Pahami Dry vs Wet Shaving Untuk Cukur Jenggot Pria

Pahami Dry vs Wet Shaving Untuk Cukur Jenggot Pria

Mencukur kumis atau jenggot sudah menjadi salah satu rutinitas perawatan bagi pria. Ada yang mencukurnya secara teratur karena memiliki jadwal tertentu dan ada juga yang cukup sesekali saja ketika diperlukan. Biasanya dengan cara apa mencukur kumis atau jenggot? Jika mencukur kumis kurang tepat atau asal, maka resiko kumis yang akan tumbuh bisa terlihat kurang rapi hingga  mengalami iritasi atau luka pada wajah. Terdapat dua cara yang paling umum bagi pria dalam urusan mencukur yaitu metode wet dan dry shaving. Keduanya memiliki karakteristik berbeda yang wajib pria ketahui. Untuk itu simak rangkuman berikut ini mengenai dry vs wet shaving untuk mengetahui perbedaannya.

Pahami Dry vs Wet Shaving Untuk Cukur Jenggot Pria

1. Efek cukuran

Dari kedua metode tersebut pastinya memiliki efek cukur pada wajah. Baik dry atau wet shaving bertujuan untuk mencukur kumis tetapi hasil akhirnya bisa disesuaikan dengan selera masing – masing. Metode wet shaving bisa menjadi andalan jika ingin mendapatkan kesan wajah yang halus dan bersih. Kandungan pada produk busa yang digunakan sebelum mencukur dapat melembutkan dan membantu mengangkat kulit mati di wajah. Jika tidak menyukai wajah tercukur bersih tersebut, maka metode dry shaving yang praktis bisa menjadi pilihan.

2. Penggunaan alat cukur

Perbedaan paling dasar dari metode dry dan wet shaving yaitu dari alat cukur yang digunakan. Biasanya pria akan pilih menggunakan alat cukur elektronik ketika menerapkan metode dry untuk meminimalisir lecet karena kondisi kulit yang kering. Hal ini dikarenakan tidak semua alat cukur elektrik memiliki fitur anti air. Itu akan membuat alat tersebut bisa cepat rusak jika digunakan untuk wet shaving. Namun sebaliknya, wet shaving akan lebih efisien jika memakai alat cukur yang masih manual. Tersedia pilihan antara alat cukur bergagang modern atau model manual yang jangkauannya lebih luas.

3. Rajin mengganti alat cukur

Alat cukur untuk kedua metode tersebut memiliki masa waktu pemakaian. Untuk alat cukur manual, harganya yang murah memang sebanding dengan seberapa rajin untuk menggantinya karena alat cukur manual hanya bisa digunakan antara empat sampai 10 kali pemakaian. Harga yang lebih mahal membuat alat cukur elektrik bisa bertahan antara 18 sampai 24 bulan tergantung kualitas tiap mereknya. Terlihat awet memang tetapi alat cukur elektrik pun harus tetap dibersihkan secara rutin supaya tidak cepat rusak. 

Baca juga: Cara Mencukur Jenggot Dan Kumis yang Benar

4. Peralatan tambahan

Ketika akan mencukur dengan metode wet shaving, pria memerlukan beberapa perlengkapan tambahan. Contohnya adalah busa untuk mencukur, after shave bila diperlukan, handuk basah atau kering, serta cermin untuk melihat proses mencukur. Sebaiknya mencukur dengan bantuan cermin agar bisa melihat bagian kumis atau jenggot mana yang masih tersisa. Perlengkapan tersebut tentu tidak semuanya diperlukan saat mencukur dengan metode dry. Namun tidak jarang pria bisa melakukan beberapa hal sekaligus saat menggunakan alat cukur manual.

5. Risiko saat mencukur

Pada dasarnya, baik metode dry atau wet shaving, keduanya dapat menyebabkan luka saat mencukur. Saat dry shaving dengan alat cukur elektrik biasanya akan ada luka kecil di awal masa pemakaian. Risiko akan lebih besar kalau belum ahli mencukur dan memilih alat cukur manual. Ada juga efek wet shaving yang bisa membuat pria dengan kulit sensitif mudah iritasi. Jika setelah wet shaving muncul ruam berwarna merah pada wajah, itu bisa jadi karena alat yang dipakai sudah tidak bagus dan juga tumpul.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi cukur rambut a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati pelayanan cukur terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan cukur yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika bercukur. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja