Kapster Wajib tahu Jenis-Jenis Alat Cukur Jenggot Ini

Kapster Wajib tahu Jenis-Jenis Alat Cukur Jenggot Ini

Beberapa pria berusaha menumbuhkan kumis dan juga jenggot agar terlihat macho dan keren. Jika kumis dan jenggot yang dibiarkan tumbuh lebat tanpa adanya perawatan akan membuat tampilan terlihat kurang rapi dan tidak bersih. Salah satu cara merawat kumis dan jenggot yang sederhana adalah dengan mencukurnya dengan alat cukur jenggot dan kumis. Tidak sedikit juga pria yang mencukur habis kumis dan jenggot (clean shave) agar terlihat rapi dan wajah jadi bersih.

Untuk tampilan clean shave yang rapi atau bersih, maka sebaiknya mencukur jenggot setiap satu sampai dua hari. Jika ingin tampilan dengan sedikit stubble atau rambut pendek, maka Anda dapat mencukur setiap dua sampai tiga hari. Selain dengan datang langsung ke barbershop yang menyediakan servis cukur untuk pria, Anda bisa juga mencukur sendiri di rumah dengan alat cukur yang praktis.

Dalam proses mencukur jenggot, pemilihan pisau atau alat cukur yang tepat akan membantu mendapatkan hasil yang optimal dan rapi. Jika sampai salah dalam memilih pisau cukur, bukan tidak mungkin hasilnya akan kurang rapi dan membuat kulit iritasi atau luka. Berikut ini beberapa jenis alat cukur jenggot yang perlu diketahui dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Alat Cukur Jenggot dan Kumis

1. Disposable razor (pisau cukur sekali pakai)

alat cukur jenggot

Pisau cukur ini merupakan salah satu jenis alat cukur yang cukup mudah dikenali dan didapatkan, bahkan banyak ditemui di warung, minimarket hingga supermarket dengan harga bervariasi dan cukup murah. Pisau ini terbuat dari gagang plastik dengan bagian kepala pisau menyatu dengan gagangnya. Alat cukur ini hanya dapat digunakan beberapa kali saja dan harus dibuang. Ini dikarenakan kepala atau cartridge pada cukur jenis ini tidak bisa diganti. Hasil cukurnya tergantung dari seberapa tajam mata pisaunya dan seberapa sering digunakan.

2. Double edge safety razor (pisau cukur bertepi ganda yang aman)

alat cukur jenggot

Alat cukur ini cukup murah bila dibandingkan dengan cartridge razor atau pisau cukur katrid sebab harga pisau cukur katrid mencakup alat cukur dan pisau silet untuk isi ulang. Di lain pihak, harga pisau silet jauh lebih murah dibandingkan dengan pisau isi ulang katrid. Cara menggantinya juga cukup mudah. Pada saat pisau silet sudah tidak tajam maka Anda wajib mengganti isi pisau silet dengan yang baru. 

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Gunting Rambut dan Fungsinya

3. Cartridge razor atau pisau cukur katrid

Alat cukur ini merupakan salah satu jenis alat cukur kumis modern setelah diperkenalkan oleh salah satu brand alat cukur global, yakni Gillette. Ciri khasnya adalah kepala silet yang dapat diganti saat sudah tidak tajam lagi. Pisau cukur katrid dapat memberikan hasil hasil cukur yang bersih karena memiliki jumlah mata pisau lebih dari tiga. Namun, harga pisau cukur jenis katrid cukup mahal untuk isi ulangnya.

 4. Shavette

Shavette adalah alat cukur yang memiliki bentuk menyerupai straight razor atau pisau cukur lurus namun berbeda dalam hal bentuk dan pisau yang digunakan. Shavette menggunakan pisau silet yang dipatahkan menjadi dua dan digunakan salah satunya. Pisau ini biasanya umum ditemukan di barbershop atau pangkas rambut dari yang biasa sampai yang modern.

5. Straight razor atau pisau cukur lurus 

Pisau cukur lurus merupakan salah satu alat cukur yang paling klasik dan tradisional. Jenis ini dulu sering dapat ditemui pada tempat cukur atau pangkas rambut pria. Dan beberapa salon khusus pria juga masih menyediakan jasa cukur dengan menggunakan pisau cukur lurus. Ciri khasnya adalah dibutuhkan asahan dari kulit untuk mengasah pisau agar tetap tajam. Mencukur menggunakan alat ini memiliki tingkat kesulitan tinggi sehingga Anda harus berhati – hati saat bercukur untuk menghindari luka sayatan. Selain itu, pisau ini perlu diasah terus untuk menjaga kualitas pisaunya agar tetap tajam. Dan terakhir, straight razor mempunyai kelebihan memberikan hasil cukuran paling bersih (clean shave) dibanding alat cukur lain.

Baca juga: 9 Peralatan Barbershop yang Wajib Dimiliki

6. Electric shaver atau pisau cukur elektrik

alat cukur jenggot

Pisau cukur elektrik menjadi salah satu alternatif alat cukur yang praktis dan efisien karena membantu dalam mencukur kumis atau jenggot secara cepat. Penggunaan alat cukur listrik ini lebih mudah dibandingkan alat cukur lainnya. Alat cukur ini tersedia dalam banyak model yang praktis sehingga bisa dibawa kemana saja. Kekurangan dari alat cukur elektrik ini adalah hasil cukurnya kurang bersih (clean shave) jika menggunakannya tidak sesuai dengan panduan yang ada.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja