Yuk, Simak Ini Dia 6 Cara Menebalkan Rambut Bayi

Yuk, Simak Ini Dia 6 Cara Menebalkan Rambut Bayi

Saat bayi baru saja dilahirkan, ia sudah memiliki rambut velus, yang dimana rambut tersebut hanya bertahan sementara hingga sekitar tiga bulan. Selanjutnya rambut bayi akan rontok dan akan tumbuh rambut baru. Perlu diingat bahwa genetik memegang peranan penting. Jika kedua orang tua rambutnya tipis, kemungkinan besar anak juga akan berambut tipis dan ini juga berlaku dalam hal kecepatan pertumbuhan rambut. 

Memiliki anak dengan rambut yang tebal menjadi impian hampir setiap orangtua. Tidak heran banyak yang mencari cara untuk menebalkan rambut bayi yang tipis. Rambut juga disebut sebagai mahkota sehingga semakin tebal rambut maka semakin menarik wajahnya. Tetapi, beberapa bayi terlahir memiliki rambut yang tipis. Salah satunya dengan berbagai perawatan natural dari bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Meski tidak ada cara instan untuk menebalkan rambut bayi dalam waktu yang singkat tetapi ada beberapa hal yang bisa meningkatkan prosesnya. Untuk bayi, penggunaan bahan alami dijamin bekerja lebih baik dan aman. Untuk itu, simak beberapa cara menebalkan rambut bayi yang tipis di bawah ini.

6 Cara Menebalkan Rambut Bayi

1. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang dapat menebalkan rambut bayi yang tipis. Bersumber dari penelitian Brazilian Journal of Microbiology, lidah buaya bermanfaat untuk menghilangkan minyak membandel pada rambut. Lidah buaya juga dipercaya cocok untuk menumbuhkan rambut anak dan membuat rambut lebih tebal dan sehat. Kandungan vitamin A, E, dan C di dalamnya mampu untuk menyeimbangkan pH pada rambut anak dan mencegah kerontokan. Cara membuatnya cukup mudah. Hancurkan lidah buaya sampai berbentuk gel. Lalu oleskan gel lidah buaya pada rambut anak dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan 2 sampai 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

2. Minyak kemiri

Para ibu tentunya ingin rambut bayi lebat dan halus. Cobalah dengan melakukan pijatan lembut pada kepala secara perlahan secara teratur setiap hari. Pijatan ini dapat membantu peredaran darah pada kulit kepala menjadi lancar dan membantu pertumbuhan rambutnya. Gunakan minyak kepala atau minyak kemiri sebagai media memijat. 

3. Hair lotion

Cara menebalkan rambut bayi

Penggunaan hair lotion atau losion rambut membantu memudahkan rambut untuk disisir. Selain itu pemakaian losion rambut juga dapat menjadi salah satu cara untuk melebatkan rambut bayi. Dianjurkan untuk memilih losion dengan kandungan bahan alami yang baik untuk rambut, seperti, lidah buaya, kemiri, atau seledri. Bahan alami tersebut akan membuat rambut lebih sehat dan tebal.

4. Rutin membersihkan kulit kepala

Cara menebalkan rambut bayi

Menjaga kebersihan kulit kepala penting untuk bayi. Para orangtua dapat rutin membersihkan kulit kepala menggunakan shampo. Gunakan shampo yang diformulasikan khusus untuk bayi. Shampo khusus ini memiliki ciri tidak mengandung alkohol, tidak pedih di mata, dan produksi busanya tidak berlebihan.

Jika bayi memiliki kerak di kulit kepala, bersihkanlah dengan memijat kulit kepala menggunakan shampo saat mandi. Pastikan pijatan yang dilakukan dengan lembut. Lakukan gerakan berputar selama dua menit.

5. Konsumsi makanan sehat

Cara melebatkan rambut bayi berikutnya adalah memenuhi nutrisinya. Para ibu disarankan untuk memberikan bayi ASI eksklusif selama enam bulan. Setelahnya, lanjutkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). Pastikan untuk memberikan MPASI yang dapat mencukupi kebutuhan bayi akan nutrisi yang baik untuk rambut, seperti vitamin B1 (tiamina) dan B7 (biotin). Vitamin B1 juga berperan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Sumber makanan yang mengandung vitamin ini terdapat pada jeruk, anggur, semangka, asparagus, bayam, brokoli, kacang hijau, ikan, daging, dan telur. Dan sumber makanan yang mengandung vitamin B7 terdapat pada wortel, stroberi, pisang, alpukat, dan ikan salmon. 

6. Lindungi dari sinar matahari secara langsung

Cara menebalkan rambut bayi

Tidak hanya kulit, paparan matahari secara langsung perlu juga dihindari oleh rambut. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari ataupun udara dingin dan kering dari lingkungan dapat menyebabkan rambut bayi menjadi kering dan mudah rusak. Saat mengajaknya keluar rumah, bisa pakaikan topi untuk menghindari paparan langsung sinar matahari. Begitu pun jika tinggal di daerah kering atau dingin, topi akan membantu melindungi rambutnya.

Baca juga: Panduan Potong Rambut Bayi Supaya Lebih Aman dan Mudah

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja