Mengenal Jenis-Jenis Gunting Rambut dan Fungsinya

Mengenal Jenis-Jenis Gunting Rambut dan Fungsinya

Bisa dikatakan, saat ini semakin banyak orang yang mulai memperhatikan penampilan diri. Bahkan banyak orang yang tak segan untuk mengeluarkan banyak uang agar terlihat lebih keren dan stylish dari sebelumnya. Tapi apa tidak repot kalau harus pergi ke salon atau barbershop hanya untuk memotong poni saja?. Apalagi bagi yang tidak punya waktu untuk pergi ke salon, memotong rambut sendiri di rumah tentu bisa lebih ekonomis. Tapi tahukah Anda jenis gunting seperti apa yang cocok digunakan untuk memotong rambut? Mari simak dibawah ini untuk mengenal jenis jenis gunting dan fungsinya.

Jenis-Jenis Gunting Rambut dan Fungsinya

1. Gunting Standard

Mengenal Jenis-Jenis Gunting Rambut dan Fungsinya

salah satu gunting yang paling sering ditemui saat berada di barbershop untuk memperbaiki penampilan rambut. Sesuai namanya, gunting standard ini memang didesain dengan model standard sama seperti gunting pada umumnya. Berbeda dengan gunting biasa, gunting rambut dirancang secara khusus terutama pada mata guntingnya. Mata gunting dibuat sangat tajam dan ketika dibuat untuk memotong atau membelokkan rambut. Gunting rambut juga dibuat lebih lurus dari gunting lainnya. Dari harga pun, gunting rambut lebih mahal dari gunting biasanya, Karena gunting rambut terbuat dari logam yang berkualitas.

Baca juga: Gaya Rambut Belah Tengah Yang Keren Dan Disukai Wanita

2. Gunting Penipis (Hair Thinning Shears)

Seperti namanya, gunting penipis ini memiliki fungsi untuk menipiskan rambut yang tebal tanpa mengurangi panjang dari rambut itu sendiri. Gunting penipis hanya dapat digunakan pada rambut yang sudah kering (bukan rambut basah). Jika ingin menambah volume rambut atau mengubah penampilan rambut menjadi lebih shaggy, biasanya para penata rambut akan memakai gunting penipis. Dan terkadang, gunting penipis bisa menciptakan hasil penampilan sama yang diberikan oleh pisau cukur, namun lebih beraturan. Gunting penipis memiliki dua tipe mata gunting yang berbeda. Gunting penipis memiliki satu mata pisau bergerigi seperti sisir pada salah satu sisinya dan satu mata pisau biasa pada sisi lainnya.

 Baca juga: 5 Tips Memilih Alat Cukur Rambut untuk kegunaan sehari hari

Menggunakan gunting yang kurang tajam akan menyebabkan ujung rambut Anda bercabang dan tidak rapi. Namun, penggunaan gunting yang terlalu tajam seperti gunting potong juga berbahaya. Untuk itu, memilih gunting rambut dengan tingkat ketajaman sesuai level kemahiran itu juga penting. Untuk memilih gunting yang sesuai ilahkan simak penjelasannya dibawah ini.

  • Pilih gunting dengan tingkat ketajaman yang baik.
  • Untuk pemula, pilih gunting dengan mata pisau yang ramping
  • Gunting memiliki poros untuk mengatur tingkat ketajaman, agar tetap nyaman saat digunakan, karena sering digunakan setiap saat pastikan poros gunting tidak kendor.
  • Pilih gunting yang berbahan stainless steel supaya awet dan mudah dibersihkan.
  • Perhatikan bentuk dan material pegangan gunting potong rambut agar nyaman saat digunakan.

Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Download Sekarang

Tersedia di Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja