Ini Dia 8 Cara Merawat Jenggot Pria yang Benar

Ini Dia 8 Cara Merawat Jenggot Pria yang Benar

Tidak hanya merawat rambut kepala, jenggot juga perlu dirawat supaya terlihat bersih, rapi, dan sehat. Sebagian dari pria memelihara jenggot supaya membuat penampilan terlihat dewasa dan keren serta maskulin. Bahkan, tidak sedikit yang percaya bahwa memelihara dan merawat jenggot bisa mendatangkan ragam manfaat sehat. Meski begitu, para pria harus berkomitmen dalam merawatnya agar sesuai dengan keinginan. Untuk merawat jenggot dengan baik, di artikel ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan benar.

8 Cara Merawat Jenggot Pria yang Benar

 1. Biarkan jenggot tumbuh sampai lebat

Para pria yang baru menumbuhkannya kadang melakukan kesalahan dalam merawat jenggot yaitu terlalu cepat mencukurnya. Yang berakibat jenggot tidak bisa tumbuh sempurna dan membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk tumbuh panjangnya. Untuk itu, biarkan jenggot tumbuh selama sebulan pertama dan hindari terlalu cepat membentuk dan mencukur jenggot lebih rapi. Ada baiknya menunggu beberapa bulan sebelum membentuk jenggot. Para pakar merekomendasikan untuk membiarkan jenggot tumbuh liar terlebih dahulu. Saat jenggot sudah tumbuh 1 sampai 1,5 cm atau lebih, baru bisa mulai membentuknya.

2. Mencuci wajah dan jenggot secara rutin

Pada umumnya, para pria juga perlu rutin mencuci wajah dan jenggot. Sebaiknya membersihkan jenggot 2 kali sehari untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Dokter kulit dari American Academy of Dermatology Association yang bernama Anthony Rossi, MD, menjelaskan pria harus memilih sabun muka yang lembut sesuai jenis kulitnya. Pria berjenggot lebat perlu mencuci jenggot dengan shampo sebanyak 2 kali seminggu, ini untuk mencegah penumpukan kotoran yang bisa menyebabkan jenggot berketombe.

3. Pakai pelembap dan kondisioner

Pelembap dan kondisioner juga membantu melembapkan kulit di bawah jenggot agar tidak terasa kering, gatal, juga kulit bersisik. Oleskan pelembap ke kulit wajah dan jenggot setelah mencuci wajah. Lakukan pijatan lembut agar pelembap sampai ke bagian kulit di bawah rambut wajah. Untuk merawat jenggot yang cukup tebal, bisa juga menambahkan kondisioner atau minyak jenggot secukupnya agar lebih mudah diatur.

Baca juga: Penyebab Kulit Gatal Ketika Menumbuhkan Jenggot dan cara mengatasinya

4. Mencukur jenggot secara teratur

Untuk merawat jenggot yang tidak boleh dilewatkan adalah untuk mencukurnya secara teratur agar penampilan tidak berantakan. Sikat atau sisir jenggot setiap hari untuk mencegah kusut. Kemudian, mencukurnya sesuai kebutuhan untuk mencapai gaya yang diinginkan. Disarankan memakai alat cukur elektronik daripada pisau cukur untuk menghindari iritasi kulit dan juga luka. Untuk bagian yang lebih tebal, ada baiknya pakai gunting rambut terlebih dahulu.

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Tidak ada makanan khusus yang langsung bisa meningkatkan pertumbuhan jenggot. Namun, tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang sebagai cara merawat jenggot. Karena konsumsi makanan akan mempengaruhi kerja hormon testosteron, jika Kadar testoteron yang rendah bisa menghambat pertumbuhan jenggot. Selain itu juga perlu menjaga tubuh agar tidak mengalami obesitas. Hal ini karena secara tidak langsung bisa menurunkan kadar testosteron. Disini ada beberapa zat gizi yang dapat membantu menjaga kadar testosteron, seperti :

  • protein tanpa lemak yang terdapat pada ayam dan ikan,
  • lemak sehat yang ada pada buah alpukat dan kacang-kacangan,
  • zat besi yang terdapat pada hati ayam atau sapi,
  • zinc, yang terdapat buncis, tiram, dan jamur, serta
  • vitamin, yang terkandung pada buah dan sayuran.

6. Memahami garis wajah sendiri

Dengan memahami garis wajah para pria dapat merapikan janggut lebih mudah. Perhatikan garis yang terletak di sepanjang bagian pipi dari cambang ke area mulut. Garis dasar terletak pada leher sudut rahang, jakun, dan bibir. Jika Anda sudah memahami garis wajah ini, maka akan dapat mencukur jenggot yang tumbuh di luar atau bawah area rahang.

Baca juga: 10 Kesalahaan yang Sering Dilakukan Saat Mencukur Jenggot

7. Olahraga secara rutin

Olahraga memiliki manfaat untuk melancarkan aliran darah dan dapat menstimulasi tumbuhnya folikel rambut. Banyak olahraga yang bisa dilakukan seperti angkat beban atau strength training untuk menaikkan testosteron. Testosteron adalah hormon yang diperlukan pria untuk membantu menumbuhkan jenggot. Bisa juga dengan kombinasi latihan yang dilakukan ketika sedang diluar maupun di dalam ruangan.

8. Pastikan waktu tidur yang cukup

Salah satu cara merawat jenggot adalah dengan tidur cukup. Ya, karena tidur sangat penting untuk pertumbuhan jenggot, Sebab testosteron dilepaskan terutama selama tidur. Apalagi ditambah sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dan sleep apnea dapat menurunkan kadar testosteron. Dikutip dari studi dalam Journal of the American Medical Association ( pada tahun 2011) menemukan pembatasan jam tidur selama satu minggu bisa menurunkan kadar testosteron pada pria muda sehat.

Download dan gunakan aplikasi dkapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan dimanapun dan kapanpun. Dengan pelayanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril, Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya, pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja