Yuk, Simak Cara Mudah Potong Rambut Pria di Rumah

Yuk, Simak Cara Mudah Potong Rambut Pria di Rumah

Jangan sampai rambut menjadi berantakan karena terlalu lama di rumah saja. Jika masih ragu ke barbershop karena pandemi atau semacamnya, nyatanya potong rambut bisa dilakukan sendiri di rumah atau dengan memanggil jasa potong rambut panggilan terdekat. Memotong rambut sendiri pastinya bukan hal mudah yang bisa dilakukan semua orang. Maka itu, perlu untuk mempelajari cara potong rambut pria dengan benar. Khususnya para pria yang tidak ingin repot ke barbershop atau sekadar ingin mencoba aktivitas baru. Simak cara mudah potong rambut pria dan juga persiapkan alat cukur yang dibutuhkan.

Cara Mudah Potong Rambut Pria di Rumah

1. Menentukan model rambut

Sebelum mencukur rambut, baiknya tentukan dulu gaya rambut yang di inginkan. Dikarenakan ini potong rambut sendiri di rumah, sebaiknya pilih gaya rambut yang simpel dan mudah. Terlebih jika ini merupakan yang pertama kali melakukan potong rambut sendiri. Tidak ada salahnya mencoba memotong dengan gaya rambut tertentu. Atau bisa mencari referensi model rambut pria di internet atau website.

2. Siapkan alat cukur

Alat yang disiapkan juga tergantung seperti apa gaya rambut yang dipilihnya. Jika hanya mau merapikan bagian rambut yang panjang, maka gunting pun cukup. Tapi jika ingin membuat rambut tetap pendek dan tipis, maka perlu disiapkan alat cukur rambut elektrik yangmudah dibeli ditoko alat cukur dan harganya pun cukup terjangkau. Selain alat cukur jangan lupa juga siapkan sisir , penjepit rambut dan cermin. Bentuk dan jenis sisir bebas, yang penting bisa mengatur rambut sebelum digunting agar panjangnya sama. Cermin juga bisa menggunakan cermin yang ada di kamar mandi ataupun cermin yang ada di meja rias. Fungsi dari cermin tangan agar bisa lihat rambut di bagian belakang kepala.

Baca juga: 5 Tips Memilih Alat Cukur Rambut untuk kegunaan sehari hari

3. Lakukan keramas sebelum mencukur rambut

Sebelumnya disarankan untuk keramas terlebih dahulu. Sebab rambut akan lebih mudah diatur ketika sehabis keramas. Selain itu, jika sering pakai pomade atau semacamnya, maka harus dihilangkan dulu dengan cara keramas. Jangan lupa untuk mengeringkan rambut ketika selesai keramas. Jangan Memotong rambut yang basah karena akan sangat sulit. Dan nanti hasil potongannya tidak seperti yang diharapkan ketika rambut kering.

4. Usahakan ruangan mendapatkan cahaya yang cukup

Tentukan juga tempat untuk potong rambut, karena Kebanyakan orang akan memotong rambutnya di kamar mandi. Tapi, ruang yang sempit dan kurangnya cahaya bisa mempengaruhi hasil akhir. Usahakan berada di tempat dengan cahaya yang cukup dan ruang yang lebar agar tangan leluasa ketika memotong rambut. Di teras atau di halaman belakang rumah juga bisa digunakan.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


5. Memotong rambut mulai dari sisi kanan dan sisi kiri

Mulai memotong rambut dari bagian samping kepala karena bagian tersebut adalah yang paling mudah dijangkau. Potong rambut dari sisi kiri, belakang, dan selesai di sisi kanan. Namun jangan terlalu cepat memotong rambut di zona transisi atau batasan antara bagian bawah dan atas kepala  yaitu area di atas telinga atau sejajar dengan mata.

Perlu diingat untuk memangkas rambut sedikit demi sedikit. Gunakan sisir untuk mengangkat rambut di bagian bawah kepala dan mulai memotong dari pangkal kepala secara perlahan. Ulangi langkah tersebut hingga seluruh rambut di kepala bagian bawah terpangkas dan hasilnya sama rata.

6. Dilanjutkan dengan memotong rambut bagian atas

Setelah menyelesaikan bagian samping dan belakang, lalu lanjutkan pada bagian atas kepala. Mulai memotong bagian atas dari depan ke arah belakang. Tarik rambut dengan jari-jari menjadi posisi tegak lurus, kemudian potong sedikit demi sedikit dari ujungnya. Ulangi langkahnya pada bagian sisi kiri dan kanan atas, dan perhatikan semua sisi telah terpotong dengan rata.

7. Ratakan pada bagian batasan rambut

Setelah memotong rambut di bagian atas dan bawah, maka waktunya untuk meratakan potongan di area transisi atau area batas antara bagian bawah dan atas kepala yaitu bagian atas telinga. Usahakan untuk menciptakan gaya transisi rambut yang lembut pada semua sisi. Gunakan penjepit rambut atau jari untuk menahan rambut yang tidak dipotong. Gunakan teknik yang sisir yang sama seperti sebelumnya dan sesuai dengan yang  diinginkan. Jika sudah menyelesaikan semua tahapan, ini waktunya memberikan sedikit detail untuk melengkapi penampilan. Bersihkan potongan yang kasar di sekitar telinga dengan menggunakan sisir dan gunting, dan berhati-hati agar tidak melukai diri sendiri. Periksa juga potongan rambut yang tidak sesuai lalu rapikan terutama pada bagian tengkuk.

8. Bersihkan rambut dan juga alat cukur

Kalau gaya rambut sudah tampak kece dan keren, bilas kepala sampai bersih dari sisa potongan rambut kecil hilang dari tubuh. Keringkan rambut dengan handuk, dan rambut akan tetap kece meski cuma potong sendiri di rumah. Perhatikan juga hasilnya sudah sesuai dengan keinginan di awal. Setelah itu jangan lupa bersihkan perlengkapan cukur rambut agar tetap bersih. Perhatikan potongan rambut dari berbagai sudut dalam cahaya yang baik untuk melihat apakah ada yang perlu diperbaiki.

Baca juga: 3 Cara Merawat Alat Cukur Rambut untuk Mencegah Penyakit

Download dan gunakan aplikasi Dkapster “gunting rambut home service” sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan seperti di tempat cukur rambut terdekat. Nikmati layanan cukur rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika cukur rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *