Cara Merawat Kebersihan Pisau Cukur Agar Bersih dan Bebas Dari bakteri

Cara Merawat Kebersihan Pisau Cukur Agar Bersih dan Bebas Dari bakteri

Untuk mendapatkan hasil cukur yang bersih dan halus, dibutuhkan teknik mencukur yang tepat dan pisau cukur yang baik. Pisau cukur tidak akan bekerja dengan maksimal jika kita merawat dengan baik dan membersihkan kepala pisau cukur. Menjaga pisau cukur selalu bersih serta bebas dari kuman plus bakteri sangat penting supaya tubuh selalu tampak sehat dan prima. Meletakkan pisau cukur dengan sembarangan bisa mengakibatkan perkembangan bakteri dari luar. Apalagi jika tidak sengaja melukai dagu dengan pisau cukur, hal yang tidak diinginkan seperti iritasi hingga infeksi, bisa terjadi. Saat ini bercukur bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan utama para pria karena sudah terbiasa tampil rapi dengan kumis dan jenggot yang diinginkan. Simak cara merawat pisau cukur dengan benar agar selalu bersih dan terjaga.

Cara Merawat Kebersihan Pisau Cukur Agar Bersih dan Bebas Dari bakteri

1. Ganti pisau cukur secara berkala

Penting untuk diingat untuk mengganti pisau cukur yang sering digunakan. Ini terutama harus diingat bagi pria pemilik kumis atau jenggot yang tergolong lebat dan memiliki intensitas pemakaian pisau cukur terbilang tinggi. Mereka harus selalu mengingat kapan mulai mengganti mata pisau yang baru. Untuk yang suka mencukur kumis atau jenggot setiap hari, jangan lupa untuk mengganti pisau cukur setelah enam hingga delapan kali pemakaian. Jika ini rutin dilakukan maka ini akan memudahkan efektivitas dan sanitasi saat mencukur. 

2. Jangan tukar pisau cukur

Berbagi pisau cukur dengan teman, saudara atau siapa pun tentunya akan berbagi kuman dan bakteri yang menempel pada pisau cukur. Sama halnya dengan sikat gigi, jika tidak ingin jadi terkena infeksi karena terlalu sering berbagi pisau cukur, usahakan jangan pernah coba untuk meminjamkan demi kebaikan diri sendiri dan juga orang di sekitarnya.

Baca juga: Kapster Wajib tahu Jenis-Jenis Alat Cukur Jenggot Ini

3. Selalu membersihkan pisau cukur

Setelah selesai mencukur tentunya jangan lupa untuk selalu membersihkan pisau cukurnya. Tidak repot dan cukup mudah tinggal menyediakan satu wadah yang berisi air, kemudian bilas pisau cukur dengan menyiramnya secara perlahan. Setelah itu diamkan sekitar lima menit di dalam wadah yang berisikan air panas dan bilas dengan hati-hati. Cara ini bertujuan untuk mengangkat kotoran yang menempel, seperti bakteri, sel-sel kulit mati, serta sisa rambut tipis jenggot atau kumis yang menempel pada pisau cukur tersebut. Salah satu konsekuensi memiliki pisau cukur dengan jaminan kualitas bagus, pria tentu harus mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Maka itu perlu dirawat dengan baik agar selalu bersih dan tahan lama.

4. Pisau cukur harus selalu kering

Ada baiknya setelah digunakan pada wajah atau sekadar dibersihkan dengan air, segera dikeringkan dengan lap, handuk kecil atau tisu kering yang bersih dan tidak basah. Pastikan hingga benar – benar kering. Karena mata pisau cukur dapat berpotensi berkarat jika tidak dikeringkan dengan baik.  Dan tanpa disadari menggunakan pisau cukur yang sudah berkarat, selain menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit wajah dan timbul infeksi.

Baca juga: 5 Tips Memilih Alat Cukur Rambut untuk kegunaan sehari hari

5. Simpan pisau cukur ditempat yang aman

Jangan sembarangan jika menaruh pisau cukur di dalam kamar mandi tanpa wadah kering. Kelembaban pada kamar mandi akan berpotensi menimbulkan perkembangan bakteri pada permukaan pisau cukur yang sering digunakan. Sebaiknya cari tempat yang kering dan tidak lembab karena berguna untuk meminimalisir perkembangan bakteri pada pisau cukur. Dengan begitu tidak hanya melindungi pisaunya tetapi juga melindungi kulit dari bakteri.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati pelayanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja