6 Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah Untuk Pria

6 Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah Untuk Pria

Tren rambut pria memang semakin menjadi dan menjamur di berbagai kalangan. Salah satunya adalah tren warna ceria pada rambut pria. Mulai dari abu, merah muda, perak, biru, magenta, hingga merah sudah berani diaplikasikan oleh pria saat ini. Rambut pendek atau rambut medium dan panjang pria sebenarnya memiliki keuntungan tersendiri. Rambut pendek bisa menghemat cat dan tidak akan ribet mengecatnya walaupun di rumah. Proses bleaching dapat membuat warna cat rambut lebih keluar dibandingkan tidak di bleaching. Tetapi banyak orang yang berpikir dua kali untuk melakukannya karena bleaching atau memutihkan rambut bisa memberikan efek yang kurang bagus untuk rambut setelah pemakaian. Simak tips dan cara mudah dan aman bleaching rambut di rumah agar tidak perlu ke salon.

Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah Untuk Pria

1. Merawat rambut sebelum melakukan bleaching

Sangat penting untuk merawat rambut sebelum bleaching karena zat kimia pada pemutih dapat membuat rambut kering. Sebaiknya aplikasikan masker rambut setiap dua kali dalam seminggu sebelum melakukan bleaching pada rambut. Dengan rutin memakai masker, akar rambut menjadi lebih kuat. Bisa juga menggunakan conditioner selama dua hari sekali untuk melembabkan rambut. 

2. Hindari bleaching pada akar rambut

Untuk membagi rambut, gunakan batang sisir dan pastikan bleaching sudah diaplikasikan secara merata. Setiap bagian rambut yang diambil harus tipis atau secukupnya untuk memastikan bleaching bisa mencapai dan teroleskan rata pada semua rambut. Sebaiknya bleaching diberi jarak 2 cm dari akar rambut agar rambut tidak patah. Jika tidak, bleaching yang dilakukan akan merusak pertumbuhan rambut dan membuat rambut rontok.

Baca juga: 12 Warna Cat Rambut Pria Terbaik Untuk Kulit Sawo Matang

3. Siapkan alat dan bahan untuk bleaching

Siapkan juga perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai proses bleaching. Perlengkapan terdiri dari bubuk bleaching, developer, sisir, sarung tangan, dan wadah untuk menampung cairan bleaching. Developer ialah cairan yang bereaksi ketika bubuk pemutih rambut menghilangkan warna asli rambut. Developer memiliki volume yang berbeda-beda, seperti volume 20, 30, 40. Semakin tinggi volume, semakin kuat hasil putih pada rambut. Dan semakin tinggi volume, semakin tinggi pula rambut akan mengalami kerusakan. Sebaiknya pilih developer sesuai dengan kebutuhan.

4. Campur bahan dan aplikasikan pada rambut

Setelah peralatan siap, waktunya untuk membuat krim bleaching rambut. Campurkan bubuk bleaching dan krim developer lalu diaduk hingga merata. Pada setiap produk bleaching, ada instruksi takaran serta panduan yang tertulis pada kemasan. Pastikan membaca dengan seksama sebelum melakukan bleaching. Sebaiknya pakai sarung tangan agar kulit terhindar dari bahan bleaching yang cukup keras. Jika ingin melakukan highlight rambut, bisa memakai aluminium foil untuk membungkus rambut. Jika merasa sulit melakukannya sendiri, bisa minta tolong kepada teman atau keluarga di rumah. Pastikan untuk meratakan pada bagian rambut yang diinginkan agar hasilnya sesuai.

Baca juga: Inspirasi Highlight Rambut Pria yang Bisa Bikin Cewek Kepincut

5. Biarkan bleaching meresap dengan baik

Untuk mendapatkan hasil berwarna oranye, perlu menunggu selama 15 menit saja. Kalau ingin warna yang lebih pucat, dibutuhkan sekitar 45 menit karena semua tergantung kondisi rambut dari masing – masing. Namun, saat bleaching rambut, jangan sampai lupa karena rambut akan parah, rambut bisa patah hingga putus. Hasil akhir dari bleaching bisa berbeda, karena sangat tergantung pada pigmen alami dan kondisi rambut setiap orang.

6. Keramas hingga bersih dan gunakan kondisioner

Jika sudah lebih dari waktu yang ditentukan, boleh langsung membilas rambut dengan air dingin. Hindari memakai air panas karena rambut akan kering dan proses bleaching dapat rusak. Bilas hingga cairan bleaching bersih dan tidak tersisa lagi pada rambut. Jangan lupa selalu gunakan kondisioner agar rambut tetap lembab setelahnya karena kondisioner dapat menutrisi rambut dan menjaga agar tetap sehat.

Baca juga: Apa itu Bleaching Rambut? Arti, Dampak, Dan Tips Merawatnya

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi potong rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan potong rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan potong rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika potong rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja