Jenis dan Manfaat Serum Rambut Untuk Pria Beserta Cara Pakainya

Jenis dan Manfaat Serum Rambut Untuk Pria Beserta Cara Pakainya

Sama halnya dengan kulit wajah, rambut juga butuh perawatan khusus agar tidak rusak. Kerusakan rambut biasanya terjadi karena penggunaan alat styling rambut. Nah, agar tidak rusak, rambut juga butuh serum loh. Serum rambut punya banyak manfaat, salah satunya menyehatkan batang rambut dan melindunginya dari kerusakan.  Nah, agar manfaatnya lebih efektif, pastikan kamu menggunakannya dengan cara yang baik dan tepat. 

Serum rambut juga punya berbagai bentuk dan jenis loh. Ketahui perbedaannya yuk!

Jenis-jenis Serum Rambut

1. Hair Serum

Serum merupakan produk untuk melembabkan rambut yang berbahan dasar silikon. Produk ini sengaja dirancang untuk melindungi rambut dari paparan panas alat styling, polusi udara, ataupun saat sedang proses styling. 

2. Hair Oil

Berbeda dengan serum rambut, hair oil berfungsi untuk menutrisi inti rambut karena formulanya bisa menembus ke dalam kutikula dan mengubah struktur rambut. Hair oil biasanya mengandung minyak kelapa, argan oil, bahkan sunflower oil. 

3. Hair Vitamin

Hair vitamin memiliki gabungan kandungan dari Hair Serum dan Hair Oil. Berbeda dengan Hair serum maupun hair oil. Hair Vitamin ada yang berbentuk spray ataupun kapsul berisi minyak.

4. Hair Tonic

Hair tonic bertekstur cair dan lebih cepat meresap. Hair tonic lebih mengutamakan untuk perawatan kulit kepala untuk mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat dan lebat.

Baca juga: 6 Rekomendasi vitamin rambut yang bagus dan sehat

Manfaat Serum Rambut Untuk Pria

Lalu, apa sih manfaat serum untuk Rambut?

1. Melindungi Rambut Dari Polusi dan Sinar Matahari

Sinar UV membuat rambut menjadi rusak karena pengaruh dari radikal bebas. Nah, karena hal inilah kamu perlu menggunakan serum rambut. Silikon, asam amino, dan ceramide merupakan bahan dasar dari hair serum yang dapat melapisi dan melindungi batang rambut. Selain melindungi, hair serum juga berfungsi untuk melembabkan dan melembutkan rambut.

2. Mengembalikan Kesehatan Rambut

Asam amino dan ceramide adalah lemak yang dapat melumasi bagian batang-batang rambut yang mulai rusak akibat proses styling dan paparan bahan kimia. Untuk itu, penggunaan serum dapat mencegah kerusakan rambut yang berkelanjutan.

3. Membuat Rambut Berkilau

Rambut kusam dan tidak bercahaya merupakan tanda-tanda rambut kamu tidak sehat. Penggunaan serum memberikan efek kilau pada rambut, sehingga terlihat lebih sehat.

4. Melindungi Rambut Dari Panasnya Alat Styling

Sering memakai alat styling rambut seperti hairdryer, flat iron, atau curling wand? nah, kamu wajib banget nih menggunakan serum rambut untuk mendapatkan manfaat perlindungan bagi batang rambut.

5. Mengurangi Risiko Rambut Patah.

Rambut kering dan rusak cenderung akan mudah patah saat disisir. Dengan memakai hair serum secara teratur setelah keramas, akan membuat helaian rambut menjadi lebih halus saat disisir dan mengurangi kerontokan pada rambut.

Baca juga: Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

6. Mengatasi Rambut Kusut dan Mengembang

Punya rambut kusut, mengembang dan sulit diatur? Penggunaan serum pada rambut akan membantu menjaga kelembaban, sehingga rambut menjadi mudah diatur.

7. Melembutkan Rambut Kasar

Rambut kasar dan bercabang merupakan tanda dari rambut kamu sudah rusak. Nah, serum rambut bisa mengatasi masalah ini.

8. Menguatkan Akar

Serum yang berupa tonik berfungsi untuk memberikan nutrisi pada akar rambut sehingga lebih kuat. Serum yang satu ini mirip dengan konsentrat, sehingga lebih meresap dan bekerja langsung pada akarnya.

9. Menumbuhkan Rambut

Serum jenis ini bisa memperbaiki kesehatan kulit kepala dan menutrisi akar rambut sehingga rambut lebih mudah tumbuh. Gunakan serum secara rutin untuk mendapatkan hasil rambut yang lebih sehat.

Cara Menggunakan Serum Rambut

Agar dapat bekerja dengan maksimal, begini cara menggunakan serum rambut yang benar. Yuk ikuti!

1. Mulai Dari Ujung Rambut

Cukup aplikasikan di batang rambut mulai dari ujung hingga ketengah. Penggunaan serum di kulit kepala akan membuat rambut lepek dan berminyak.

2. Gunakan Secukupnya

Tuangkan serum secukupnya agar rambut tidak terlihat berminyak dan lepek.

3. Tidak Perlu Dibilas

Menggunakan serum pada rambut tidak perlu dibilas. Biarkan serum menyerap dengan sempurna sebelum melakukan styling menggunakan flat iron ataupun hairdyer.

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

4. Bisa Digunakan Pada Rambut Basah

Serum dapat bekerja lebih maksimal jika digunakan dalam keadaan rambut setengah kering. Caranya, tuangkan serum pada telapak tangan, gosok-gosok, dan ratakan pada rambut mulai dari ujung hingga atas, lalu keringkan.

5. Ratakan Tanpa Menggosok Rambut

Jangan menggosok rambut untuk meratakan serum. Menggosok rambut terlalu keras akan membuat rambut mnejadi rusak, rapuh, dan patah.

6. Gunakan Sebelum Styling Rambut

Gunakan serum terlebih dahulu dan pastikan bahwa serum sudah meresap sebelum melakukan styling rambut menggunakan flat iron, hairdryer, ataupun curly iron. 

Yuk gunakan serum dengan benar agar dapat manfaatnya bagi rambut kita.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja