Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Mengaplikasikannya

Manfaat Santan Untuk Rambut dan Cara Mengaplikasikannya

Selama ini kita mengenal santan sebagai bahan masakan yang membuat cita rasa makanan menjadi gurih. Tahukah bahwa manfaat santan untuk rambut ternyata cukup banyak?

Di artikel ini kami akan membahas manfaat santan untuk rambut yang bisa diterapkan sehari-hari. Mulai dari melembabkan hingga mendorong pertumbuhan rambut baru, silahkan dipilih manfaat yang paling diinginkan untuk saat ini.

Tujuh manfaat santan untuk rambut

1. Melembabkan rambut

Rambut kering dan rusak? Cobalah menggunakan santan untuk melembabkannya. Penyebab rambut kering adalah berkurangnya produksi minyak agar bisa melembabkan rambut. Karena kekurangan minyak inilah lapisan luar rambut menjadi terkelupas sehingga rambut berubah kusam dan kering. Santan dapat menjadi solusi sebab mengandung asam lemak dan beragam vitamin, seperti vitamin C dan E. Kandungan itulah yang berfungsi melembabkan dan mengatasi kulit kepala kering.

2. Menguatkan kutikula rambut

Kutikula rambut adalah bagian terluar dari rambut yang berfungsi melindungi rambut dari kerusakan. Santan sanggup memperkuat kutikula rambut sebab kaya dengan asam laurat. Asam laurat memang bertugas memperkuat kutikula rambut. Dengan kutikula yang kuat, rambut tidak gampang rontok.

3. Membuat rambut kilau alami

Manfaat santan untuk rambut berikutnya adalah mengembalikan kilau rambut alami. Ini dimungkinkan dengan fungsi santan untuk mengisi kembali keratin, yang merupakan protein sebagai pengisi batang rambut agar sehat dan mengkilap. Keratin adalah zat yang diproduksi oleh rambut secara alami tetapi berbagai faktor membuatnya berkurang. Contoh faktor tersebut adalah paparan sinar ultraviolet dan penggunaan alat penataan rias secara berlebihan.

Santan sarat dengan protein untuk meraih kembali keratin. Idealnya, gunakan santan sekali atau dua kali seminggu dan sampo keratin setiap harinya.

4. Membantu menghilangkan ketombe

Ketombe memang menyebalkan! Rambut yang sudah tertata rapi menjadi tampak kurang menarik lantaran ketombe yang menempel di baju. Jika ingin memilih cara alami, cobalah santan yang mengandung vitamin E, vitamin B, dan asam lemak. Bahkan, santan juga mengandung zat anti bakteri untuk melawan jamur penyebab ketombe.

Bisa juga memadukan bahan alami dari kelapa dan ekstrak beras. Penggunaan keduanya ampuh melawan ketombe. Kelapa tersohor sebagai bahan pengusir ketombe sedangkan ekstrak beras dapat membersihkan ketombe penyebab bau dan menghilangkan kotoran pada kulit kepala.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


5. Mendorong tumbuhnya rambut baru

Yang terakhir, manfaat santan untuk rambut adalah merangsang pertumbuhan rambut yang baru. Hal ini dimungkinkan berkat kandungan protein dan minyak esensial di dalamnya. Protein di dalam santan berguna untuk melapisi batang rambut sehingga menguatkannya. Dengan kulit kepala yang tangguh, rambut menjadi lebih sehat dan tidak gampang rontok.

6. Mengurangi potensi munculnya uban

Masih berumur 20an tahun namun sudah muncul uban? Jika iya, perlu diketahui penyebab rambut beruban di umur yang masih muda. Salah satunya, adanya sel melanocytes atau zat penghasil melanin berhenti berfungsi. Zat inilah yang bertugas memberikan pigmen gelap pada rambut. Solusinya, berikan asupan vitamin B12 yang cukup. Selain itu, gunakan santan yang mengandung vitamin B, C, dan E, yang berguna memperlambat proses penuaan dini, sebagaimana tampak pada banyaknya uban pada usia yang relatif masih muda.

7. Memangkas rambut bercabang

Rambut bercabang merupakan salah satu ciri rambut kurang sehat. Penyebabnya bisa dari kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kencang hingga efek pemakaian bahan kimia saat mewarnai rambut. Santan dapat menjadi solusinya sebab didalamnya terkandung asam lemak sebagai bahan pelembab alami.

Baca juga: Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Lima teknik memakai santan

Setelah mengetahui manfaat santan untuk rambut di atas, berikut lima metode pemanfaatannya:

1. Pakai secara langsung

Punya santan di kulkas? Langsung saja pakai dengan takaran seperempat cangkir santan. Tetapi, hangatkan terlebih dahulu di dalam panci. Lalu, dinginkan dan balurkan ke seluruh rambut. Diamkan selama 30 menit lalu tutup rambut dengan shower cap. Barulah cuci rambut memakai sampo. Untuk hasil terbaik, lakukan seminggu sekali. Semoga dengan cara sederhana ini, folikel rambut menjadi lebih kuat dan kulit kepala lebih subur.

2. Membubuhkan lemon

Lemon terkenal dengan kandungan vitamin C yang berfungsi mengatasi jamur yang menyebabkan ketombe. Untuk takarannya, cukup empat sendok makan santan kelapa sedangkan perasan jeruk lemon cukup dua sendok makan.

Untuk membuatnya, campurkan dua bahan tersebut lalu taruh di kulkas sekitar empat jam. Setelahnya, masker santan dan jus lemon tersebut bisa dioleskan ke seluruh rambut lalu tunggu selama 45 menit. Bilas hingga bersih.

3. Menaruh madu

Madu juga kaya dengan berbagai zat baik, seperti anti oksidan, anti bakteri, dan anti jamur. Sebagai emollient alamiah, madu dapat melembabkan dan menyuburkan rambut. Untuk menggunakannya, pertama-tama siapkan empat sendok makan santan dan dua sendok makan madu murni.

Campurkan bahan tersebut lalu oleskan pada rambut dari akar hingga ujungnya. Pijat ringan agar nutrisi cepat meresap pada rambut. Bungkus dengan shower cap, diamkan selama satu jam kemudian bilas hingga tidak bersisa madu dan santannya.

4. Memakai lidah buaya

Santan dan lidah buaya merupakan perpaduan maksimal untuk merawat dan menyuburkan rambut. Lidah buaya sudah lama dikenal bagus untuk rambut sebab mengandung vitamin B12 dan asam folat yang sangat baik untuk mengurangi rambut yang rontok.

Siapkan bahan berupa  tiga sendok makan santan kelapa, satu sendok makan gel lidah buaya, dan satu genggam daun kemangi untuk membuat masker santan dan lidah buaya. Blender semua bahan lalu oles ke rambut sambil memijatnya selama beberapa menit. Kemudian, diamkan selama 30 menit lalu gunakan shower cap untuk membungkusnya. Gunakan air hangat untuk membilasnya. Dengan cara yang sama, lakukan dua minggu sekali untuk memperoleh hasil terbaik.

5. Memakai putih telur

Dengan protein dan vitamin B, putih telur sanggup menjaga kekuatan rambut dan keratin agar terus utuh. Pertama-tama, siapkan satu butir telur dan ambil putihnya saja dan lima sendok makan santan kelapa. Kemudian, kocok dan campurkan dengan santan kelapa lalu oleskan ke kulit kepala dan batang rambut. Gunakan shower cap untuk membungkus lalu diamkan selama 30 menit. Gunakan sampo untuk membersihkan dan air bersih untuk membilasnya.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Merawat Rambut

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *