Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Rambut dan Cara Memakainya

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Rambut dan Cara Memakainya

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan mungkin sudah diketahui sejak lama dan banyak orang yang sudah tahu. Namun, bagaimana dengan manfaat daun jambu biji untuk rambut dan kulit kepala? Ya, manfaat daun jambu biji untuk rambut begitu melimpah. Khasiatnya untuk rambut yaitu dapat membersihkan kulit kepala, mempercepat pertumbuhan rambut, hingga mengatasi rambut bercabang.

Daun jambu biji memiliki zat gizi dan senyawa yang berpotensi menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Inilah beberapa manfaat kandungan daun jambu untuk rambut dan cara memakainya.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Rambut

1. Mengatasi masalah rambut rontok

Manfaat yang pertama dari daun jambu biji untuk rambut yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Rambut rontok biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat. Khasiat dari daun jambu biji untuk rambut rontok berasal dari senyawa antiradang, antibakteri, dan antioksidan yang mampu menjaga kesehatan kulit kepala. 

2. Mampu mengurangi ketombe

Satu penyebab ketombe adalah infeksi jamur Malassezia. Daun jambu biji mengandung senyawa flavonoid atau tepatnya quercetin. Senyawa ini bersifat antijamur yang bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Sebab itu, penelitian dan produk sampo yang didalamnya mengandung ekstrak daun jambu biji sudah mulai dikembangkan.

3. Mempercepat pertumbuhan rambut

Kandungan vitamin C yang ada pada daun jambu biji mampu merangsang pertumbuhan dermal papila atau salah satu lapisan khusus yang menyusun struktur rambut. Kandungan ini mempercepat pemanjangan batang rambut. Vitamin C pun mempercepat peralihan fase istirahat rambut (telogen) menuju fase pertumbuhan rambut atau anagen. 

Baca juga: 5 Cara Menguatkan Akar Rambut Agar Rambut Tidak Rontok

4. Mengurangi rambut lepek

Dikutip dari Journal of Cosmetic Dermatology pada 2019, daun jambu biji kaya dengan senyawa tannin yang bersifat antisebum atau mengurangi minyak alami kulit. Kandungan tannin yang terdapat dalam daun jambu biji bersifat astringent yang bisa mengontrol kadar minyak pada kulit kepala. Dengan demikian, riset manfaat daun jambu biji ini baru diuji coba pada kulit wajah, bukan pada rambut atau kulit kepala. Maka dari itu, peneliti masih perlu membuktikannya lebih lanjut.

5. Mengurangi kerusakan pada helai rambut

Kandungan vitamin B pada daun ini bekerja menarik kadar air dari udara, lalu menyalurkannya ke rambut. Vitamin B untuk kecantikan rambut berperan menjaga kadar air pada helai rambut. Oleh karena itu, batang rambut pun tetap terhidrasi dan rambut kering akan berkurang. Vitamin C pada daun jambu biji juga dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan asam amino penting yang menyusun bahan dasar rambut, yaitu keratin.

Cara Menggunakan Daun Jambu Biji Untuk Rambut

Pertama, ketahui cara membuat ekstrak daun jambu biji untuk rambut. Berikut ini adalah langkahnya: 

  • Rebus satu liter air hingga matang.
  • Masukkan segenggam daun jambu biji ke dalam air lalu tunggu 20 menit.
  • Saring air rebusan daun jambu biji lalu tunggu hingga air dingin.

Setelah mengetahui cara membuatnya, penting juga untuk mengetahui cara penggunaannya.

Berikut langkah-langkah menggunakan daun jambu biji untuk rambut:

  • Keramas dengan shampo, bilas sampai bersih.
  • Tunggu rambut setengah kering lalu bagi rambut menjadi beberapa bagian.
  • Oleskan air rebusan daun jambu biji ke kulit kepala dan batang rambut secara merata lalu pijat kulit kepala kurang lebih 10 menit.
  • Tunggu ekstrak daun jambu biji meresap selama dua jam atau bisa menunggu semalaman saat tidur.
  • Terakhir, bilas rambut dengan air hangat.

Cara memanjangkan rambut dengan daun jambu juga bisa dilakukan sebanyak dua kali seminggu. Jika ingin digunakan sebagai perawatan rambut rontok, bisa digunakan tiga kali dalam seminggu.

Baca juga: 6 Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Rapi dan Terawat

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan. Dengan pelayanan cukur terbaik dari para kapster profesional, rasakan hasil dari pemakaian peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur kapan saja dan dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja