Bahaya Bleaching Rambut yang Perlu Kamu ketahui

Bahaya Bleaching Rambut yang Perlu Kamu ketahui

Bagi para pria maupun wanita, tidak ada salahnya mengubah warna rambut agar tampilan terlihat lebih trendy. Namun, untuk mendapatkan warna rambut yang  diinginkan, tentunya harus melewati proses bleaching, yaitu memutihkan helai rambut agar warna cat rambut bisa keluar dengan maksimal.  Proses bleaching menggunakan bahan kimia yang cukup keras sehingga cukup bahaya untuk rambut. Bleaching adalah proses menghilangkan pigmen warna asli rambut menggunakan krim khusus yang mengandung bahan kimia, seperti hidrogen peroksida, acid, amonia, dan lainnya. Teknik bleaching merupakan bagian terpenting dalam proses pewarnaan rambut karena dapat menghasilkan warna yang lebih intens dan keluaran warnanya maksimal. 

Kandungan hidrogen peroksida dalam krim bleaching juga mengoksidasi pigmen rambut dan menghilangkan melanin di setiap batang rambut. Semakin tinggi tingkat bleaching, semakin terang juga warna yang dihasilkan. Hasil warna yang bisa didapatkan dari bleaching mulai dari kuning, abu-abu, sampai putih, dan prosesnya bisa memakan waktu selama 30 sampai 45 menit. Di balik warna rambut yang cerah dan indah, teknik bleaching memiliki dampak negatif bagi rambut. Yuk, cari tahu lebih lanjut bahaya bleaching rambut di bawah ini.

5 Bahaya Bleaching Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

1. Rambut menjadi rusak

Kandungan bahan kimia pada bleaching yang cukup keras dapat membuat rambut terlihat kering dan kusam. Bahkan pada beberapa kasus, ada juga yang mengalami rontok parah akibat batang rambut yang patah. Jika tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat maka struktur rambut akan rusak dengan sendirinya. Dalam tahap yang lebih parah akan memicu kebotakan karena folikel rambut dan saraf rambut akan semakin berkurang. 

2. Bisa memicu kebotakan rambut

Sebelum melakukan bleaching, pastikan untuk memilih salon yang bisa melakukan teknik bleaching secara benar. Karena jika salah mengukur takaran bahan bisa berdampak negatif bagi rambut, seperti menyebabkan kerontokan yang berujung dengan kebotakan. Terlebih lagi, berkurangnya folikel dan syaraf rambut lama – lama akan memicu kebotakan permanen dan rambut akan sulit untuk tumbuh kembali seperti biasa.

Baca juga: 6 Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah Untuk Pria

3. Rambut menjadi kering dan rontok

Bleaching memiliki peran penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses pewarnaan rambut. Dikarenakan adanya pemakaian bahan-bahan kimia, teknik ini memiliki potensi merusak rambut. Selain rambut jadi lebih cepat kering, masalah lain yang timbul akibat paparan bahan kimia adalah rambut mudah patah dan rontok. Maka itu, perlu perawatan yang tepat agar rambut tetap sehat dan kuat.

4. Menimbulkan alergi

Setiap orang pada dasarnya memiliki jenis kulit kepala yang berbeda. Ketika melakukan proses bleaching pada rambut, sebagian orang yang berkulit normal tidak akan merasakan reaksi apapun. Tetapi sebagian orang yang berkulit sensitif akan merasakan gatal atau sensasi panas pada kulit kepala. Itu karena bahan kimia dari bleaching juga dapat memicu reaksi alergi sehingga menyebabkan gatal, kemerahan, dan iritasi kulit kepala, bahkan hingga menjalar ke daerah leher atau wajah. Jadi sebaiknya konsultasikan dahulu pada pakar rambut agar terhindar dari berbagai macam alergi dan efek samping yang lain.

5. Memiliki risiko iritasi hingga kanker

Melakukan bleaching saja tentunya bisa merusak rambut. Ditambah mewarnai rambut dengan menggunakan bahan kimia juga bisa menyebabkan kulit kepala menjadi iritasi. Beberapa peneliti menemukan kaitan antara bahan kimia yang digunakan untuk bleaching dengan risiko penyakit kanker, seperti leukimia, limfoma, hingga kanker kandung kemih.

Baca juga: Apa itu Bleaching Rambut? Arti, Dampak, Dan Tips Merawatnya

Download dan gunakan aplikasi DKapster sekarang juga untuk menikmati sensasi pangkas rambut terdekat a la sultan dimanapun dan kapanpun. Nikmati layanan pangkas rambut terbaik dari para kapster profesional, serta peralatan pangkas rambut yang selalu bersih serta steril. Dijamin aman dan nyaman ketika pangkas rambut. Kami juga membuka lowongan kemitraan bagi para kapster untuk mendapatkan cuan lebih dari biasanya. Pendaftaran gratis dan terbuka untuk para kapster dimana saja.


Mau tampil keren maksimal tanpa perlu repot, antri dan buang waktu?
Pakai “D’Kapster”, Ecommerce Barbering dan Salon No.1 di Indonesia

Tersedia di App Store & Play Store


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau Cukur Tapi Mager?Order D'kapster Aja