumbuhan rambut ialah minyak rosemary dan peppermint. Dan jangan lupa untuk menghindari meneteskannya secara langsung pada kulit untuk menghindari terjadinya iritasi. Minyak lain yang bisa menjadi pilihan untuk digunakan bersamaan dengan minyak esensial yaitu minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak jarak.

2. Kurangi pemakaian shampo

Shampoo berfungsi untuk membersihkan kotoran dan residu dari penumpukan produk. Tetapi, busa shampo juga dapat mengurangi minyak alami rambut yang berfungsi untuk memberikan kilau dan kelembutan alami. Sebaiknya keramas dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Teknik ini bertujuan agar minyak alami rambut tetap terjaga dan rambut makin sehat dan kuat.

3. Pilih handuk microfiber

Membungkus rambut dengan handuk kasar tentunya akan membuat helai rambut patah. Penggunaan handuk microfiber lembut adalah pilihan terbaik untuk mencegah rambut kusut setelah selesai berkeramas. Semakin halus handuk, maka rambut akan tetap terjaga dan lebih cepat kering dan menghindari patah.

4. Menggunakan kondisioner

Kondisioner bermanfaat untuk membuat rambut sehat dan lebih terjaga. Lipid dan protein yang ditemukan di batang rambut dapat dipulihkan setiap memakai kondisioner. Keduanya membantu menyegel kutikula untuk membantu mencegah lebih banyak kerusakan yang terjadi. Walhasil, pertumbuhan rambut akan lebih cepat dan membuatnya terlihat lebih sehat.

5. Menggunakan masker rambut

Menggunakan masker rambut untuk menjaga kelembaban setidaknya sekali dalam seminggu. Bisa membuat masker rambut sendiri di rumah, atau membeli yang sudah jadi saja agar lebih praktis. Jika ingin membuat masker sendiri, berikut langkah-langkahnya. Persiapkan 1 cangkir minyak kelapa mentah yang diencerkan, tambahkan satu sendok makan minyak jojoba, serta satu sendok makan macadamia. Minyak tersebut sangat bagus untuk mendorong pertumbuhan rambut. Gunakan ketika rambut dalam keadaan kering dan biarkan hingga 10 menit kemudian bilas menggunakan shampo hingga bersih.

6. Cukupi kebutuhan nutrisi dan vitamin

Memastikan makanan bergizi sebagai nutrisi untuk rambut turut membantu pertumbuhan rambut dengan baik. Beberapa zat gizi dalam makanan yang membantu mengurangi rambut rontok terdapat pada kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond, ikan laut seperti salmon, tuna, dan sarden. Buah dan sayuran hijau seperti alpukat dan bayam merupakan beberapa sumber asam lemak omega-3. Asam lemak omega-6 lebih banyak terdapat pada kacang-kacangan, seperti kedelai, almond, dan juga kacang mede. 

Untuk mencukupi kebutuhan asam lemak esensial keduanya, Anda dapat mengkonsumsi suplemen. Selain dikenal akan manfaat yang bisa menjaga stamina tubuh, efek antioksidan vitamin C juga dapat menjaga kekuatan dan kilau alami rambut. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen rambut. Dapatkan asupan vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk dan nanas, atau dari suplemen.

Baca juga: 5 Pilihan Makanan Sehat yang Baik Untuk Kesehatan Rambut

7. Konsumsi protein

Protein membantu rambut tumbuh dengan sehat dan membuatnya terlindung dari kerusakan akibat produk kimia dan polusi lingkungan. Konsumsi makanan yang mengandung protein, seperti telur, kacang-kacangan, dan yogurt. Ini baik untuk kesehatan rambut karena didukung protein yang cukup untuk kebutuhan tubuh dan juga rambut. Rambut tentunya akan sehat terawat.

8. Mencukur rambut secara rutin

Ujung rambut pastinya akan selalu terlihat lebih sehat ketika dicukur secara rutin. Memanjangkan rambut bukan berarti membiarkan terus memanjang dan tidak pernah dipotong. Meski tidak ada jaminan untuk pertumbuhan rambut yang cepat, mencukur rambut akan menghindari rambut rontok serta patah dan rusak. Mencukur ujung rambut juga dapat mencegah rambut bercabang. Jika ujung rambut tidak dipotong secara berkala, kemungkinan besar rambut akan lebih pendek dari biasanya karena rambut mudah patah. Biarkan tukang cukur mencukur ujung rambut kamu setiap 4 sampai 6 minggu untuk mencegah ujung rambut bercabang yang membuat lambatnya pertumbuhan rambut baru.

Baca juga: Jarak Ideal Potong Rambut Berapa Lama Sih? Ini Jawabannya

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat cukur rambut terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *