Jenggot Anda Berketombe? Yuk Simak Tips Untuk Mengatasinya

Jenggot Anda Berketombe? Yuk Simak Tips Untuk Mengatasinya

Serpihan putih dan gatal yang satu ini pasti membuat semua orang sangat terganggu dan minder tanpa terkecuali. Namanya adalah ketombe. Ketombe adalah masalah kulit yang paling sering dikeluhkan. Tidak hanya pada kulit kepala, jenggot juga bisa berketombe. Faktor pemicunya pun beragam, bisa dari peningkatan produksi minyak, kerentanan individu, dan iritasi oleh mikroorganisme patogen, seperti Malassezia spp.

Hampir semua orang memiliki jamur Malassezia globosa pada kulit. Jamur ini biasanya ada di sekitar kulit yang memiliki banyak kelenjar sebaceous (kelenjar minyak), seperti pada kulit kepala dan wajah. Jamur ini tugasnya untuk membantu memecah sebum (minyak) yang diproduksi kelenjar sebaceous untuk merangsang pergantian sel kulit yang baru.

Siklus normalnya pergantian sel kulit membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Namun, jumlah jamur yang tidak seimbang bisa menyebabkan regenerasi sel kulit terjadi lebih cepat, menumpuk, dan menimbulkan ketombe. Tidak seperti ketombe di kulit kepala, serpihan kulit yang mengelupas pada jenggot biasanya lebih sedikit. Berikut ini beberapa penjelasan membersihkan jenggot berketombe agar pertumbuhannya tetap lebat, sehat dan juga tertata rapi.

Tips Mengatasi Jenggot Berketombe

1. Mencukur jenggot secara berkala

Cara paling mudah untuk mengatasi ketombe pada jenggot yaitu dengan mencukurnya. Ini membantu para pria untuk mempermudah perawatan kulit dagu. Jika tetap ingin mempertahankan model jenggot yang diinginkan, cukup rapikan agar lebih mudah dibersihkan. 

Baca juga: Penyebab Kulit Gatal Ketika Menumbuhkan Jenggot dan cara mengatasinya

2. Bersihkan secara rutin

Jika punya jenggot tentunya perlu merawatnya seperti rambut. Perawatan harus dilakukan dengan rutin memakai shampo yang biasa untuk keramas rambut. Untuk lebih ampuh mengatasi jenggot berketombe gunakan shampo yang mengandung beberapa bahan, seperti tea tree oil, coal tar, Selenium sulfida dan Pyrithione zinc. Caranya mudahnya adalah dengan membasahi jenggot dengan air bersih. Kemudian, tuangkan shampo ke atas dan gosok hingga berbusa. Pijatkan shampo jenggot dan pastikan mencapai kulit dagu. Diamkan 1 sampai 3 menit dan bilas hingga bersih. Hindari menggunakan shampo terlalu banyak supaya kulit dagu tidak mudah kering.

3. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan teknik mempercepat pengelupasan sel kulit mati. Selain bisa digunakan untuk merawat wajah, teknik ini juga bisa merawat jenggot berketombe. Caranya mudah, siapkan scrub untuk eksfoliasi dan sikat khusus untuk jenggot yang lembut. Selain menghilangkan kulit mati yang menumpuk, menggunakan sikat jenggot juga membantu mengendalikan minyak di dagu. Pakai dan oleskan scrub pada jenggot, lalu ratakan dengan sikat dan pijat dengan lembut. Jangan terlalu keras menggosokkan sikat ke dagu supaya tidak memperburuk ketombe. Terakhir bersihkan jenggot dengan air mengalir hingga bersih.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Menumbuhkan Jenggot Agar Terlihat Lebih Maskulin

4. Gunakan pelembab secara rutin

Serpihan putih di jenggot bisa disebabkan oleh kulit kering. Supaya kulit dagu lebih lembab, perlu menggunakan pelembab pada jenggot. Namun, melembabkan jenggot tidak seperti melembabkan kulit dengan menggunakan lotion. Pelembab kulit ini bisa meninggalkan banyak residu dan membuat jenggot berketombe semakin memburuk. Disarankan, pilih minyak esensial yang dikhususkan untuk jenggot, seperti minyak argan. Setelah jenggot selesai dibersihkan, keringkan dengan handuk. Lalu teteskan satu atau dua kali minyak esensial pada tangan, gosok dan pijatkan ke kulit dagu sampai ke ujung jenggot.

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja