7 Cara Mudah Agar Rambut Mudah Diatur Untuk Pria

7 Cara Mudah Agar Rambut Mudah Diatur Untuk Pria

Perawatan rambut bukan hanya diperlukan oleh para wanita. Para pria juga memerlukan perawatan rambut agar tetap sehat, mudah diatur, terjaga dan alami. Tanpa perawatan yang tepat dan sesuai, maka akan banyak masalah rambut yang muncul pada rambut. Mulai dari rambut terlalu kering, rambut rontok, rambut susah diatur, hingga bisa mengalami kebotakan merupakan beberapa masalah rambut rusak yang sering dialami oleh pria yang jarang merawat rambut. Salah satunya yaitu menggunakan produk styling rambut yang sisanya masih menempel di kulit kepala atau terlalu berlebihan melakukan eksperimen pada rambut. Lantas apa saja cara yang bisa dilakukan agar rambut mudah diatur untuk pria? Mari simak ulasannya dibawah ini.

7 Cara Mudah Agar Rambut Mudah Diatur Untuk Pria

1. Rutin mencukur rambut

Perawatan rambut pria yang satu ini tentunya hal wajib dilakukan yaitu cukur rambut. Karena merupakan satu cara cepat untuk menghilangkan rambut rusak, serta untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang. Jika sedang memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut secara rutin setiap 6 sampai 8 minggu sekali. Cukup potong bagian ujung untuk menghilangkan bagian yang rusak agar tidak menyebar ke rambut yang lain.

Baca juga: Jarak Ideal Potong Rambut Berapa Lama Sih? Ini Jawabannya

2. Hindari menggunakan produk rambut berlebihan

Menggunakan banyak produk rambut seperti gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering dan banyak justru akan membuat tampilan rambut tidak terlihat alami. Terlalu banyak produk juga membuat rambut menjadi lebih berat dan akan mengganggu kenyamanan. Kurangi penggunaan produk rambut yang biasa digunakan saat merapikan atau menyisir rambut. Dan pastikan saat keramas dibilas hingga benar – benar bersih dari kulit kepala.

3. Keramas secara berkala dan teratur

Jika terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan kehilangan kelembapan alaminya. Jadi pastikan keramas 2 sampai 3 kali dalam seminggu atau sehabis berolahraga. Perawatan rambut pria yang penting  yaitu jangan sering keramas dengan shampo yang mengandung banyak bahan kimia seperti sulfat.

4. Gunakan kondisioner untuk rambut

Gunakan kondisioner rambut yang mengandung protein dan mineral, ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut pria dan membuatnya lebih mudah diatur. Kondisioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut. Kondisioner juga berfungsi sebagai pengatur keseimbangan shampo yang digunakan. Salah satu efek pakai shampo yaitu rambut jadi kering. kondisioner berfungsi untuk melembabkan kulit kepala dan rambut serta mengembalikan kilau alami rambut dengan nutrisinya.

5. Jangan menggosok rambut dengan handuk setelah selesai keramas

salah satu penyebab rambut mengembang dan mudah kusut adalah menggosok dengan handuk. Ubah cara mengeringkan rambut dari sekarang, cukup tekan perlahan saja rambut dengan handuk yang permukaannya lembut. Disarankan menggunakan handuk berjenis microfiber karena cepat menyerap air dengan baik.

6. Hindari rambut dari paparan sinar matahari

Agar rambut mudah diatur berikutnya adalah melindungi rambut dari paparan sinar matahari secara berlebihan. Apalagi jika sering naik motor atau aktivitasnya lebih banyak di luar ruangan. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat rambut menjadi kering, rusak dan kasar, sehingga susah diatur. Salah satunya pakai topi ketika berada di luar ruangan. Banyak topi dengan model keren yang mudah didapatkan baik ditoko offline atau online.

Baca juga: 6 cara merawat rambut rusak agar kembali rapi dan terawat

7. Jaga asupan makanan

Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria. Di bawah ini beberapa zat gizi yang penting untuk kesehatan rambut:

  • Protein

Protein bisa mencegah rambut mudah kusut dan rontok dan juga memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut terlihat lebih indah alami. Sumber protein bisa ditemukan pada kacang kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam.

  • Vitamin C

Untuk pertumbuhan dan menjaga warna alami rambut adalah tugas dari vitamin C . Kekurangan vitamin C dapat membuat rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membuat rentan terhadap kerontokan rambut. Vitamin C berasal dari buah stroberi, mangga, pepaya, dan nanas. Sayuran yang tinggi kandungan vitamin C contohnya tomat, timun, kembang kol, dan bayam.

  • Vitamin E

Vitamin E memiliki peran penting untuk kesehatan rambut karena membantu mencegah kerontokan rambut, melancarkan sirkulasi aliran darah pada kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tidak cepat kering.

  • Zat besi

Zat besi merupakan pemberi suplai oksigen untuk rambut, karena Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen. Tanpa ada zat besi yang cukup maka aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut tentu akan kurang. Jika kekurangan oksigen, maka zat gizi yang sampai ke dalam folikel rambut pun tidak akan maksimal. Zat besi berasal dari sayuran hijau dan daging sapi.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja