Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Bagi Sebagian orang memiliki rambut kering bisa menjadi masalah yang berarti. Ternyata penyebab rambut kering bisa beragam, mulai dari gaya hidup, stress, sampai gangguan hormonal. Dan dengan bertambahnya usia, rambut juga rentan terjadi kerontokan akibat folikel rambut yang menurun. Salah satu penyebab rambut kering adalah kurangnya produksi minyak yang berfungsi untuk melembabkan rambut. Lapisan luar rambut akan mengelupas sehingga membuat rambut frizzy, kusam, dan mudah patah karena kekurangan minyak.

Ada beberapa hal lain juga yang bikin rambut kering dan tidak sering juga mengembang adalah terlalu sering keramas yang menyebabkan minyak alami rambut berkurang, mengeringkan rambut dengan blow terlalu sering dan beberapa hal lainnya. Berikut ini adalah cara mengatasi penyebab rambut kering dan mengembang.

Cara Mengatasi Rambut Kering

1. Jangan keramas atau cuci rambut terlalu sering

karena akan menyebabkan rambut cepat kering dan juga rusak. Sebaiknya mencuci rambutnya di beri waktu, misalnya 2 kali dalam seminggu.

2. Menggunakan shampo yang tepat dan sesuai

Gunakan shampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan juga rambut mengembang. Untuk mempertahankan kelembaban dan kadar air di kulit kepala, bisa memilih shampo yang mengandung dimethicone. Memilih shampo yang mengandung zinc pyrithione dan menthol. Selain bisa mencegah dan mengatasi ketombe, kedua kandungan ini juga bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal, mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala. Jangan lupa gunakan kondisioner setelah keramas dan membuat kutikula rambut tetap sehat dan kadar minyak alami di rambut tetap terjaga.

3. Gunakan minyak alami

Selain kondisioner, bisa juga mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering. Minyak zaitun adalah salah satu minyak alami yang bisa menjaga kelembaban, melembutkan dan menguatkan rambut hingga ke akar. Ada juga minyak kelapa dan minyak almond yang bisa membantu melindungi rambut dan membuatnya tetap terjaga.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hair Care Untuk Rambut Rontok

4. Gunakan alat styling rambut seperlunya

Batasi penggunaan alat styling rambut, seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberikan panas ke rambut. Jika terlalu sering maka rambut akan cepat rusak dan juga rontok dikarenakan penggunaan yang berlebihan.

5. Rutin konsumsi makanan sehat

Selain perawatan dari luar, perlu juga perawatan dari dalam. Seperti mengkonsumsi makanan sehat yang baik bagi tubuh. Contohnya ikan salmon yang membantu rambut sehat dan berkilau. Serta sayur bayam yang mampu mengatasi rambut rapuh, serta buah jambu biji yang bisa mencegah rambut rusak.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja